Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Sajian Pembatasan Makanan Idul Fitri Sesudah Pesta Opor Dan Gulai

Setelah mengkonsumsi aneka makanan bersantan di Hari Raya, saatnya kita melaksanakan pembatasan makanan Lebaran. Sudah jadi rahasia umum, jika tradisi Hari Raya Idul Fitri di Indonesia jadi momen makan-makan yang seru. Makanan yang tersaji lazimnya didominasi oleh kuliner berat mirip opor dan gulai, juga makanan ringan yang mengandung banyak gula mirip kue nastar.


Agar tubuh tetap sehat juga berat badan tetap stabil, kita seimbangkan asupan dengan masakan bergizi. Kali ini, tim MAHI membuatkan beberapa hidangan sehat yang bisa kau buat sendiri di rumah.


1. Nasi Goreng Kembang Kol


Komitmen pertama yang mampu kamu buat untuk pembatasan makanan Idulfitri ialah meminimalisir gula. Gula tak hanya berasal dari makanan bagus, namun juga nasi putih. Indeks glikemiknya yang tinggi dapat mengembangkan kadar gula darah. Kamu bisa mengakalinya dengan beberapa cara. Pertama, meminimalkan porsi nasi putih di piringmu. Kedua, mengganti nasi putih dengan nasi merah atau brown rice.


Nah, kamu juga bisa lho mengubah nasi dengan materi kuliner lain untuk menu tertentu. Salah satunya adalah membuat nasi goreng menggunakan kembang kol. Rasa dari kembang kol yang plain ternyata cocok dipadukan dengan bumbu nasi goreng. Lihat resep nasi goreng kembang kol satu ini.


2. Gohu Ikan Salad Sayur


Gohu ikan asal Ternate ini sering disebut-sebut selaku sashimi-nya Indonesia, lho. Pasalnya, sajian ini memang menyuguhkan ikan mentah. Bukan salmon, umumnya gohu ikan yang dibuat dari cakalang atau ikan tuna. Rasanya segar dan nikmat!


Kamu mampu memasukkan menu ini ke dalam sajian diet Lebaranmu. Padukan dengan salad sayur untuk memenuhi kebutuhan seratmu. Bagaimana cara menjadikannya? Intip video resep gohu ikan salad sayur ini ya.



3. Mun Tahu Vegetarian


Mun tahu, sajian Peranakan yang kerap hadir di restoran Chinese ini juga bisa jadi opsi sajian sehatmu. Jika lazimnya mun tahu dikombinasikan dengan udang dan ayam, kali ini kita ganti dengan protein non hewani yakni jamur merang. Rasanya tak kalah menawan, lho!


Tahu yang dipakai pada sajian ini ialah tahu putih. Agar kuahnya kental, kita menggunakan larutan maizena. Simak resep lengkap mun tahu vegetarian ini dan hidangkan selagi hangat.


4. Diet Lebaran dengan Gado-Gado


Gado-gado tersaji di atas daun pisang.
Inilah ia, gado-gado sedap yang mampu dibuat sendiri di rumah. (Foto: Shutterstock)

Sajian yang tak gila di pendengaran, tapi cukup padat gizi yaitu gado-gado. Ya, hidangan asal Betawi ini berisikan banyak sayuran mirip selada, kol, taoge, dan kentang.


Gado-gado juga dibentuk tanpa proses pengolahan berlebih. Sayurannya masih segar, ditambah telur rebus yang lebih sehat dibandingkan telur goreng. Agar lebih tersadar kebersihannya, kau mampu mencoba sendiri resep gado-gado di rumah.


5. Jus Buah Tropikal


Selain makan besar, kudapan dan minuman pun mesti diperhatikan semoga berat badan tak berlebih usai lebaran. Kamu mampu mengganti boba atau minuman elok lainnya dengan jus buah.


Salah satu resep jus yang bisa kamu coba ialah jus buah tropikal yang terbuat dari buah bit. Buah ini kaya akan asam folat, serat, vitamin C, dan zat besi. Diminum saat dingin, rasanya menyegarkan!


Lima sajian di atas tetap mampu kau nikmati meski sedang pembatasan makanan . Dengan mengolah makanan dan minuman sendiri, kebersihannya pun lebih terjaga. Selamat mencoba!