Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Merawat Sutil Kayu Biar Bebas Jamur Dan Bakteri

Kamu suka mengolah masakan? Pastinya pernah memakai sutil kayu untuk menumis atau menciptakan telur orak-arik. Sutil kayu ialah ‘sahabat’ terbaik dikala memasak memakai panci anti lengket. Tidak hanya untuk kegiatan memasak, sutil kayu juga multi fungsi untuk mengaduk salad sampai menghaluskan kentang. Meski serba guna, sutil kayu perlu perawatan khusus biar tidak cepat rusak atau menjadi sarang bakteri. Berikut tim MAHI pilihkan 5 cara merawat sutil kayu supaya bebas jamur & bakteri.


1. Sterilkan Sutil Setidaknya Sekali Seminggu


 


merawat sutil kayu
Pori-pori sutil kayu riskan menjadi persembunyian kuman dari sisa-sisa materi makanan. (Foto: Shutterstock)

Sering mengolah makanan dengan bahan masakan mentah seperti ayam atau masakan bahari? Sebaiknya sterilkan sutil kayu kau dari waktu ke waktu. Untuk mensterilkan sutil, pertama-tama bersihkan sutil dengan air sabun hangat. Setelah higienis, angkat dan letakkan sutil di atas permukaan datar. Tuangkan hidrogen peroksida 3 persen ke bab sutil. Diamkan selama 15 menit, bilas sendok hingga bersih. Angin-anginkan sampai kering.


Hidrogen peroksida atau H2O2 biasa dipakai oleh praktisi medis sebagai disinfektan pada luka. H2O2 ampuh membersihkan noda dan membunuh kuman serta jamur pada sutil kayu.


2. Minyaki Sebulan Sekali


Jika sering dipakai dan dicuci berulang-ulang, sutil kayu akan kehilangan kelembapan alaminya dan menjadi kering. Sutil yang kering beresiko pecah atau patah sebelum waktunya.


Kamu bisa merawat sutil kayu dan memperpanjang usianya dengan minyak. Sebulan sekali, minyaki sutil dengan minyak kelapa hingga rata. Biarkan minyak meresap semalaman, kemudian basuh sampai higienis. Tidak cuma berfungsi memperpanjang umur sutil, minyak kelapa juga akan menghalangi kayu menyerap noda dan anyir makanan.


3. Gunakan Garam dan Lemon


merawat sutil kayu
Garam akan menolong mengikis permukaan sutil kayu yang bergairah dan lemon ampuh menghilangkan anyir. (Foto: Shutterstock)

Jika membandingkan sutil kayu dengan sutil lainnya yang yang dibuat dari plastik, sutil kayu terperinci punya performa yang lebih cantik dan materi yang lebih kokoh. Sayangnya kelebihan ini mesti kita bayar dengan sedikit investasi waktu dan tenaga untuk merawat sutil kayu. Tapi jangan takut ribet! Kamu bisa menggunakan garam dapur untuk merawat sutil kayu.


Pertama, basuh sutil kayu dengan air panas bersama sabun untuk membilas basil yang menempel. Setelah dibilas, tuang garam di atasnya dan gosokkan pecahan lemon di atas permukaannya. Lemon akan membantu menghilangkan anyir dan mengangkat noda. Setelah final, bilas dengan air dingin dan jemur di bawah sinar matahari.


4. Gunakan Amplas


merawat sutil kayu
Amplas membantu menawarkan tampilan baru pada sutil kayu yang sudah kusam (Foto: Shutterstock)

Seiring berjalannya waktu, permukaan sutil kayu akan tampaklusuh. Jika kau perhatikan, di bagian kepala sendok akan terbentuk bintik-bintik kasar. Kondisi ini mampu kita remajakan kembali dengan derma amplas.


Merawat sutil kayu biar tampilannnya tetap estetik mampu kamu lakukan dengan mengikis permukaan sutil dengan amplas. Metode ini akan menolong menetralisir bintik-bintik kasar dan memperlihatkan penampilan yang halus dan bersih. Namun seharusnya jangan menggunakan tata cara ini jika sutil kayu yang kamu gunakan ialah sutil bikinan tangan yang memiliki gesekan atau karakter muncul di sekelilingnya.


5. Rendam dengan Cuka Putih


Tidak mirip bahan stainless steel, sutil kayu akan menyerap wangi dari banyak sekali kuliner yang bersentuhan dengannya. Untungnya, kamu mampu menggunakan cuka putih untuk menetralisir busuk dan merawat sutil kayu.


Caranya mudah, cukup rendam sutil kayu dalam cuka putih selama berjam-jam. Cuka putih yakni alternatif yang ramah lingkungan yang dapat menumpas bakteri dan jamur tanpa residu berbahaya. Cuka putih juga cukup murah dan kondusif dipakai di sekitar anak-anak dan hewan peliharaan.


Semoga kiat berikut mampu menolong kau dalam merawat dan memperpanjang usia sutil kayu kamu di rumah ya!