Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Faedah Bawang Bombay Untuk Kesehatan Yang Perlu Kau Tahu

Bawang bombay yaitu salah satu bumbu wajib di banyak dapur di seluruh dunia. Tak cuma memperkaya rasa masakan, ada banyak manfaat bawang bombay untuk kesehatan yang bisa kita dapatkan.


Pertama-tama, bawang bombay mengandung banyak air. Kandungan lainnya mirip serat, protein, lemak, natrium dan kalium memiliki banyak fungsi baik untuk badan. Segenap manfaat tersebut dapat kita dapatkan dengan konsumsi yang berkala dengan porsi yang cukup. Khasiat bawang bombay telah dirasakan sejak dahulu di berbagai peradaban, mulai dari Mesir, India, dan Tiongkok.


Apa saja faedah bawang bombay? Yuk, simak ulasan berikut ini!


1. Menguatkan sistem imun badan


Bawang bombay mengandung polifenol yang berfungsi selaku antioksidan. Polifenol dapat membantu badan kita menghadang radikal bebas. Kandungan vitamin C dalam bawang bombay juga mampu membantu daya tahan badan dari aneka macam macam virus. Lebih lanjut lagi, penelitian di University of Maryland Medical Center mengungkapkam bahwa dikala disantap mentah, bawang bombay bisa mengurangi gejala alergi seperti gatal dan bersin-bersin.


2. Menstabilkan gula darah


Meski mengandung karbohidrat, salah satu bahan salad ini tidak memiliki banyak kalori sehingga dipercaya baik untuk penderita diabetes. Kandungan sulfurnya dapat menolong menurunkan gula darah. Selain welirang, bawang bombay juga mengandung kromium yang berfungsi mengontrol kadar gula darah.


3. Mencegah kanker


Salah satu manfaat bawang bombay adalah untuk mencegah kanker.
Salah satu manfaat bawang bombay yaitu untuk mencegah kanker. (Foto: Shutterstock)

Manfaat bawang bombay selanjutnya ialah mencegah kanker tertentu mirip kanker prostat, usus besar, dan lambung. Sebuah studi di Universitas Boston mengungkap kandungan quercetin mampu meminimalisir risiko kanker. Penelitian tentang manfaat ini diakui masih sungguh sukar, sebab biasanya bawang bombay disajikan sedikit dalam sajian makanan sehari-hari. Untuk pencegahan yang maksimal, disarankan untuk mengonsumsi 1-7 bawang bombay dalam satu minggu.


4. Memperlancar pencernaan


Kaya akan serat, bawang bombay diandalkan dapat menolong tata cara pencernaan tubuh. Kandungan serat oligofructose pada bawang bombay mampu merangsang perkembangan bakteri baik pada usus sehingga proses sekresi tubuh lebih tanpa gangguan. Kamu bisa kian sering nih, masak hidangan serba tumis dengan bawang bombay.


5. Menjaga mood


Bawang bombay yang dikaramelisasi dalam wajan.
Bawang bombay yang terkaramelisasi banyak digunakan di banyak sekali masakan. (Foto: Shutterstock)

dan stress mampu disebabkan oleh senyawa homosistein dalam tubuh. Senyawa ini menghalangi sirkulasi darah dan gizi ke otak. Kandungan folat dalam bawang bombay mampu mencegah terbentuknya homosistein sehingga otak mampu ternutrisi dengan baik. Dengan begitu, otak akan lebih optimal dalam menertibkan emosi.


6. Menjaga kesehatan jantung


Manfaat bawang bombay untuk kesehatan jantung juga cukup terkenal. Bawang bombay dipercaya mampu menurunkan risiko serangan jantung. Penelitian dalam Jurnal Redox Biology mengungkap bahwa konsumsi bawang bombay dapat memajukan bikinan oxylipins yang berfungsi mengendalikan kolesterol dan lemak.




Penyajian bawang bombay dapat beraneka macam, mampu diolah ataupun dimakan ketika masih mentah. Usahakan untuk memilih bawang bombay yang masih segar. Simpan bawang bombay pada daerah dengan ventilasi yang bagus dalam keadaan kulit yang belum dikupas. Jika kulitnya telah dikupas, simpan dalam lemari es.


Meski belum ada yang mengungkap batasan konsumsi bawang bombay setiap harinya, usahakan untuk tidak berlebihan memakannya dalam satu hari. Kandungan karbohidrat pada bawang bombay mampu membuat perut kembung, terutama bagi penderita gastritis akut. Makara, mulai sekarang kamu juga menikmati manfaat bawang bombay untuk kesehatan selain juga jasanya dalam masakan.