Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Tips Masak Nasi Goreng Gaya Kedai Makanan China

Apa yang membedakan nasi goreng Indonesia dengan versi Chinese food? Salah satu perbedaannya yakni penggunaan kecapnya – versi Indonesia terkenal dengan kecap manisnya, sementara gaya China menggunakan kecap asin. Selain itu banyak hal lainnya yang membedakan dua gaya ini. Agar mendapatkan hasil yang optimal, simak 5 kiat masak nasi goreng khas China berikut ini.


Pemilihan jenis nasi untuk tekstur tepat


Tips Masak Nasi Goreng
Baik nasi sisa semalam atau nasi baru, pilih yang sesuai dengan bujet dan waktu yang kau miliki. (Foto: Shutterstock)

Tips masak nasi goreng yang pertama dimulai dari pemilihan nasi. Ini menjadi bagian terpenting semoga hasil masakannya mampu optimal. Ada dua tipe nasi yang bisa kamu gunakan, yaitu sebagai berikut:



  1. Gunakan nasi sisa semalam

    Biasanya nasi sisa semalam cocok untuk mengolah makanan nasi goreng. Tapi yang perlu diperhatikan dari nasi jenis ini adalah teksturnya yang lebih kering. Waktu memasak yang sempurna menjadi kunci penggunaan nasi kemarin agar karenanya optimal.

  2. Gunakan nasi yang telah dikipasi

    Punya waktu lebih? Masak nasi yang gres dan setelah matang, pribadi sebarkan nasi secara merata di atas nampan. Dinginkan nasi dengan mengibasi kipas sate sambil dicampur-aduk. Jika dirasa sudah cukup kering, angkat dan secepatnya masak.


Penggunaan bumbu dengan kadar berlawanan


Tips Masak Nasi Goreng
Nasi goreng khas China biasanya cuma memakai sedikit kecap asin. (Foto: Shutterstock)

Koki di dapur restoran China tidak menggunakan terlampau banyak saus ataupun kecap. Hal ini untuk menghindari warna nasi yang menjadi terlalu gelap serta rasa yang terlalu berat. Rasa gurih lazimnya didapatkan dari kecap ikan serta saus tiram. Berbeda dengan gaya Indonesia yang memiliki cita rasa kecap elok yang cukup kental serta sambalnya yang pedas.


Gunakan wok untuk memasaknya


Tips Masak Nasi Goreng
Wok menyalurkan panas dengan rata dan memberi hasil masakan yang lebih baik. (Foto: Shutterstock)

Untuk bermacam-macam jenis masakannya, orang Tiongkok memakai wok untuk mengolah makanan. Dengan menggunakan wajan jenis ini kau bisa memasak dalam waktu yang relatif singkat karena suhunya yang panas dan cocok untuk penggunaan api besar. Bentuknya yang besar dan membulat memudahkan kita untuk mengaduk-aduk kuliner. Meskipun terdengar mudah, tetap saja kuncinya yaitu tetap berlatih menggunakannya. Dengan sendirinya, hasil kuliner juga akan semakin mendekati kualitas yang seharusnya.  


Teknik memasak tanpa wok


Tips Masak Nasi Goreng
Memasak dengan panci lazimjuga tidak duduk perkara asalkan kau tahu triknya. (Foto: Shutterstock)

Tidak punya wajan wok? Tidak apa-apa, kau masih mampu memakai wajan penggorengan biasa. Berikut adalah beberapa saran dari Tim MAHI semoga hasilnya seperti dengan memakai wok:



  1. Gunakan panci yang berskala sedang atau besar. Hal ini untuk mempermudah kau memasak dan menghalangi makanan jatuh dikala digoreng.

  2. Setelah menumis materi-materi halus, kecilkan api kompor dan masukkan nasi. Aduk-aduk sampai bumbu dan nasi tercampur rata. Setelah dirasa cukup rata, besarkan api hingga optimal dan terus aduk nasi biar tidak ada yang melekat di dasar wajan.


Gunakan minyak yang sempurna


Minyak goreng yang kamu pakai untuk menumis memegang peranan penting untuk membuat cita rasa Asia. Minyak yang paling sempurna untuk mengolah makanan nasi goreng yaitu minyak sayur atau minyak kacang. Keduanya mempunyai titik didih yang tinggi sehingga tidak menciptakan masakan cepat gosong. Menggunakan minyak zaitun ataupun mentega akan menciptakan cita rasa yang berlawanan. Hasilnya bisa saja lezat namun rasanya menjadi kurang sahih.


Sekian tips masak nasi goreng dari kami di Tim MAHI dan wajib kamu coba mulai dari resep Nasi Goreng Hong Kong. Semoga berfaedah dan selamat mencoba!