Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Resep Ayam Goreng Yang Sederhana Tetapi Istimewa

Mengolah ayam memerlukan waktu yang cukup singkat dibandingkan daging sapi. Tak heran, bila ayam goreng masuk ke dalam daftar sajian favorit para ibu di rumah. Namun, agar tak membosankan, tak ada salahnya kita berkreasi dalam mengolah bumbunya.


Ada beragam jenis variasi yang mampu kita pilih. Mulai dari dicampur tepung sampai pelengkap lengkuas. Kamu mampu menghidangkan sesuatu yang berlainan di rumah meski menggunakan materi sehari-hari.


Berikut ini adalah lima nasehat resep untukmu!


1. Ayam Goreng Mentega


Meski sering hadir di restoran Chinese, ayam goreng mentega rupanya berasal dari peranakan Belanda. Mentega memang dibawa dari Eropa, meskipun banyak yang memakai margarin sebab lebih terjangkau. Namun, beberapa sumber menyebut masakan dipopulerkan oleh seorang chef dari China.


Ciri khas hidangan ini selain penambahan mentega yakni kehadiran kecap Inggris. Ditambah dengan kecap asin, kecap manis, dan merica menciptakan kuliner ini cocok dikonsumsi dengan hidangan Chinese yang lain mirip cap cay ataupun tumisan sayur. Ikuti resep ayam mentega yang satu ini dan suguhkan untuk keluarga tercinta!


2. Ayam Goreng Tepung


Resep Ayam Goreng Crispy yang Tidak Bisa Dilewatkan
Resep ayam crispy yang tidak bisa dilewatkan. (Foto: MAHI)

Ayam goreng tepung juga tak kalah jadi favorit. Penambahan tepung yang crispy di bab luar menyulap daging ayam jadi lebih Istimewa. Aygor tepung yang sering dijual di restoran fast food ini bisa kamu buat sendiri di rumah.


Biasanya, menu ini menggunakan ayam negeri semoga dagingnya tebal dan empuk. Selain rasanya lezat, kuliner ini cukup ringkas untuk dimakan. Untuk itu, kami merekomendasikan kuliner ini untuk bekal atau program kumpul keluarga. Resep ayam tepung ini bisa dibarengi oleh pemasak pemula. Yuk, kita coba!


3. Ayam Goreng Lengkuas


ayam goreng lengkuas tersaji
Nikmatnya ayam dengan kremesan lengkuas. (Foto: MAHI)

Jika kau menginginkan hidangan yang lebih tradisional, ayam goreng lengkuas jawabannya. Ayam dengan parutan lengkuas yang crunchy punya rasa gurih. Tentunya hidangan ini bakal susah ditolak!


Resep ayam lengkuas menggunakan bumbu kuning yang berisikan kunyit, bawang putih, dan bawang merah. Pilih ayam kampung atau ayam pejantan semoga rasanya lebih gurih. Sajikan olahan ayam ini selagi hangat bareng nasi putih dan sambal.


4. Ayam Goreng Kremes


Selain parutan lengkuas, kita juga mampu menggunakan adonan tepung terigu dan bumbu spesial lainnya sebagai kremesan. Populer disuguhkan di rumah makan, kamu juga bisa menghidangkan sajian ini di rumah.


Cara menciptakan ayam goreng kremes tak jauh berlawanan dengan ayam lengkuas. Kita memakai kunyit, bawang putih, dengan tambahan kemiri, serai, daun salam, dan jahe. Sisa bumbu ungkep ayam tersebut kita aduk dengan terigu, lalu goreng sebagai kremesan. Simak resep ayam kremes yang gampang dibarengi ini!


5. Ayam Goreng Kalasan


Pada dasarnya ayam goreng kalasan menggunakan bumbu kuning seperti pada umumnya. Sajian yang berasal dari tempat Kalasan erat Klaten ini memakai racikan kunyit, bawang putih, kemiri, dan ketumbar. Ada pula yang mengungkep ayam kalasan memakai air kelapa agar rasanya lebih gurih.


Tak hanya digoreng, ayam kalasan juga bisa dipanggang. Dengan bumbu yang kurang lebih sama, ayam yang sudah diungkep dengan bumbu kita panggang. Untukmu yang ingin berkreasi dengan sajian ini, resep ayam kalasan berikut bisa jadi andalanmu. Disajikan dengan sambal terasi dan nasi hangat, ayam kalasan siap menggoyang lidahmu.


Dengan aneka resep ayam di atas, menu ayam tak lagi monoton. Memasak dengan waktu ringkas,  mampu menciptakan sesuatu yang istimewa untuk keluarga. Selamat menjajal !