Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Variasi Resep Opor Untuk Meriahkan Idul Fitri Tahun Ini

Idulfitri kurang lengkap rasanya tanpa menu ketupat dan opor. Meski tahun ini belum mampu mudik, tak memiliki arti kita tidak mampu meramaikan situasi Idul Fitri di rumah. Yuk, kita sajikan aneka macam hidangan Lebaran yang Istimewa! Untuk itu, kali ini tim MAHI berbagi kombinasi resep opor yang menarik untuk dicoba.


Kita mampu menyuguhkan opor yang berlawanan dari umumnya. Misalnya saja ada menu opor tahu atau opor tanpa santan. Seperti apa, ya, cara menjadikannya? Mari kita simak satu per satu!


1. Resep Opor Ayam Kuning


Kita mulai dengan opor ayam kuning yang paling umum ditemukan dikala Lebaran. Kuahnya kental, rasanya gurih, sehingga cocok dimakan bersama ketupat dan sambal goreng kentang. Selain ketika Idulfitri, menu spesial ini juga mampu kok dicoba kapan saja – salah satunya untuk menu buka puasa. Intip resep lengkap opor ayam kuning dan sajikan untuk keluarga tersayang.


2. Resep Opor Ayam Kampung


Opor ayam kampung bakar
Sajikan opor ayam kampung sebagai hidangan yang dirindukan keluarga. (Foto: MAHI)

Pemilihan jenis ayam sungguh memengaruhi hasil tamat opor. Kamu juga bisa mencoba resep ayam kampung satu ini. Berbeda dari ayam negeri yang condong lebih empuk, ayam kampung punya rasa yang lebih gurih. Agar teksturnya tidak alot dan hidangannya berhasil, lihat cara menciptakan opor ayam kampung ini, ya!


3. Resep Opor Ayam Jamur


Twist berikutnya yang mampu kamu coba yaitu opor ayam jamur. Campuran ayam dan jamur merang jadi menu yang sungguh berlawanan. Kali ini, kita tidak memakai kunyit sehingga warnanya condong lebih putih kecokelatan. Yuk, kita coba!


4. Resep Opor Ayam Kecombrang


Suka amis khas dari kecombrang? Kamu juga mampu, lho, memasukkan kecombrang pada menu opor. Caranya bisa dilihat di resep lengkap opor ayam kecombrang ini. Tentunya, hidangan opor akan jadi lebih segar. Jangan lupa, untuk menggunakan api kecil saat memasaknya biar santan tak gampang pecah.


5. Resep Opor Ayam Tanpa Santan



Jika kau ingin hidangan yang lebih sehat, kau mampu, lho, mengubah santan pada opor ayam. Agar rasanya tetap gurih, kau bisa menuangkan susu rendah lemak. Rasanya justru akan lebih spesial! Penasaran? Simak resep lengkap opor ayam tanpa santan ini!


6. Resep Opor Ayam Khas Cepu


Sajikan opor ayam khas Cepu sebagai menu andalan minggu ini.
Opor ayam khas Cepu dengan bango Bumbu Kuliner Nusantara yang mudah dan sedap! (Foto: MAHI)

Di antara banyak resep opor, sajian opor ayam dari tempat Cepu punya rasa yang paling khas. Opor ayam dari Jawa Timur punya warna kemerahan dan lebih pedas. Aslinya, opor khas Cepu ini juga diolah di atas tungku memakai bara api. Wah, penasaran dengan rasanya? Lihat resep opor ayam khas Cepu ini, yuk!


7. Resep Opor Telur


Jenis protein lainnya yang bisa diolah dengan bumbu opor ialah telur. Sebelum diproses, telurnya kita rebus apalagi dulu sampai padat. Baru berikutnya diolah menggunakan bumbu opor. Langkahnya tak jauh berlawanan kok dengan resep opor ayam biasa. Ayo, kita resep lengkap opor telur ini!


Demikian tujuh variasi resep opor yang mampu kau coba di rumah. Aneka resep ini cukup gampang diikuti, lho. Jadi, kau yang pemula di dapur pun bisa masak opor sendiri di rumah. Selamat memasak, ya!