Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Menu Kudapan Buka Puasa Untuk Jaga Kondisimu Sebelum Tarawih

Setelah menahan dahaga sehari penuh, sajian tajil buka puasa jadi yang ditunggu-tunggu. Tak jarang kita merasa kalap dan menghimpun banyak masakan di meja menu untuk tajil. Namun, untuk menjaga tubuh tetap fit selama berpuasa sebulan sarat , kita butuh sajian yang bernutrisi. Terlebih yang ingin melanjutkan ibadah panjang tarawih pada malam harinya, tentu perlu menjaga asupan supaya tidak terlalu kenyang dan badan menjadi capek.


Beberapa sajian bukaan buka puasa yang sering hadir di meja makan penduduk Indonesia ialah gorengan, es campur, dan es teh cantik. Nah, masakan tersebut bisa kita kembangkan menjadi lebih sehat. Berikut ialah wangsit sajian kudapan buka puasa!


1. Es buah pelangi, sajian bukaan buka puasa simpel


Sop buah atau es buah jadi salah satu sajian buka puasa yang sering dihadirkan di tengah keluarga. Menu ini cocok disuguhkan, karena tak hanya menyegarkan tapi juga kaya serat. Kita mampu menyajikan berbagai jenis buah dengan warna yang berbeda mirip melon, mangga, stroberi, dan daging kelapa.



Setiap warna pada buah-buahan punya nutrisi yang berlawanan. Misalnya saja mangga, yang berwarna kuning mengandung vitamin C. Sedangkan melon yang berwarna hijau kekuningan, kaya akan vitamin B6 dan asam folat. Kita olah, yuk, buah-buahan dengan resep es buah pelangi ini!


2. Es cendol nangka, cuek dan menyegarkan


Satu lagi sajian yang menyegarkan saat buka puasa, es cendol nangka! Nah, kita mampu menciptakan es cendol nangka versi sendiri. Salah satu cara membuatnya lebih sehat yaitu mencampurkan santan dan susu rendah lemak.


Agar lebih simpel, kita juga bisa membeli cendol siap pakai yang banyak dijual di pasaran. Makara, kita tinggal mengolah sausnya! Yuk, intip resep es cendol nangka model MAHI!


3. Bola ubi ungu, bagus pedas berpadu serasi


Nikmatnya bola ubi ungu sambal roa untuk berbuka. (Foto: Shutterstock)

Tak lengkap jikalau tak ada kuliner asin di menu buka puasa. Kita bisa menciptakan sesuatu yang berbeda, yakni bola ubi ungu. Jika umumnya bola ubi ungu dibuat kolak, kita sulap dengan isian sambal roa.


Unik, bukan? Ada beberapa proses yang mesti kita lalui. Pertama, kita kukus ubi apalagi dahulu. Lalu kita buat adonannya. Masukkan sambal roa di dalamnya, kemudian selimuti bola-bola dengan tepung panko. Goreng, deh! Lihat resep ubi ungu sambal roa versi MAHI untuk berita selengkapnya.


4. Bubur kacang hijau, rasa klasik yang tak lekang waktu


Sajian klasik ini juga cocok jadi sajian bukaan buka puasa. Ayo, kita olah resep bubur kacang hijau di rumah! Agar berlawanan dengan bubur kacang hijau lainnya, kita bisa berkreasi dengan menambahkan sagu mutiara contohnya.


Atau, kita mampu mengganti santan dengan susu rendah lemak atau susu almond untuk versi lebih sehatnya. Tentunya sajian ini akan sukar ditolak!


5. Bakwan goreng enoki, gorengan superfood


Masih kurang lengkap tanpa gorengan? Tenang saja, kita mampu menghidangkan bakwan versi lebih bernutrisi. Caranya yakni dengan mengubah kol goreng dengan jamur enoki. Kenapa jamur enoki?


Jamur enoki digadang-gadang mausk ke dalam daftar superfood, atau masakan dengan nutrisi tinggi. Menurut US Department of Agriculture (USDA), dalam 100 gram jamur enoki terdapat 2,66 gram protein, 2,7 gram serat, dan 37 kcal. Intip resep bakwan enoki dan sajikan sebelum tarawih nanti.


Selain sajian bukaan di atas, temukan opsi hidangan sahur dan berbuka untuk anak kos yang simpel dibentuk. Selamat mencoba!