Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Tips Penting Belajar Masak Untuk Pemula

Kultur berkuliner jaman kini niscaya mendorong keinginan untuk masak. Permasalahan belajar masak untuk pemula biasanya diawali dengan pertanyaan memulai dari mana. Nah, kali ini saya akan berbagi beragam tips fundamental. Cocok untuk kamu yang ingin mengawali cita-cita mengolah masakan sampai kelak berkarir.


Kiat mencar ilmu masak untuk pemula


Setidaknya ada 6 langkah yang bisa kamu kerjakan untuk mengawali petualangan kamu di dapur secara konsisten. Yuk, secepatnya simak berikut ini!


1. Siapkan alat masak dan perlengkapan dapur yang esensial


Sekarang ini kian banyak alat masak yang ramah di kantong. Daripada mencari bahan logam atau brand premium, kamu mampu mengawali dari bahan silikon ataupun kayu. Setelah berinvestasi membeli kompor, siapkan pisau chef berkualitas yang bisa dipakai untuk segala keperluan. Selain itu, siapkan juga spatula untuk memasak ataupun whisk untuk mengaduk.


Lanjutkan dengan memilih aneka macam panci dan wajan. Pilihlah wajan yang agak dalam dengan diameter cukup lebar supaya mampu mengolah masakan berbagai jenis kuliner dengan satu alat saja. Misalnya kau mampu menumis sayuran, namun juga di lain potensi bisa menciptakan nasi goreng tanpa mesti takut belepotan. Jangan lupa untuk menentukan materi yang sedikit lebih berkualitas dibandingkan dengan yang umum di pasaran karena wajan antilengket yang kurang bermutu akan lebih cepat terkelupas.


Terakhir selain chopping boardopsional kamu juga mampu membeli sendok takar, gelas takar, mitten, dan alat-alat pendukung yang lain.


2. Kuasai teknik memasak yang basic


Ilmu memangkas akan jadi wawasan yang sungguh penting. Dengan mengetahui cara mengiris yang tepat serta cara mengolah berbagai bahan masakan, latihan setiap hari akan mengakibatkan kau semakin jago. Selain itu, mengenali cara memasak dari ilmu menumis hingga memanggang yaitu nilai plus tersendiri yang menjadikan masakanmu kian bermacam-macam.


3. Mulai dari resep mudah dan ikuti dengan baik


Seorang wanita tengah memegang telur dan mempelajari resep.
Mengikuti langkah dalam buku masak yakni modal permulaan memulai mencar ilmu mengolah masakan. (Foto: Shutterstock)

Meskipun memasak berlawanan dengan menciptakan dessert atau memanggang kudapan manis, bukan memiliki arti caramu membumbui menjadi sembarangan. Idealnya, pahami dulu dosis dan momen yang sempurna untuk menaburkan garam dan merica, contohnya. Ketahui besar api di kompor biar kuliner bisa renyah ataupun tidak hangus. Pelajari dari beragam channel YouTube mirip Masak Apa Hari Ini agar tahu lebih banyak soal resep kuliner yang yummy. Setelah terbiasa, kau akan lebih percaya diri dalam mengolah makanan.


4. Mulai dari mengolah masakan sarapan


Banyak yang bilang kalau berguru mengolah masakan seharusnya dimulai dari resep-resep sarapan. Ini betul adanya karena sajian makan siang ataupun malam cenderung lebih rumit. Kamu mampu mulai dengan mengolah makanan telur, bubur, ataupun menu nasi lainnya untuk makan pagi. Setelah lebih lama berlatih, kamu akan segera siap untuk menghidangkan lebih banyak porsian bahkan merambah ke menu-hidangan yang lebih sulit.


5. Biasakan menentukan materi yang segar


Susunan sayuran lengkap.
Bahan-materi segar ialah inti dari masakan enak. (Foto: Shutterstock)

Memang mudah untuk meminta tolong dibelikan ataupun membeli di swalayan. Dengan menguasai cara-cara menentukan materi segar, maka kamu akan makin berpengalaman dan menikmati hasil balasannya. Seperti yang kita ketahui, mengolah masakan dengan menggunakan bahan-bahan segar akan menjadikan hasil masakan semakin yummy dan sehat. Tidak hanya itu, kau juga akan peka terhadap perbandingan harga dan kian ahli untuk menawar. Hanya saja jangan terlampau kelewatan menawar, ya.


6. Biasakan semoga dapur higienis setiap dikala


Menjaga kebersihan dapur yaitu salah satu titik krusial keberhasilan sebuah bisnis restoran. Contoh ini mampu kita terapkan di rumah dan banyak faktor yang bisa kita pelajari. Misalnya saja yang paling simpel yaitu mempertahankan semoga daging mentah tidak bersentuhan dengan bahan makanan yang lain. Kontaminasi silang ini mampu rawan menjadikan masakan tidak higienis.


Selain itu, penggunaan cutting board juga diadaptasi dengan keperluan. Misalkan warna merah untuk daging, kuning untuk sayuran, dan biru untuk seafood. Selain itu, tentukan permukaan tempat mengolah materi kuliner selalu bersih sesudah digunakan untuk menyingkir dari kontaminasi. Sesudah memasak, biasakan untuk segera mencuci panci, wajan, dan peralatan yang lain biar selalu bersih dan tidak mengundang satwa yang tidak diharapkan.


Nah, dari keenam kiat ini maka wawasan berguru masak untuk pemula semakin lengkap dan kamu siap berkarya saban hari di dapur. Siapkan makanan bermutu biar kesehatan keluarga tetap tersadar. Lebih jauhnya, masih banyak teknik-teknik lain yang mampu kau pelajari supaya mengolah masakan menjadi suatu pengalaman yang begitu berwarna. Selamat berpetualang!