Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ragam Kiat Masak Ikan: Dari Berbelanja Hingga Mengolahnya

Berbagai jenis ikan dan seafood rentan perkara kesegarannya. Ada perjalanan yang mesti kita tempuh dengan teliti mulai dari dikala membelinya hingga mengolahnya. Selain itu ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui juga soal cara menyimpannya. Nah, berikut aku bagi beberapa tips masak ikan supaya kualitasnya tersadar dan tetap segar hingga hingga waktu memasaknya.


Tips Berbelanja di Pasar


Jaga kesegaran ikan dengan memakai ice box selama perjalanan pulang. (Foto: Shutterstock)

Ikan segar maupun yang dibekukan dari swalayan semestinya kau beli sesaat saja sebelum meninggalkan tempat. Setelah saat ikan keluar dari bagian pendingin di supermarket menuju temperatur luar yang lebih hangat, maka kesegarannya sendiri sudah mulai berkurang.


Pastikan untuk menaruh ikan di dalam plastik terpisah agar cairan yang berceceran tidak mengontaminasi belanjaan yang lain. Kalau kamu lebih niat lagi, siapkan semacam kotak pendingin yang diisikan es — kecuali kalau rumahmu sungguh akrab dengan supermarket atau pasar ikan segar. Yang terpenting adalah jangan berlama-lama di luar setelah berbelanja ikan.


Tapi sebelum semuanya ini, pastikan bertanya dahulu soal kesejukan ikannya ya guys. Jangan hingga ada keraguan, terlebih ini akan berpengaruh tidak cuma pada rasa namun juga untuk kesehatan kau dan keluarga di rumah.


Tips Menyimpan Ikan


Selain selalu disimpan dalam keadaan dingin, seharusnya ikan dibersihkan terlebih dahulu. (Foto: Shutterstock)

Selain menyimpannya dalam es, ikan segar maupun beku semestinya pribadi dibersihkan sesampainya kita di rumah. Hal ini perlu dilakukan demi mempertahankan cita rasanya. Kalau sedang malas, sekurang-kurangnyaikan utuh mampu disimpan selama sehari sampai saatnya untuk dibersihkan. Tapi ini dengan catatan bahwa ikan selalu tersadar dalam keadaan hambar. Setelah simpulan membersihkannya, tentukan ikan selalu dalam keadaan dingin selama abad pembuatan.


Untuk kamu yang ingin memasaknya di lain waktu, ikan dapat disimpan apalagi dahulu selama beberapa usang di dalam kulkas. Setelah membersihkannya, bilas ikan dengan memakai air masbodoh dan keringkan dengan tissue dapur yang tebal. Lindungi ikan dengan cling wrap ataupun aluminum foil. Biasanya ikan bisa disimpan selama kurang lebih dua hari dengan cara ini.


Tips Masak Ikan


tips masak ikan
Apapun cara memasaknya, tentukan dulu kesegaran ikan dan cara mengolahnya yang baik. (Foto: Shutterstock)

Setelah membeli yang segar dan ikan telah disimpan serta dibersihkan dengan baik, sekarang ialah waktunya mengolah masakan!


Di bagian ini, Chef ingin menjelaskan beberapa teknik dasarnya. Bisa saja kita mengolah masakan menggunakan aneka macam resep berbeda ataupun bahan yang beragam, namun akan ada keadaan yang umum kita jumpai saat mengolah ikan. Nah, berikut yaitu 6 kiat masak ikan dari aku agar kesannya maksimal.



  1. Meski dibumbui segala rupa dan dimarinasi selama mungkin, ikan yang telah tidak segar tidak dapat dihidupkan kembali ya teman-teman. Kaprikornus pastikan kemungkinan yang satu ini sudah diantisipasi sejak permulaan.

  2. Ikan akan mudah hancur bila kita terlampau banyak membolak-balikkannya saat diolah. Cukupkan cuma membalikkan ikan yang diolah sesekali saja.

  3. Pastikan ikan dalam keadaan kering ketika akan dimasak. Adanya bagian lembab dapat menyebabkan ikan menjadi lembek sesudah diolah. Selebihnya gunakan wajan berkualitas dan biarkan minyak atau mentega panas terlebih dulu sebelum mulai mengolah makanan.

  4. Gunakan termometer masakan agar menjaga ikan dari keadaan terlalu matang. Ini juga akan menghindari kemungkinan bagian luar ikan matang sementara di dalamnya tidak.

  5. Mulai mengolah makanan ikan dari bagian kulitnya terlebih dulu jika hasil final yang ingin dicapai yakni kulit yang renyah. Jangan kebalikannya ya guys!

  6. Untuk yang mau membakar ikan, pastikan oven dalam kondisi higienis. Selain untuk mempertahankan rasa orisinil ikannya, kita tak mauikan tercampur dengan bau atau zat yang tersisa dari oven yang tidak higienis.


Nah, sesudah tahu bermacam-macam kiat ini, Chef berharap kamu telah mampu mempraktekkannya di rumah. Bahagiakan keluargamu dengan keahlianmu mengolah resep-resep ikan dan banyak sekali variasinya serta memakai bumbu-bumbu terbaik.


Selamat mengolah masakan!