Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Pilihan Makanan Sehat Untuk Jantung Yang Prima

Memilih masakan sehat untuk jantung adalah salah satu ikhtiar utama dalam mempertahankan kesehatan kita. Meskipun kita tekun check-up, berolahraga, tidak merokok, ataupun menghemat kadar frustasi, tetap saja pilihan makanan perlu kita amati. Resiko serangan jantung di periode ini bahkan makin tinggi karena banyaknya opsi kuliner yang tinggi lemak dan kolesterol.


Melalui artikel ini, Masak Apa Hari Ini ingin mengajakmu menikmati banyak sekali jenis masakan sehat untuk jantung yang mampu kamu mulai dari hari ini!


1. Avokad, masakan sehat untuk jantung


Satu jenis buah yang sungguh bersahabat dengan orang Indonesia ini rupanya memiliki kadar potassium yang lebih tinggi dari pisang. Untuk jenis Hass, kadar potassium-nya bahkan lebih tinggi 33%! Fungsi potassium adalah mengembangkan pelepasan nitrat oksida yang hendak menolong menurunkan tekanan darah dan resiko kardiovaskuler.


2. Tomat, sumber kelezatan yang juga sehat


Secara alami, tomat memiliki pigmen lycopene atau likopena yang sungguh kaya dan merupakan zat antioksidan yang ampuh. Satu akhir dari 25 studi menunjukkan bahwa masakan yang mengandung likopena tinggi dapat meminimalkan resiko serangan jantung dan stroke. Bahkan ada studi lainnya yang menunjukkan bahwa mengonsumsi tomat segar sebanyak empat kali per ahad mampu meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).


3. Bawang putih


Bawang putih, makanan sehat untuk jantung.
Bawang putih, jagoan kecil yang tidak hanya membuat makanan lebih enak tetapi juga tubuh lebih sehat. (Foto: Shutterstock)

Dari satu bahan yang praktis ini, siapa yang menyangka bahwa bawang putih punya banyak kelebihan yang menyehatkan badan manusia? Bahkan selama berabad-kurun, bawang putih menjadi dasar obat-obatan tradisional untuk mengatasi banyak sekali penyakit.


Adalah unsur bioaktif dalam bawang putih yang dinamakan sebagai allicin yang berjasa dalam hal ini. Berbagai studi yang sudah dikompilasi oleh National Institutes of Health menyebutkan bahwa bawang putih bisa menurunkan tekanan darah, kolesterol jahat, serta penyempitan pembuluh darah serta stroke.


Cara paling gampang menerima efek sehat dari allicin? Nikmati segar, atau memarkan selama beberapa usang sebelum dimasak. Enzim allinase akan teraktivasi dan allicin akan terbentuk, sehingga kita dapat menikmati potensinya secara optimal.


4. Teh hijau, bukan hanya sekadar minuman


Naiknya popularitas teh hijau bukan alasannya adalah tanpa alasan. Teh hijau diketahui karena memiliki komponen yang berfaedah untuk kesehatan mirip polifenol dan katekin yang berfungsi selaku antioksidan. Lebih jauhnya, teh hijau bisa menghalangi kerusakan sel, meminimalkan inflamasi, serta menjaga kesehatan jantung. Mengonsumsi ekstrak teh hijau selama tiga bulan konon mampu mengurangi tekanan darah, trigliserida, hingga LDL dan kolesterol keseluruhan.


5. Gandum utuh


Nasi merah, makanan sehat untuk jantung.
Nasi merah, pilihan orang Indonesia yang sedang menyingkir dari nasi putih. (Foto: Shutterstock)

Makanan jenis ini umumnya datang dengan berbagai nama seperti whole wheat, brown rice, buckwheat, oat, barley, hingga quinoa. Tingginya kadar serat pada aneka macam bahan masakan ini mampu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan resiko serangan jantung, begitu dikutip dari jurnal National Institutes of Health di Amerika Serikat. Satu analisis yang ditarik dari 45 macam studi menyimpulkan bahwa tiga porsi gandum utuh yang dimakan saban hari mampu menurunkan resiko serangan jantung sampai 22%!


6. Kunyit, materi makanan terkenal di Indonesia dan India


Kunyit, makanan sehat untuk jantung.
Sejak dini, anak-anak Indonesia telah diajari untuk sudah biasa mengonsumsi kunyit. (Foto: Shutterstock)

Inilah salah satu materi yang sungguh diketahui di masakan negeri Nusantara ini. Warna kuning dari kunyit tiba dari polifenol yang disebut selaku  curcumin. Efek antioksidan dari curcumin membantu mencegah komplikasi yang diakibatkan oleh kolesterol LDL, diabetes, gagal jantung, gangguan detak jantung, dan juga aterosklerosis atau peradangan pembuluh darah.


7. Jahe, rasa hangatnya disenangi banyak orang


Jahe, makanan sehat untuk jantung.
Bahan dasar aneka macam masakan dan minuman herbal ini sangat digemari orang Indonesia. (Foto: Shutterstock)

Jahe juga yakni sobat sejatinya orang Indonesia. Biasa dikonsumsi selaku minuman atau bab dari kuliner, jahe rupanya mempunyai bagian aktif yang disebut gingerol, dan mempunyai efek antioksidan tinggi serta anti-inflamasi. Beberapa studi menunjukkan bahwa jahe dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam sel serta gugusan penyumbatan dalam darah.




Sekian banyak bahan masakan sehat untuk jantung ini telah mudah untuk didapatkan dalam keseharian kehidupan kuliner di Indonesia. Bahkan gandum utuh juga kini makin gampang dicari di berbagai swalayan gourmet ataupun toko-toko yang menjual materi kuliner organik. Soal resep, pasti kau mampu gampang menggarapnya dengan berbagai cara sebab materi-bahan kuliner yang disebutkan tadi begitu fleksibel. Selanjutnya, giliranmu untuk mencoba jalur pola hidup yang dapat mempertahankan kesehatan jantung.