Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Kiat Masak Yummy Dengan Bujet 50 Ribu

Memasak merupakan pilihan terbaik untuk berhemat dibandingkan mesti membeli makan di luar yang kebersihan makanannya belum pasti terjaga. Terlebih ketika harus berhemat, jelas belanja dan masak sendiri ialah pilihan yang lebih cocok untuk dompet. Nah, ingin makan yummy yang murah semarak? Berikut 5 kiat masak yummy dengan bujet 50 ribu rupiah saja.


1. Bubur ayam kuah kuning


Tips Masak Enak
Murmer dan membuatperut kenyang hingga makan siang datang. (Foto: Shutterstock)

Budaya sarapan sebelum memulai acara adalah yang paling penting untuk orang Indonesia. Salah satunya yang populer yaitu bubur ayam kuah kuning yang lengkap nutrisinya dan mudah dibuatnya. Agar lebih mudah di pagi harinya, semestinya kau menciptakan kuah kuningnya di malam sebelumnya.


Bahan-materi yang diharapkan yaitu: beras, ayam, bawang merah, bawang putih, Royco Kaldu Ayam, air, kemiri, jahe, ketumbar, kunyit, serai, daun jeruk, lengkuas, daun salam, garam, dan merica.


Berikut langkah menjadikannya:



  1. Masak beras yang sudah dicuci ke dalam rice cooker bersama air kaldu ayam. Ketika sudah menjelang matang, aduk-aduk bubur secara perlahan. Jika bubur masih tergenang air, kembali atur rice cooker ke mode “cooking”. Jika telah mengental menjadi bubur, angkat dan sisihkan.

  2. Untuk membuat kuah kuning: Tumis bumbu halus (bawang merah, bawang putih, kemiri, jahe, ketumbar, dan kunyit) bareng daun jeruk, serai, lengkuas, dan daun salam sampai harum. Masukkan ayam matang yang sudah disuwir-suwir. Tambahkan air dan aduk rata. Bumbui dengan garam dan merica, lalu masak sampai matang.

  3. Sajikan bubur dengan siraman kuah kuning.


2. Rendang ayam


Tips Masak Enak
Dengan resep ini, kau paling tidak membutuhnya setengah kilo ayam yang harganya tidak hingga 30 ribu! (Foto: Shutterstock)

Rendang ayam tidak kalah lezatnya dengan rendang sapi. Dengan resep ini, kamu mampu kok makan rendang meski belum gajian. Ada satu kiat dariku nih, beli bumbu giling yang telah siap pakai di pasar. Selain praktis, bumbu giling juga lebih ekonomis alasannya adalah kamu cuma berbelanja yang kamu butuhkan.


Bahan-materi yang kau perlukan: ayam, santan, bawang merah, bawang putih, daun salam, daun jeruk, serai, lengkuas, Royco Kaldu Ayam, ketumbar, merica, kemiri, kunyit, garam dan minyak sayur.


Berikut tindakan membuatnya:



  1. Cuci bersih ayam dan sisihkan.

  2. Tumis bumbu giling sampai harum kemudian masukkan daun salam, daun jeruk, serai dan lengkuas yang telah dimemarkan. Aduk hingga rata kemudian masukkan ayam.

  3. Masukkan santan secara perlahan. Aduk sambil bumbui dengan garam dan Royco Kaldu Ayam. Masak sampai matang. 


3. Tumis kangkung & udang


Tips Masak Enak
Enak dan tinggal ditumis. Semakin istimewa sebab perhiasan udang yang gurih. (Foto: Shutterstock)

Ini beliau sayur hobi orang Indonesia, murah semarak dan lezat dikonsumsi bersama nasi hangat. Tips masak enak dariku yaitu: selalu masak kangkung bersahabat dengan waktu santapnya. Selain itu, daun kangkung gampang berganti warna menjadi hitam. Agar lebih abadi, simpan dengan cara merendam akar kangkung di dalam mangkuk.


Bahan-materi yang kamu butuhkan: kangkung, udang, bawang putih, cabe merah, Royco Kaldu Ayam, garam dan air.


Berikut cara membuatnya:



  1. Tumis bawang putih dan cabai merah sampai harum.

  2. Masukkan udang dan masak hingga berubah warna. Masukkan kangkung dan aduk sampai rata serta tambahkan sedikit air. Bumbui dengan Royco Kaldu Ayam dan sedikit garam. Aduk sebentar lalu sajikan. 


4. Orek tempe pedas berair


Tips Masak Enak
Ingin lebih hemat? Masak dalam jumlah yang banyak kemudian simpan di dalam kulkas. Tinggal dihangatkan dikala ingin dimakan. (Foto: Shutterstock)

Tips masak lezat berikutnya yakni menggunakan tempe, masakan murah meriah kaya protein ini telah menjadi teman semua orang yang ingin makan lezat tapi tidak menyedot kantong.


Untuk memasak resep ini kamu memerlukan: Tempe, bumbu iris (bawang merah, bawang putih, cabai merah, cabai hijau, cabai rawit, daun salam, lengkuas), air, tepung maizena, Kecap Bango Manis, dan Royco Kaldu Ayam.


Berikut langkah menjadikannya:



  1. Potong dadu tempe kemudian goreng setengah matang. Sisihkan.

  2. Tumis bumbu iris dengan minyak hingga harum. Kemudian masukkan tempe dan tambahkan sedikit air. Sambil menanti mendidih, masukkan Kecap Bango Manis dan Royco Kaldu Ayam. Aduk-aduk sampai rata, kemudian kentalkan dengan larutan maizena. Setelah air mulai surut, angkat dan hidangkan.


5. Sop ceker ayam


Tips Masak Enak
Baik sebagai teman nyemil atau lauk makan malam, sop ceker ayam rasanya juara! (Foto: Shutterstock)

Sedang tidak terlampau ingin makan daging ayam? Kamu masih mampu makan cekernya yang sama-sama yummy.


Bahan-bahan yang dibutuhkan: Ceker ayam, bawang putih, bawang merah, daun bawang, seledri, jahe, Royco Kaldu Ayam, merica, air, dan garam


Berikut langkah menjadikannya



  1. Rebus ceker dalam panci presto bersama jahe, bawang putih dan sedikit garam, kemudian rebus selamat 25 menit. Jika kau tidak mempunyai panci presto, rebus lebih lama hingga ceker empuk.

  2. Tumis bawang putih dan bawang merah sampai wangi. Sisihkan.

  3. Panaskan ceker bersama kuah rebusannya. Masukkan tumisan bawang bareng merica dan Royco Kaldu Ayam. Aduk sampai rata, lalu masukkan daun bawang, seledri, dan merica. Biarkan mendidih kemudian angkat.


Demikian kiat masak yummy dariku kali ini. Semoga berfaedah ya. Makara jangan murung saat kantong sedang tipis, karena senantiasa ada cara untuk tetap makan enak!