Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Masakan Sehat Ibu Hamil Di Trimester Pertama Yang Wajib Kau Tahu

Hamil trimester pertama kadang menjadi dikala-dikala menantang untuk para ibu. Salah satunya ialah ketika memilih makanan sehat ibu hamil yang lezat dan tidak membuatmual. Pada tiga bulan pertama kehamilan, makanan berperan sungguh penting untuk pembentukan struktur badan dan otak. Memilki asupan masakan di dikala ini tidak mampu diabaikan.


Jenis makanan sehat ibu hamil


Ada beberapa kandungan penting yang diperlukan ibu hamil, mirip asam folat, zat besi, dan protein. Kandungan tersebut bisa kita dapatkan dari bahan makanan yang biasa kita peroleh sehari-hari. Berikut kuliner sehat ibu hamil untuk trimester pertama.


1. Brokoli


Sayuran hijau ini jadi salah satu makanan sehat ibu hamil yang mampu dimakan secara berkala . Brokoli mengandung kalsium, asam folat, vitamin C, sampai antioksidan yang dapat menunjang kemajuan janin. Misalnya saja kandungan vitamin K untuk pertumbuhan tulang. Selain untuk janin, brokoli juga membantu mempertahankan badan ibu. Kandungan zat besi dan asam folat menangkal terjadinya anemia pada ibu hamil.


Ada ragam masakan brokoli yang dapat dicoba. Agar tetap enak di lidah, kamu bisa menjajal resep tumis brokoli saus jamur atau sup krim ayam brokoli. Tambahan jamur atau ayam mampu melengkapi kebutuhan protein ibu hamil.


2. Ikan Kembung


Ikan kembung kukus asam cocok sebagai menu utama.
Ikan kembung kukus asam, opsi sehat sekaligus yummy. (Foto: MAHI)

Olahan ikan yang mengandung asam lemak omega-3 sungguh disarankan untuk ibu hamil. Selain salmon, kau juga bisa memilih ikan kembung. Dalam 100 gram ikan kembung terdapat 2,2 gram omega-3, sedangkan dalam 100 gram ikan salmon cuma tedapat 1,6 gram omega-3. Dengan harga yang lebih hemat biaya, kamu mampu menerima manfaat lebih banyak.


Namun, pastikan juga untuk memilih yang bermutu karena ada saja resiko kandungan merkuri. Pastikan juga memasaknya sampai sungguh-sungguh matang. Olahan yang bisa kamu buat di rumah yakni resep ikan kembung kukus.


3. Buah dengan Warna Berbeda


Untuk menyanggupi kebutuhan serat, ibu hamil juga dianjurkan untuk mengonsumsi buah-buahan. Beberapa buah yang boleh disantap ialah avokad, pepaya, kiwi, melon, mangga, dan stroberi. Sebaiknya, setiap hari ibu hamil mengonsumsi buah-buahan dengan kombinasi warna yang berlawanan semoga nutrisinya semakin lengkap.


Penyajian buah bisa sesederhana diiris-potong saja. Namun, jika ingin lebih cepat, ibu juga bisa menciptakan jus buah mirip jus alpukat, jus stroberi, ataupun jus jeruk. Hanya saja, hindari menambahkan gula yang berlebih ya, terlebih gula buatan. Jika ingin lebih anggun, ibu mampu juga tambahkan madu.


4. Kacang Hijau


Bubur kacang hijau klasik.
Inilah bubur kacang hijau klasik yang senantiasa dirindukan. (Foto: Shutterstock)

Kacang hijau mampu dikatakan superfood sebab memang padat gizi. Kacang hijau kaya akan serat, protein, asam folat, karbohidrat, dan mineral. Tak heran kalau dia masuk ke dalam daftar masakan sehat ibu hamil.


Protein pada kacang hijau menolong perkembangan organ tubuh janin. Karbohidrat pada kacang ini juga dapat memberikan energi yang stabil untuk ibu hamil. Lihat resep bubur kacang hijau yang lezat untuk makanan ringan yang sehat di pagi maupun sore hari.


5. Telur


Tak banyak waktu untuk mengolah masakan? Olahan telur mampu jadi solusinya. Telur dapat menolong menyanggupi keperluan protein ibu hamil. Kandungan kolin pada telur dapat membantu perkembangan jaringan otak juga mencegah terjadinya cacat bawaan lahir.


Ada ragam olahan telur yang bisa dibentuk di rumah. Sebaiknya, masak telur sampai matang biar terhindar dari basil. Resep telur gembung dan tahu telur bisa juga kau pilih.


Demikian lima masakan sehat ibu hamil yang mampu kamu coba. Jangan lupa konsultasikan keadaan kehamilan kepada dokter kandungan untuk mendapatkan saran yang lebih optimal.