Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Aneka Resep Gampang Dan Enak Dari Stok Bahan Di Kulkas

Belum sempat belanja materi masakan? Tak punya banyak waktu untuk mengolah makanan? Kita mampu mengolah resep gampang dengan stok materi di rumah. Nah, kali ini tim MAHI berbagi resep yang bahannya tidak rumit. Dengan materi-bahan mirip tahu, telur, bahkan tepung terigu, kita bisa kok menghasilkan kuliner yang lezat.


Resep mudah ini juga jadi ilham untuk bagi yang baru berguru memasak. Kita tidak perlu menggunakan rempah yang tidak senantiasa digunakan seperti pala, wijen, atau kapulaga. Cukup bawang merah dan bawang putih saja, kita mampu lho membuat menu yang menggoyang pengecap. Yuk, kita coba aneka resep berikut!


1. Resep Mudah Olahan Telur


Jika ditanya kuliner apa yang paling friendly untuk diolah menjadi beragam menu, mungkin salah satu jawabannya yakni telur. Masa kadaluarsa materi yang satu ini mampu berlainan-beda, tergantung cara kita menyimpannya. Telur mampu bertahan 4-5 minggu di kulkas, tetapi hanya bertahan sampai 3 ahad di suhu ruang sesudah pembelian. Selalu gunakan telur segar untuk rasa yang lebih bermutu.


Ada banyak olahan telur yang mampu kita buat. Salah satunya adalah resep telur dadar sayur. Proses memasaknya tak lebih dari 30 menit! Sajian lezat dan cepat ini mampu kita pilih untuk sarapan atau tambahan menu di meja makan.


2. Resep Ayam Tepung Popcorn


Satu piring berisi ayam popcorn terhidang bersama napkin dan garpu serta sendok dan pisau di atas meja kayu.
Ayam popcorn gurih dan Istimewa untuk camilan keluarga ini bisa dibuat sendiri di rumah dengan resep berikut ini. (Foto: Shutterstock)

Protein hewani yang cukup kondusif disimpan usang di kulkas, utamanya di freezer, yakni ayam. Menurut United States Department of Agriculture (USDA), ayam utuh dan segar yang disimpan di freezer mampu bertahan sampai satu tahun. Namun, jika telah diiris, cuma bertahan hingga 9 bulan saja. Sementara kalau disimpan di kulkas, ayam cuma bertahan 2-4 hari saja. Meskipun bisa disimpan, ada baiknya sih kita tetap membeli ayam segar dan eksklusif diolah pada hari yang sama.


Resep mudah berbahan ayam apa yang bisa kita buat dalam hitungan belasan menit? Banyak pastinya! Nah, kali ini tim MAHI membuatkan resep ayam popcorn. Tak cuma mudah, kuliner ini punya rasa yang spesial dan cocok pula dijadikan kudapan kalem di rumah.


3. Resep Nasi Goreng


Sepiring nasi goreng tersaji di atas piring hitam yang beralaskan taplak hitam dan didampingi berbagi potongan sayuran.
Sajikan nasi goreng pedas komplit bareng sayuran agar kian yummy! (Foto: Shutterstock)

Punya nasi sisa tadi malam? Saatnya kita olah menjadi nasi goreng! Sajian yang satu ini memang bisa dikreasikan sesuai dengan bahan-bahan yang tersedia di rumah. Ada ragam resep nasi goreng yang bisa kita buat, bergantung materi pendamping atau protein tambahannya. Salah satu resep nasi goreng termudah yakni resep nasi goreng spesial kecap.


4. Resep Semur Tahu


Bahan makanan lainnya yang lazimnya tersisa di kulkas yaitu tahu. Olahan kedelai ini memang fleksibel untuk disulap jadi kuliner apa saja. Bahkan, digoreng saja pun sudah bisa jadi sajian pendamping yang yummy. Setuju, kan? Nah, agar lebih Istimewa, kita bisa membuat semur tahu.


Mengolah semur tahu secara umum terdiri dari dua tahap. Pertama, kita goreng dahulu tahunya setengah matang, kemudian kita tumis dengan bumbu semur. Kita mampu memakai tahu kuning yang banyak dijual di pasaran. Lihat resep simpel semur tahu di sini dan hidangkan bareng nasi hangat.


5. Resep Oseng Tempe


Tak lengkap rasanya jikalau membahas tahu, tanpa tempe. Sama-sama yang dibuat dari kedelai, tempe juga masuk ke dalam daftar belanja sehari-hari para ibu di rumah. Mirip mirip tahu, tempe cukup fleksibel dimasak menjadi masakan apa pun. Kali ini, tim MAHI merekomendasikan menu oseng tempe yang super praktis.


Proses penyajian oseng tempe tak lebih dari 30 menit. Bumbu yang diharapkan juga cukup sederhana, cuma berisikan bawang putih, bawang merah, cabai, dan merica. Tentunya supaya makin enak, kita tambahkan Bango Kecap Manis. Resep oseng tempe ini bisa dicoba oleh siapa pun, tergolong yang belum pernah masak sekalipun.


Lima resep mudah di atas mampu menjadi hidangan andalan utama atau pun menu pendamping. Kita masih bisa menyuguhkan oseng tempe dengan ayam goreng, atau nasi goreng dan telur  ceplok, jadi jangan ragu untuk berkreasi di dapur. Yuk, kita masak!