Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Masakan Ini Lebih Simpel Diolah Dalam Slow Cooker

Slow cooker jadi penyelesaian untukmu yang ingin menjaga nutrisi makanan dikala mengolah masakan. Berbentuk seperti rice cooker, fungsi alat masak ini rupanya sangat beragam. Mulai dari memasak bubur hingga mengempukkan daging, semua mampu dilaksanakan oleh alat mutakhir ini.


Sesuai dengan namanya, slow cooker yakni alat masak terbaru yang memerlukan waktu usang untuk mematangkan kuliner. Namun ini bukanlah sebuah kekurangan. Menggunakan suhu yang rendah, kuliner yang dimasak dalam slow cooker diyakini dapat terjaga kualitas nutrisinya. Alat ini juga memiliki pengaturan waktu, sehingga para ibu di rumah tidak perlu takut masakan jadi gosong.


Makanan apa saja sih yang bisa kita buat? Yuk, simak ulasan berikut ini!


1. Sup Buntut Slow Cooker


Sop buntut lebih meresap bumbunya bila dimasak dengan menggunakan slow cooker.
Sup buntut kini terkenal dimasak memakai tata cara slow cooking. (Foto: Shutterstock)

Siapa yang mampu menghindar dari sup buntut yang empuk dan gurih? Kenikmatan sup buntut yang kamu kenal mampu kamu capai juga dengan mengolah makanan memakai alat ini. Cara pembuatannya pun lebih mudah!


Hal yang mesti diperhatikan yaitu waktu memasukkan bahan-materi ke dalam slow cooker. Pertama, masukkan buntut sapi yang sudah dibersihkan bersama tiga rempah inti ialah pala, cengkih, dan kayu elok. Atur waktu selama 3-4 jam dalam suhu tinggi.


Kemudian, kita bisa masukkan bumbu lain yang telah ditumis sebelumnya. Dalam waktu yang sama, masukkan juga sayuran seperti wortel dan kentang. Jika sayuran telah matang, sup buntut bisa segera dimakan.


2. Sup Ayam Kampung


Hangat dan sehatnya sup ayam kampung juga mampu kamu buat dengan slow cooker. Caranya sungguh gampang. Pertama, basuh ayam kampung hingga bersih. Lalu tumis bumbu secara terpisah.


Masukkan ayam dan bumbu ke dalamnya. Nyalakan pada temperatur tinggi selama 4-5 jam. Agar proses mengolah masakan lebih singkat, hindari buka tutup slow cooker alasannya adalah akan ‘mengusik’ suhu di dalamnya.


3. Bubur Ayam


Bubur ayam lengkap dengan topping dimasak dengan slow cooker.
Bubur ayam makin lezat bila diolah dengan slow cooker. (Foto: Shutterstock)

Kangen bubur ayam rumahan? Tak perlu mencampakkan waktu dengan mengaduk-aduk panci berisi beras dan air. Kamu bisa memasak bubur dengan lebih praktis menggunakan slow cooker.


Ada beberapa langkah yang harus dijalankan. Pertama, kita mampu menciptakan kaldu ayam apalagi dahulu secara terpisah. Selain kaldu, kita tumis bawang putih hingga kecokelatan. Kemudian, kita masukkan beras, kuah kaldu yang dibuat dari Royco Kaldu Ayam, tumis bawang putih, dan minyak wijen ke dalam slow cooker. Atur waktu sekitar 6-7 jam, final deh!


4. Iga Bakar


Kita juga mampu memasak iga bakar yang empuk nan legit memakai alat ini. Caranya tak jauh berlawanan dengan membuat chicken drum stick. Pertama, marinasi iga dengan bumbu andalanmu selama satu malam.


Kemudian, masukkan iga ke dalam slow cooker. Atur suhu rendah dalam waktu 3-4 jam. Setelah benar-benar empuk, kita panggang iga di atas wajan hingga agak kering. Iga bakar legit pun siap dihidangkan!


5. Chicken Drum Stick


Chicken drum stick panggang yang lezat.
Panggang paha ayam yang telah diolah dalam slow cooker biar menawarkan rasa smoky yang mengasyikkan. (Foto: Shutterstock)

Ingin mencoba masakan kontemporer? Kamu juga bisa menciptakan chicken drum stick yang juicy memakai slow cooker. Caranya cukup mudah. Pertama, marinasi paha ayam dengan bumbu andalan seperti saus tiram, bawang putih, dan lada debu. Masukkan freezer selama 1-3 jam.


Setelah itu, kita masukkan paha ayam ke dalam slow cooker. Atur suhu rendah dengan waktu 5-6 jam. Kamu juga bisa mengaturnya dalam suhu tinggi selama 3-4 jam. Setelah matang, panggang sebentar ayam di atas wajan antilengket sampai kecokelatan. Chicken drum stick pun siap dimakan!


Punya inspirasi masakan-masakan lain yang cocok dimasak dengan alat memasak yang satu ini? Waktunya untuk bereksperimen lebih banyak resep yang lain di dapur. Selamat mencoba!