Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Resep Kudapan Mudah Yang Mampu Kau Buat Di Bawah 1 Jam

Baik saat kumpul keluarga, atau sedang sendiri di rumah, makanan ringan jadi salah satu menu yang menciptakan suasana jadi lebih berwarna. Jika ingin makanan ringan yang lebih higienis dan lezat, kamu mampu mencoba membuatnya sendiri di rumah. Kali ini, tim saya membuatkan aneka resep camilan mudah dan mudah dibentuk.


Ada banyak sekali jenis kudapan tradisional di Indonesia yang bisa dicoba, mulai dari resep simpel sampai resep yang cukup menantang. Jika kamu tidak punya banyak waktu, ada beberapa resep camilan praktis yang mampu dibentuk dalam waktu kurang dari satu jam saja, lho. Apa saja itu?


1. Cilok bumbu kacang, favorit di sore hari


Siapa yang tak kenal kue khas Sunda ini? Cilok yang bermakna “aci dicolok” punya beragam versi. Salah satu versi yang paling populer yakni cilok bumbu kacang. Bahkan, camilan ini tak lagi hanya milik orang Sunda, kini sudah dijual di banyak sekali tempat di Indonesia.


Sepiring cilok, camilan sederhana, yang disajikan dengan teh hangat.
Camilan sederhana berbentukcilok contohnya, untuk dibuat di rumah. (Foto: Shutterstock)

Cara menciptakan cilok bahwasanya tidaklah sulit. Hanya saja, kau perlu berhati-hati dalam menakar tepung sagu atau aci agar teksturnya pas. Saus bumbu kacangnya pun memegang peranan penting untuk menyempurnakan rasa. Lihat resep cilok bumbu kacang ini untuk keluarga tercinta.


2. Bola tahu goreng udang, rasanya sangat berisi


Resep selanjutnya yang mampu kamu coba yaitu bola tahu goreng udang. Sesuai namanya, makanan ringan ini terdiri dari dua materi utama yaitu tahu dan udang. Jenis tahu yang dipakai yaitu tahu sutera yang lembut dah mudah dihaluskan.


Adonan tahu dan udang yang telah dilumatkan, bentuk seperti bola lalu simpan di lemari es sampai teksturnya padat dan tidak mudah hancur. Baru setelah itu balut dengan telur dan tepung roti. Simak resep lengkap bola tahu udang spesial dan hidangkan bersama saus sambal.


3. Tahu crispy, resep makanan ringan simpel



Tahu bertekstur kriuk ini juga tidak memerlukan banyak tahapan pembuatan. Kamu mampu mengolahnya dalam waktu kurang dari satu jam. Jenis tahu yang digunakan ialah tahu pong atau tahu Sumedang dengan kulit luar yang berwarna cokelat.


Kunci tekstur crispy pada sajian ini yaitu penambahan terigu cair dan kering pada kulit tahu. Cara menggorengnya pun perlu diamati biar tekstur kriuknya tahan usang. Resep tahu crispy bisa dicoba oleh semua orang, tergolong oleh kamu yang gres mulai belajar masak.


4. Jamur crispy, kriuk renyah yang membuatnagih


Tak cuma tahu, kamu juga mampu menciptakan olahan jamur bertekstur crispy. Camilan ini jadi salah satu jenis kue yang sering ditemukan di pinggir jalan. Kamu bisa menciptakan versi lebih spesial dengan resep jamur crispy saus kecap ini.


Jamur yang digunakan adalah jamur tiram. Namun, kamu juga bisa menggunakan jenis jamur lain, misalnya saja jamur kancing atau jamur shiitake. Agar teksturnya crunchy, tentukan untuk mengeringkan jamur apalagi dahulu dengan tisyu atau lap higienis sebelum digoreng.


5. Lumpia goreng, jaminan segera ludes disantap


Kudapan lain yang bisa disuguhkan dalam waktu relatif cepat yaitu lumpia goreng isi sayur. Pada resep lumpia goreng ini, tambahkan irisan udang dan daging ayam. Kaprikornus, rasanya lebih lebih gurih nan Istimewa.


Lumpia goreng lebih lezat dihidangkan selagi hangat. Kamu mampu menghidangkannya dengan saus sambal atau saus kecap yang nikmat. Disajikan sore hari bareng teh hangat, camilan ini akan sukar ditolak!


Demikian lima resep kudapan simpel yang bisa dibuat dalam waktu singkat. Bahan-bahannya mudah didapatkan, tahapan pembuatannya pun tak rumit. Yuk, coba di rumah!