Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Kiat Diet Sehabis Lebaran Supaya Tubuh Tetap Bugar

Setelah menahan lapar dan dahaga selama sebulan, Lebaran memang jadi momen yang seru untuk makan-makan. Biasanya ada banyak camilan yang dihadirkan, hingga tak jarang kita menelan banyak makanan tanpa pertimbangan. Agar tetap sehat dan bugar, kau bisa melaksanakan pembatasan makanan setelah Idulfitri.


Kali ini tim MAHI mengembangkan tips diet setelah Idulfitri yang hendak menolong mengontrol nafsu makanmu. Tenang, diet bisa kita lakukan pelan-pelan kok, jadi kau tidak merasa terbebani. Mulai dari menertibkan takaran makan sampai apa hidangan apa saja yang direkomendasikan, beberapa kiat berikut bisa kau ikuti!


1. Perbanyak sayuran


Makanan di Hari Raya umumnya didominasi oleh protein hewani, contohnya saja opor ayam atau rendang daging. Tak sedikit pula yang sajian yang mengandung santan dan minyak. Agar tubuhmu mendapatkan nutrisi sepadan, hidangkan menu sayuran yang kaya serat.


Banyak hidangan sayuran yang mampu jadi pilihanmu. Jika kamu kurang suka salad, atau raw food, kau bisa mengawali diet setelah Lebaran dengan olahan sayuran yang enak. Contohnya saja tumis brokoli, capcay, sup jamur, dan lain-lain.


2. Ganti camilan dengan buah


Deretan kudapan manis kering kaya rasa sungguh menggoda selera, ya? Mencicipi aneka kue tentu sah-sah saja, tetapi atur porsinya, ya. Keinginan untuk mengemil yang manis-bagus, mampu kau penuhi dengan memakan buah-buahan.


Sajikan penggalan buah segar untuk pengganti camilan yang didominasi gula atau minyak. Kamu juga bisa mengolah buah menjadi jus segar. Minuman segar ini bisa jadi pengganti minuman bungkus yang mengandung gula tinggi. Resep jus mangga yogurt beri ini bisa jadi andalanmu. Rasanya tak kalah lezat, lho!



3. Mengatur porsi makan untuk pembatasan makanan setelah idul fitri


Tak bisa dipungkiri, jika ada sajian tertentu yang biasanya hanya dihidangkan ketika Idulfitri. Tentu kita tak inginkehilangan momen itu hanya alasannya adalah sedang diet. Salah satu kuncinya yaitu dengan menertibkan porsi makanmu.


Dalam campaign yang dibentuk Kemenerian Kesehatan RI, kita mengenal isilah “Piringku”. Menurut anjurannya, setengah piring mesti didominasi sayuran dan buah. Setengahnya lagi baru kau isi dengan karbohidrat dan protein hewani. Kombinasi sepadan ini menjadi asupan yang baik untuk tubuhmu.


4. Mengunyah secara perlahan-lahan


Tangan wanita menyendok makanan sehat.
Mengunyah dengan pelan tanpa tergesa-gesa dapat membantu proses pencernaan (Foto: Shutterstock)

Kunci lainnya semoga kamu tetap bisa merasakan masakan favoritmu usai Lebaran, ialah dengan mengatur cara mengunyah. Hindari makan dengan buru-buru. Kunyah hingga kuliner bertekstur halus.


Mengunyah dengan pelan akan menciptakan ilusi perut menjadi cepat kenyang. Selain itu, masakan yang dikunyah dengan baik akan lebih mudah dicerna oleh badan. Dengan begitu, nutrisinya lebih terserap optimal.


5. Tetap aktif bergerak


Mengatur contoh makan saja tidak cukup. Badanmu mesti tetap aktif bergerak. Kamu bisa berolahraga di rumah dengan memakai aplikasi workout atau melihat tutorialnya di Youtube. Kamu juga boleh kok jogging keliling komplek. Ada banyak kok cara untuk bergerak.


Selain mempertahankan berat badanmu, berolahraga juga dapat merangsang hormon endorphin yang membuat mood menjadi lebih baik. Lakukan dengan konsisten untuk hasil yang optimal, ya!