Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Peralatan Masak Yang Wajib Dimiliki Jomblo Yang Kegemaran Di Dapur

Meski menyandang status jomblo, bukan berarti kau tidak mampu masak lezat. Toh, memasak untuk diri sendiri ialah perwujudan self-love yang paling fundamental. Yuk, mulai petualanganmu di dapur dengan memastikan dulu bahwa kau sudah memiliki perlengkapan dapur yang tepat dan seusai keperluan. Berikut Chef Panji rangkumkan 5 perlengkapan masak yang wajib dimiliki jomblo yang kegemaran masak.


1. Talenan


peralatan masak
Talenan yang terbuat dari materi kayu lazimnya berkualitas baik dan tidak licin. (Foto: Shutterstock)

Talenan kayu tersedia dalam banyak sekali ukuran dan materi. Fungsi dasar talenan adalah memperlihatkan ganjal untuk memotong atau mengiris materi kuliner. Chef sendiri lebih menggemari talenan kayu karena lebih kokoh dan tahan usang.


Banyak yang takut untuk memilih talenan kayu. Konon katanya talenan kayu lebih riskan kuman bila dibandingkan dengan talenan plastik. Kenyataannya, asalkan rajin dibersihkan talenan kayu tidak akan menjadi sarang kuman.


Ada satu tips lagi dari chef untuk kau yang ingin belanja perlengkapan masak. Khusus untuk talenan, seharusnya kamu mempunyai dua talenan untuk bahan masakan yang berbeda. Satu untuk sayur dan buah, dan satunya lagi untuk produk hewani seperti ayam atau daging. Ini untuk menjaga agar bahan makanan kau tidak saling mengkontaminasi dan meninggalkan wangi pada materi yang tengah kamu olah.


2. Wajan Anti Lengket


Meskipun tanpa memakai minyak, kamu bisa mengolah masakan telur dengan wajan anti lengket ini. (Foto: Shutterstock)

Ini ia peralatan masak yang terjangkau namun banyak fungsinya! Wajan anti lengket terang wajib kau miliki, khususnya untuk kalian yang suka memasak hidangan sarapan seperti telur, pancake, atau crepes.


Wajan anti lengket umumnya terbuat dari aluminum, sehingga lebih hemat biaya dibandingkan dengan iron cast skillet. Saat digunakan kuliner menjadi tidak menempel dan cocok digunakan untuk mengolah kuliner yang tidak membutuhkan waktu masak yang usang.


3. Sutil Kayu


peralatan masak
Sutil kayu paling seru digunakan untuk menumis. Aman alasannya tidak akan menggores permukaan panci. (Foto: Shutterstock)

Saat mengolah makanan, kamu mesti mengaduk, mencampur, dan merasakan masakan. Sutil kayu tidak akan menggores wajan penggorengan dan panci kau. Selain itu, sutil kayu juga tahan terhadap panas dan mudah dibersihkan. Jika dirawat dengan baik, sutil kayu bahkan bisa infinit sampai beberapa tahun lamanya.


Kelebihan sutil kayu lainnya yaitu ketika mengolah makanan materi makanan yang bersifat asam, mirip saus lemon atau saus tomat. Jika memakai sendok logam lazimnya akan meninggalkan rasa logam atau bahkan mengganti warna masakan. Kayu tidak reaktif seperti logam, sehingga lebih aman dan mempertahankan rasa aslinya.


4. Mangkuk Stainless Steel


peralatan masak
Mulai dari membuat salad, sampai mengolah masakan kue. Mangkuk stainless steel sungguh berguna! (Foto: Shutterstock)

Bagi seseorang yang sedang senang-senangnya mencar ilmu memasak, memiliki mangkuk stainless steel sama pentingnya dengan mempunyai talenan, pisau, atau panci. Fungsi mangkuk ini ada banyak! Kamu mampu menggunakannya sebagai daerah mencampur, menyimpan campuran, hingga mengaduk memakai mixer.


Chef sendiri lebih menggemari materi stainless steel, kenapa? Mangkuk dengan bahan ini juga tidak akan pecah ketika jatuh. Stainless steel lebih ringan dan tahan lama jika daripada beling. Selain juga pastinya sungguh gampang untuk dibersihkan.


5. Pisau


peralatan masak
Saat memilih pisau, pikirkan juga kenyamanan dikala kamu memegang gagangnya. (Foto: Shutterstock)

Pisau yang bagus adalah pisau yang mempunyai gagang dan mata pisau yang berkualitas. Pisau dengan gagang yang tenteram akan membuat pekerjaan memangkas kau lebih singkat dan aman.


Dari sisi ukuran, pisau dengan ukuran 8 inci adalah yang paling terkenal di kalangan koki rumahan. Pisau berskala 6 inci paling baik dipakai untuk aktivitas pengupas. Setelah berinvestasi lebih untuk pisau yang anggun, seharusnya kamu juga harus bisa untuk mengasahnya dari waktu ke waktu. Ingat, pisau yang tumpul itu jauh lebih berbahaya daripada pisau yang tajam.


Oke, supaya tips-kiat singkat dari chef mengenai peralatan masak ini berguna. Semoga menunjukkan dorongan semangat untuk masak dan have fun in the kitchen, guys! Selamat mencoba resep-resep dari saya juga ya.