Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Kegunaan Hebat Dari Santan Kelapa

Seperti langit tanpa pelangi di musim hujan, rasanya kurang lengkap jika kita membiarkan lemari dapur kosong tanpa stok santan siap pakai. Santan adalah materi kuliner serba mampu yang tidak cuma merubah cita rasa kuliner menjadi semakin kaya, tetapi juga sobat para pemasak pemula hingga profesional. Bagi para pecintanya, berikut yaitu 6 kegunaan andal dari santan kelapa!


1. Sebagai Pengganti Susu


santan kelapa
Segarnya es krim dari santan ini seperti dengan yogurt tetapi dengan cita rasa yang gurih. (Foto: Shutterstock)

Santan dapat digunakan sebagai pengganti susu, terutama untuk kamu yang menderita intoleransi laktosa. Santan dapat menggantikan creamer atau susu di cafe latte kamu, heavy cream pada pasta, atau sajian berkuah creamy dan bahkan yogurt!


Sudah lama ingin menikmati es krim tapi karena ada intoleransi laktosa? Ayo coba buat sendiri es krim dari santan kelapa! Pasti akan dibuat terheran-heran dengan kelembutan dan gurihnya es krim dari santan kelapa. Agar lebih nikmat, santan kelapa bisa diaduk dengan dengan cokelat, vanilla, hingga selai kacang.


2. Sebagai Saus Cocolan


santan kelapa
Tidak cuma cocolan makanan gurih, santan juga juara dibentuk sebagai saus menu elok mirip Mango Sticky Rice ini. (Foto: Shutterstock)

Pada dasarnya, santan memiliki rasa yang gurih dan creamy. Coba padukan dengan bubuk kari, saus ikan, dan sedikit jeruk nipis. Maka saus cocolan untuk dimsum siap disajikan!


Untuk masakan penutup, masak santan bareng susu kental elok dan sedikit garam. Saus ini mampu disuguhkan bersama cuilan buah mangga segar atau nanas panggang. Baik selaku saus cocolan menu asin atau elok, santan yakni materi masakan yang serba mampu!


3. Sebagai Campuran Minuman


santan kelapa
Minuman yang menggunakan santan kelapa bisa dibuat menjadi beragam! (Foto: Shutterstock)

Jadikan situasi nonton bola di bulan ini lebih meriah dengan minuman racikan sendiri seperti tea latte, susu cokelat santan, bahkan model mocktail dari piña colada. Selain itu, masih banyak lagi kreativitas yang mampu dimanfaatkan dari santan untuk membuat minuman segar.


4. Jodohkan dengan Daging ataupun Seafood


santan kelapa
Ginataang Pako, hidangan khas Filipina ini unik alasannya menggunakan sayur pakis. (Foto: Shutterstock)

Tentu telah tidak asing lagi jikalau mendengar olahan santan kelapa yang dipadukan dengan beragam protein dari maritim. Santan bisa menyempurnakan kelezatan dari banyak sekali jenis ikan, udang, kerang, bahkan cumi sekalipun.


Contohnya ialah hidangan khas Filipina, Ginataang Pako. Kalau menyaksikan dari kuahnya yang berwarna putih dan kental, tentu saja kau sudah tahu bila masakan ini menggunakan santan kental. Selain santan kelapa, Ginataang Pako berisi udang dan daun pakis. Selain itu contohnya masih banyak hidangan khas Asia yang lain yang memakai perpaduan serupa.


5. Dimasak menjadi Kari


santan kelapa
Mulai dari Kari India sampai Kari Thailand, santan kelapa yaitu kunci kelezatannya! (Foto: Shutterstock)

Ngomong-ngomong kuliner Asia lainnya, Thailand menjadi salah satu negeri yang inovatif mengaplikasikan kari dengan beragam protein yang lezat. Di sana, dengan mudahnya kita bisa memperoleh kuliner kari hijau dan kari merah.


Mengapa daging akan terasa lebih nikmat dikala dimasak menjadi kari? Saat merebus daging, gula pada santan akan mempertahankan daging tetap juicy meski diolah dalam waktu lama. Sementara itu, aneka rempah pada kuah kari akan meresap ke dalamnya sehingga membuat daging semakin sedap.


6. Sebagai Hidangan Pencuci Mulut


Santan kelapa jelas cocok digunakan selaku materi utama beraneka pencuci mulut yang segar. Sebut saja misalnya seperti puding lapis, custard, bahkan hingga crème brulee. Tentu saja selalu ada pilihan untuk menikmati menu epilog khas Indonesia mirip kolak pisang misalnya. Maklum, mungkin saja kita masih rindu dengan hidangan tajil ketika Ramadhan kemarin.