Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Resep Bakwan Yummy Dan Simpel Untuk Camilan Sore Ini

Siapa coba yang tak kenal bakwan? Gorengan khas Nusantara ini bisa disuguhkan untuk camilan sampai hidangan pendamping dikala makan besar. Tak heran bila camilan ini seringkali jadi primadona dan terdapat banyak resep bakwan. Cocok dirasakan ketika buka puasa atau sekedar menjadi pengganjal perut di sore hari.


Gorengan berbahan dasar tepung ini bisa juga dipadukan bersama bermacam-macam protein dan serat, mulai dari sayuran sampai udang. Cara membuatnya pun relatif sederhana dan kau mampu meraciknya sendiri di rumah.


Berikut adalah lima resep yang bisa kau ikuti!


1. Resep Bakwan Sayur


Satu piring berisi beberapa bakwan tahu dengan saus sambal.
Camilan lezat untuk keluarga di rumah. (Foto: Shutterstock)

Gorengan yang dalam bahasa Sunda bernama “bala-bala” ini sering kita temui di gerobak di pinggir jalan hingga warung kopi. Sayuran yang paling kerap dijadikan materi utama yakni kol dan wortel.


Kembang kol menunjukkan rasa gurih ekstra ketika digoreng, apalagi kalau dibumbui dengan pas bareng adonan. Jangan lupa untuk tambahkan sedikit Royco Kaldu Ayam supaya rasanya makin kaya. Kamu bisa mengintip resep bakwan sayur ini untuk membuatnya sendiri di rumah.


2. Bakwan Tahu


Selain sayuran, tahu juga mampu jadi bahan utama gorengan lezat ini. Kudapan yang juga disebut perkedel tahu ini kadang kala dijadikan sajian pendamping. Tahu yang dipakai mampu bermacam-macam, namun kami sarankan untuk memakai tahu kuning. Kita lumatkan tahu hingga hancur kemudian satukan dengan gabungan terigu.


Tantangannya adalah tahu mengandung air yang lumayan banyak sehingga mampu membuat gorengan ini bertekstur benyek hingga hancur dikala digoreng. Untuk itu, kamu tak perlu lagi tambahkan air, ya. Lihat resep bakwan tahu dan hidangkan untuk keluarga tercinta!


3. Bakwan Udang


Ote-ote udang tersaji dengan sambal kecap.
Bakwan udang yang nikmat dicocol di sambal kecap. (Foto: MAHI)

Jika ingin sajian yang lebih berenergi, saatnya membuat varian udang. Di Jawa Timur, menu ini disebut sebagai ote-ote udang. Namun intinya, materi terutama tak jauh berlainan adalah tepung terigu, sayuran, dengan tambahan udang.


Udang yang dipakai untuk gabungan ini biasanya yaitu udang peci. Jangan lupa untuk membuang kepalanya apalagi dulu ya sebelum dimasak. Sajikan udang dengan sambal kecap selagi hangat. Intip resep bakwan udang berikut yang mudah untuk diikuti.


4. Bakwan Jagung


Tak sah rasanya jikalau kita melupakan gorengan jagung. Kudapan yang juga disebut perkedel jagung ini sering dijadikan menu pendamping dan dijual di banyak daerah, mulai dari warteg hingga kedai makanan besar. Konon, yang paling terkenal berasal dari Manado.


Tentunya kamu juga mampu mengolah bakwan jagung sendiri di rumah. Pilih jagung yang elok semoga rasa gorengannya nanti makin gurih. Jagung cantik mampu didapatkan di pasar tradisional sampai supermarket. Hindari penambahan air pada gabungan terigunya, sebab jagung mengandung air yang mampu melumatkan adonan.


5. Bakwan Oncom


Ingin hidangan yang lebih unik? Yuk, kita coba resep yang satu ini. Oncom yang berasal dari Jawa Barat ini juga mampu dimasak menjadi gorengan. Dijadikan selaku camilan maupun hidangan pendamping, model oncom pantas dicoba.


Cara membuatnya mirip seperti bakwan tahu. Kita siapkan tepung terigu dan telur untuk merekatkan oncom dengan baik. Tambahkan juga cabe merah untuk memperbesar rasa pedas dan segar pada kudapan ini. Simak resep bakwan oncom dan sajikan sesuatu yang berlainan di meja hidanganmu.


Sudah tahu mau pilih yang mana? Lima resep di atas bisa diolah dalam waktu sekitar 30 menit saja. Masak cepat tapi tetap yummy bukan cuma tentang!