Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Mengolah Makanan Kepiting Anti Ribet

Dari sekian banyak opsi seafood, terselip di antaranya kepiting, lobster, atau jenis-jenis krustasea yang lain seperti udang. Bisa dikatakan masak masakan udang lebih sering dibandingkan dengan kepiting. Alasannya bermacam-macam, mungkin alasannya adalah ketidaktahuan perihal cara memasaknya atau bisa saja alasannya terindimidasi dengan bentuknya. Apapun itu, saya ingin mengajak kamu menaklukkan perasaan itu dan mengembangkan tips mengolah makanan kepiting mudah.


Krustasea atau jenis seafood yang lazimnya berganti warna menjadi oranye dikala diolah memang dihargai cukup mahal. Udang selalu menjadi pilihan lebih murah sebab relatif mudah dimasak, lezat, dan tersedia dalam bermacam-macam jenis. Sementara yang memiliki kulit kuat dan capit mirip kepiting atau lobster, wah mungkin lebih lezat mencicipinya di kedai makanan kali ya jikalau kurang pede mengolahnya.


Padahal banyak cara mengolah masakan kepiting kok sahabat-teman. Memang awalnya aku juga ragu saat menghadapinya tetapi ternyata tidak yang semenakutkan itu justru. Bahkan kepiting hidup jauh lebih enak dikala kita berhasil mengolahnya.


Kuncinya yakni “menjinakkan” dulu kepiting sebelum dimasak. Paling gampang biasanya dimasukkan dulu ke dalam freezer atau kotak pendingin. Tidak lama, kepiting akan menjadi lesu dan gampang dikendalikan. Pada dikala itulah waktunya untuk dimasak.


Nah, kita baca yuk kiat memasak kepiting biar makan malam hari lebih istimewa!


1. Merebus kepiting


Metode ini yakni cara paling umum sekaligus paling mudah dalam mengolah kepiting. Cukup dengan mendidihkan air yang telah digarami di dalam panci besar apalagi dulu. Kemudian masukkan kepiting dan kembali didihkan air hingga kepiting matang dan mengambang. Lama merebus biasanya hanya sekitar 10-15 menit.


2. Mengukus kepiting


Mengukus ialah alternatif yang tepat untuk memasak kepiting. (Foto: Shutterstock)

Makanan yang dikukus senantiasa menjadi favoritku alasannya adalah konon selain lebih sehat, kandungan nutrisi lebih terjaga dibandingkan ketika dimasak dengan cara lain. Selain itu daging umumnya terasa lebih juicy.


Pertama siapkan panci kukusan dan tambahkan air garam secukupnya di dasar. Kemudian setelah panas, taruh kepiting di dalam panci kukusan. Tutup panci dan biarkan selama 15 menit kepiting terkukus di atas api sedang. Setelahnya ambil dengan menggunakan jepitan dan biarkan sejenak untuk sejuk semoga mudah mengambil dagingnya.


3. Membakar kepiting


memasak kepiting
Salah satu cara mengolah favorit untuk dicicipi di kedai makanan lazimnya yaitu dengan aben kepiting. (Foto: Shutterstock)

Salah satu yang selalu diincar dikala berkunjung ke kedai makanan seafood ialah kepiting bakar. Begitu banyak yang kombinasi rasa yang mampu dicoba mulai dari gaya tradisional hingga bumbu marinasi khas Barat. Meskipun masih terbilang cukup gampang, teknik membakar membutuhkan beberapa pemanis langkah dibanding cara yang lain.


Pertama-tama kepiting seharusnya direbus atau dikukus setengah matang terlebih dulu. Bersihkan dan marinasi kepiting dengan bumbu pilihanmu. Selanjutnya bakar kepiting di setiap sisinya kurang lebih selama 5 menit. Lumuri dengan bumbu marinasinya jika perlu supaya permukaan kepiting tidak kering dan menjadi sulit diangkat. Kepiting kemudian siap dinikmati!




Selain itu kepiting juga bisa diolah dengan cara dipanggang di oven, tetapi sesuai janjiku tadi di permulaan – kali ini kita akan mengolah kepiting tanpa ribet. Mudah-mudahan lain waktu kita mampu diskusikan lagi ya.


Nah, semoga tips singkat dariku bisa membantu kamu menaklukkan makhluk anggun yang satu ini. Setelah sukses, dijamin rasa percaya diri kau akan berkembangdua ratus persen!