Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Kuliner Rendah Kalori Yang Membuat Kenyang Dan Menyehatkan

Mengapa mesti kuliner rendah kalori? Alasannya yaitu untuk menjaga kesehatan ataupun menurunkan berat tubuh. Itulah mengapa terlalu banyak kombinasi resep makanan rendah kalori kian menarik untuk dicoba. Ingin tahu beberapa kuliner rendah kalori yang membuat kenyang dan gampang dicoba di rumah? Yuk, kita simak 5 resep singkat berikut ini!


1. Ayam Goreng Oven


masakan rendah kalori yang mengenyangkan
Versi sehat dari ayam goreng yaitu yang diolah di panggangan. (Foto: Shutterstock)

Ayam mampu dikategorikan sebagai masakan rendah kalori yang mengenyangkan sekaligus sehat, asalkan dimasak dengan cara yang sempurna. Meski memakai materi-materi yang biasa digunakan untuk ayam goreng gaya Selatan, kali ini justru ayam dimasak melalui proses pemanggangan. Ini menjadi alternatif proses menggoreng dan penggunaan minyak yang kurang sehat.


Bahan-bahan yang dibutuhkan: ayam bagian paha, tepung roti, garlic powder, telur, buttermilk, garam, dan merica.


Cara memasak:



  1. Panaskan oven hingga 220C serta alasi papan oven dengan baking parchment dan alumunium foil.

  2. Aduk rata campuran tepung roti, garlic powder, garam, dan merica.

  3. Siapkan adonan terpisah berupa gabungan telur dan buttermilk.

  4. Campurkan paha ayam dengan adonan telur dan setelahnya tepung roti. Pastikan semuanya terlumuri dengan baik.

  5. Panggang ayam selama kurang lebih 1 jam. Sajikan.


2. Tumisan Sayuran dengan Mie Soba


Beragam sayuran yang ditumis ringan pasti sehat dan rendah kalori. Tapi bagaimana jika digabung dengan soba? Ternyata cocok banget teman-sobat! Varian mie yang satu ini yang dibuat dari buckwheat atau gandum kuda. Tidak hanya rendah kolesterol, jenis gandum yang satu ini ialah alternatif sehat bagi yang memiliki problem intoleransi gluten ataupun diabetes.


Bahan-bahan yang dibutuhkan: bawang putih, bawang bombay, selai kacang, kecap asin, air, madu, lemon, garam, lada hitam, minyak sayur, paprika merah, paprika kuning, brokoli, buncis, wortel, dan mie soba.


Cara mengolah makanan:



  1. Sesuai selera, aduk rata gabungan bawang putih, selai kacang, air, madu, air perasan lemon, garam, serta lada hitam.

  2. Panaskan wajan dan minyak di atas api sedang. Tumis bawang bombay, wortel, brokoli, paprika, dan buncis sampai menjelang matang.

  3. Setelahnya tambahkan mie soba yang telah direbus dan campurkan saus gabungan tadi. Masak hingga matang dan suguhkan.


3. Bubur Ayam Gaya Modern


masakan rendah kalori yang mengenyangkan
Sulit menolak kedatangan bubur ayam di pagi hari, terlebih lagi bila ada model sehatnya. (Foto: Shutterstock)

Ternyata ada cara menjaga bubur ayam biar tetap rendah kalori. Karena proses masaknya yang slow cooking, pastikan kau memasak di malam sebelumnya semoga mampu dirasakan kesannya di pagi hari. Selain untuk makan pagi, yang satu ini cocok juga untuk kamu yang galau mau menyiapkan makanan sehat untuk sahur.


Yang diperlukan selain alat slow-cooker adalah bahan-materi mirip: kaldu ayam, nasi, jahe, garam, dada ayam, cabe, bunga lawang, kacang panggang tanpa garam, chili oil, daun bawang, serta kangkung dan alpukat (opsional).


Berikut ialah langkah-langkahnya:



  1. Masukkan kaldu ayam, nasi, jahe, dada ayam, cabai, bunga lawang, dan garam seperlunya ke dalam slow cooker. Tutup dan masak selama 7,5 jam dalam mode “LOW”. Setelahnya, ambil ayam dan suwir-suwir.

  2. Setelahnya, kembali tutup slow cooker dan masak selama 30 menit dalam mode “HIGH”. Ambil cabai dan kembang lawang, serta bagi rata bubur ayam ke dalam mangkuk. Tambahkan tambahan berbentukkacang panggangan, daun bawang, kangkung, alpukat yang sudah dipotong-potong, serta sedikit chili oil.


4. Ayam Kung Pao


masakan rendah kalori yang mengenyangkan
Ayam kung pao ialah masakan khas Tiongkok perantauan yang selalu jadi favorit semua orang. (Foto: Shutterstock)

Yang satu ini dijamin pasti banyak penggemarnya. Siapa coba yang tidak mengenali sajian yang satu ini? Selain memang laku bagus di banyak restoran Chinese food, sajian ayam kung pao juga ternyata rendah kalori dan sodium.


Bahan-materi yang diperlukan: minyak wijen, bawang putih, bawang bombay, cengkeh, paha ayam fillet, air, kecap asin rendah sodium, tepung maizena, gula merah, jahe, lada merah/chili flakes, paprika merah, kacang panggang tanpa garam.


Cara mengolah makanan:



  1. Panaskan minyak wijen di atas api sedang. Tumis bawang bombay, bawang putih, dan ayam yang diiris dadu. Tumis sampai ayam mulai kecoklatan.

  2. Campurkan air seperlunya dengan kecap asin, tepung maizena, jahe halus, lada merah, dan gula merah. Aduk sampai gula merah larut.

  3. Campurkan larutan tersebut dengan ayam dan masak hingga mendidih.

  4. Tambahkan bagian paprika dan kacang. Sajikan.


5. Salmon dan Pak Choi


Masakan rendah kalori yang membuat kenyang selanjutnya pasti telah tidak ajaib lagi. Orang Indonesia dijamin suka dengan sayur mirip pak choi dan juga ikan yang kaya omega 3 adalah salmon. Ternyata keduanya bisa dipadukan dengan sangat bagus dan menjadi sebuah menu rendah kalori yang enak.


Bahan-materi yang diperlukan: kecap asin rendah sodium, madu, jahe serut, minyak wijen hitam, garlic powder, pak choi, ikan salmon, dan daun bawang.


Cara mengolah masakan:



  1. Panaskan broiler atau panggangan toaster.

  2. Aduk rata kecap asin, madu, jahe, minyak wijen, dan garlic powder di dalam mangkuk.

  3. Siapkan papan oven dan tutupi dengan kepingan pak choi. Letakkan ikan salmon di atas bab daun dari pak choi dan bab kulit mengarah ke bawah.

  4. Tuangkan saus ke seluruh bagian salmon dan juga secara merata ke bab tangkai dari pak choi.

  5. Panggang selama 5 menit dan balikkan pak choi semoga tidak gosong. Panggang lagi beberapa waktu sampai matang sesuai selera. Sajikan bareng taburan daun bawang.


Diet rendah kalori sendiri mampu ditarik kesimpulan sebagai diet yang hanya menghalangi asupan kalori sebesar 1,200 hingga 1,600 kalori per hari untuk laki-laki dan 1,000 sampai 1,200 kalori untuk perempuan. Yang perlu dibedakan juga adalah perumpamaan pembatasan makanan kalori yang sangat rendah atau hanya sebesar 800 kalori per hari. Untuk tipe yang ini biasanya hanya bisa diraih dengan kuliner khusus mirip protein shake, low cal bar, atau sup yang dirancang sebagai pengganti makanan normal dan memiliki kandungan vitamin ekstra.


Aku sarankan semoga kamu mencoba saja dahulu pembatasan makanan kalori rendah normal dengan resep-resep ini. Selain menyehatkan, pembatasan makanan normal ini lebih kondusif untuk tubuh. Satu hal yang harus dikenang dari yang namanya pembatasan makanan yaitu untuk juga mempertahankan gaya hidup sehat. Misalnya dengan tetap berolahraga dan hal-hal yang lain.


Selamat menjajal beragam resep masakan rendah kalori yang membuat kenyang ini ya. Jangan lupa simak resep-resepku lainnya dan bermacam-macam olahan ayam yang lezat.