Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Trik Memanggang Tanpa Panggangan Yang Mesti Kamu Tahu

Memanggang masakan tak mesti selalu memakai oven. Kita bisa berinovasi dan bereksplorasi dengan perlengkapan dapur yang ada. Beberapa makanan yang biasanya dipanggang dengan panggangan seperti macaroni schotel, brownies hingga roasted chicken juga mampu lho diolah tanpa oven.


Bagaimana ya caranya? Kali ini, kita akan membuatkan 5 trik memanggang tanpa oven yang bisa kau kerjakan di rumah. Yuk, simak alat-alat yang bisa kamu gunakan berikut ini!


1. Wajan Antilengket


Wajan antilengket sebagai substitusi dari oven.
Gunakan wajan antilengket sebagai pengganti oven. (Foto: Shutterstock)

Cara paling sederhana memanggang tanpa panggangan yakni dengan memakai wajan anti lengket. Beberapa masakan seperti roasted potato, pizza a la anak kosan, bahkan sayap ayam panggang mampu dimasak menggunakan wajan.


Sebelum dipanggang, masakan semestinya diolah terlebih dulu. Misalnya, bila kita ingin mengolah makanan roasted potato, maka seharusnya kita rebus dahulu kentangnya sampai matang lalu dibumbui dengan Royco Kaldu Ayam. Kemudian, panggang di atas wajan anti lengket dengan sedikit minyak hingga kulitnya berubah kecokelatan.


2. Double Pan


Ingin membuat roasted chicken yang juicy? Coba gunakan double pan atau wajan dua sisi yang mampu ditutup. Dengan bentuk yang tertutup, uap air akan tertahan dan menciptakan panas yang mau menciptakan daging menjadi matang.


Agar hasil maksimal, memanggang dengan double pan mesti menggunakan api yang kecil. Contohnya bila kita ingin membuat roasted chicken, langkah awal adalah memarinasi ayam dalam satu malam. Kemudian kemasan ayam dengan aluminum foil dengan menyertakan beberapa rempah kemudian panaskan dengan double pan memakai api yang kecil selama sekitar 30 menit – 1 jam.


3. Blow Torch


Blow torch sebagai pengganti oven.
Adalah ide yang anggun untuk berinvestasi berbelanja blow torch biar sajian di rumah tampil menawan . (Foto: Shutterstock)

Blow torch juga mampu mengambil alih oven untuk mematangkan makanan dalam waktu singkat. Bentuk blow torch berupa tabung gas kecil dengan penyemprot api di bagian ujungnya


Biasanya blow torch digunakan untuk melelehkan keju di atas makanan, melelehkan gula menjadi karamel, sampai memperabukan daging sehingga berwarna kecokelatan. Blow torch sangat cocok digunakan untuk kuliner kekinian seperti salmon mentai dan martabak mozzarella. Satu alat yang sangat erat kita lihat ketika mendatangi restoran sushi.


4. Rice Cooker


Rice cooker juga mempunyai fungsi yang bermacam-macam, salah satunya menggantikan fungsi oven untuk makanan tertentu. Beberapa kuliner yang bisa kau hasilkan dengan rice cooker yaitu macaroni schotel hingga brownies.


Namun, sedikit berlawanan dengan panggangan, hasil memanggang dengan rice cooker cenderung lebih lembap. Teksturnya juga menjadi lebih lembut dibandingkan makanan hasil dipanggang dengan oven. Untuk itu, makanan dengan teksur yang lembap mirip macaroni schotel, cocok diolah menggunakan rice cooker.


5. Panggangan Arang


Panggangan arang bisa menggantikan peranan oven.
Orang Indonesia niscaya telah erat dengan alat masak yang satu ini! (Foto: Shutterstock)

Sebelum kita mengenal panggangan, panggangan arang telah lebih dahulu dipakai oleh nenek buyut kita. Kita juga mampu menggunakan cara klasik ini untuk memanggang kuliner seperti ayam bakar atau steak daging.


Berbeda dengan oven yang memiliki panas merata, oven arang menunjukkan panas dari satu sisi saja. Suhunya juga lebih tinggi sehingga  membuat makanan memiliki imbas ‘hangus’ dengan rasa yang khas.


Nah, ternyata banyak cara yang mampu kita pakai dibandingkan dengan berinvestasi berbelanja alat masak yang satu ini. Simpan dulu keinginanmu dan menabung terlebih dulu, sementara kita bersenang-bahagia mengolah makanan dengan berbagai alat yang kita telah miliki terlebih dahulu!