Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Kiat Masak Cepat Tumisan Sayur Di Bawah 30 Menit

Pagi hari jadi waktu paling sibuk untuk para ibu, mulai dari menyiapkan perlengkapan anak sekolah sampai memasak bekal. Sudah bukan lagi diam-diam jika para ibu memerlukan resep masakan yang mudah. Namun, meski simpel, kita tetap mesti memerhatikan nutrisi makanannya. Siapkan masakan kaya serat seperti tumisan sayur.


Tak perlu cemas, ada beragam cara memasak tumisan sayur agar lebih singkat namun tetap yummy. Kali ini, tim MAHI mengembangkan tips mengolah tumisan sayur dalam waktu kurang lebih 30 menit. Cara ini cocok untuk memasak di pagi hari. Berikut ulasannya.


1. Pilih sayuran yang mudah matang


Langkah pertama ialah menentukan jenis sayuran yang akan diolah. Semakin gampang matang, kian cepat proses memasaknya. Beberapa jenis sayuran yang bisa kau pilih yaitu bayam, kangkung, caisim, sawi, dan jamur.


Namun perhatikan juga ketahanan sayuran setelah diolah. Bayam dan kangkung cenderung cepat layu. Sayuran berwarna hijau juga kurang baik bila dihangatkan kembali alasannya kandungan kimianya akan berubah menjadi beracun. Makara, tumisan sayur ini baik disantap eksklusif setelah dimasak.


2. Siapkan materi tumisan sayur apalagi dahulu


Tangan pria memotong wortel di atas talenan kayu dan di mejanya banyak sayuran
Potong sayuran tanpa dicuci terlebih dulu dan simpan dalam kulkas. (Foto: Shutterstock)

Bagian yang paling lama dari mengolah masakan tumisan sayur biasanya yakni memangkas bahan kuliner. Langkah ini mampu kau dahulukan satu malam sebelumnya. Misalnya saja memangkas wortel, buncis, dan kangkung. Namun, semestinya jangan dicuci apalagi dahulu sebab sayuran mampu layu.


Beberapa bahan kuliner juga lebih baik diolah eksklusif mirip bawang merah. Sebaiknya, bawang merah yang sudah dikupas tidak disimpan di sembarang kawasan alasannya adalah akan menyerap bakteri di sekitarnya.


3. Pilih resep yang sederhana


Resep juga sangat memengaruhi waktu mengolah makanan. Ada ragam resep sayuran yang mampu dimasak kurang lebih dari 30 menit, sehingga langkah memasaknya juga tidaklah banyak.


Satu piring cah kangkung dan garpu di sampingnya.
Tumis kangkung yang relatif cepat diolah. (Foto: Shutterstock)

Pertama, kita siapkan materi makanan. Kemudian kita tumis bumbu halus hingga harum kemudian masukkan protein mirip udang atau suwiran ayam. Baru kita masukkan sayuran, kemudian masak sampai matang. Waktunya tidak lebih dari 30 menit tergantung bahan masakan yang diseleksi.


4. Pilih protein yang cepat matang


Selain memilih jenis sayuran, pilih juga protein yang cepat matang. Daging sapi atau kambing cenderung lebih lama matangnya dibandingkan tahu, tempe, ayam, atau udang.


Untukmu yang tak memiliki banyak waktu mengolah makanan, sesuaikan resep tumisan sayur dengan protein yang mudah matang. Misalnya saja tumis taoge cumi asin atau tumis sawi suwir ayam.


5. Gunakan bumbu siap pakai


Menggunakan bumbu yang minim karena buru-buru akan memengaruhi rasanya. Tentu kita harus mencegah hal tersebut terjadi. Pilih bumbu siap pakai bermutu terbaik seperti Royco Kaldu Ayam atau Royco Kaldu Sapi.


Kamu juga mampu membuat bumbu halus, memasukkannya dalam wadah beling tertutup, lalu menyimpannya di kulkas semoga infinit. Bagi berbagai macam bumbu halus, mirip bumbu kuning, bumbu putih, dan bumbu merah sesuai kebutuhan. Kamu tinggal mencampurkannya saat mengolah masakan sesuai resep yang dibentuk.


Memasak praktis bukanlah sesuatu yang sulit, bukan? Asalkan kita lihai menyeleksi materi masakan dan meluangkan waktu dari jauh-jauh hari. Dikejar waktu di pagi hari, jadi lebih ringkas. Yuk, mengolah makanan!