Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Faedah Jus Tomat Untuk Kesehatan Yang Perlu Kau Ketahui

Siapa yang tak kenal tomat? Makanan yang sering disebut buah dan sayur sekaligus ini bisa kita dapatkan di aneka macam negara. Tomat mampu diolah menjadi kuliner maupun minuman. Salah satunya ialah jus tomat. Ada ragam manfaat jus tomat yang mampu kita dapatkan jika rutin mengonsumsinya.


Tomat kaya akan vitamin dan mineral yang berguna untuk tubuh, seperti vitamin A, vitamin C, serat, dan vitamin K. Salah satu kandungan yang paling penting pada tomat yaitu likopen adalah pigmen yang memberikan warna merah.


Nah, kandungan likopen pada tomat justru akan lebih tinggi saat tomat dimasak baik itu dimasak maupun dijus. Seperti apa efek likopen dan faedah jus tomat untuk kesehatan tubuh? Yuk, kita simak ulasannya berikut ini!


1. Menjaga kesehatan mata


Tomat mengandung vitamin A yang bagus untuk mempertahankan fungsi pandangan kita Selain itu, likopen pada tomat juga dapat membantu mencegah katarak serta kebutaan pada lansia bila dikonsumsi secara berkala .


2. Menjaga kesehatan tulang


Tumpukan tomat segar
Ragam faedah yang bisa kita dapatkan dari jus tomat. (Foto: Shutterstock)

Kandungan vitamin D pada tomat mampu membantu menjaga kekuatan tulang pada badan. Fungsi ini juga disokong oleh keberadaan likopen. Likopen menolong mencegah kerusakan jaringan pada tulang sehingga lebih padat dan kuat.


3. Merawat kesehatan kulit


Manfaat jus tomat selanjutnya yang bisa kita dapatkan adalah perlindungan kulit dari radikal bebas atau paparan sinar UVA dari matahari. Manfaat ini juga kita peroleh dari pigmen likopen, lho. Likopen juga mampu membantu memperbaiki kerusakan kulit balasan sinar matahari.


4. Manfaat jus tomat menolong menurunkan kolesterol


Tangan mengiris tomat dengan pisau
Pilih tomat segar untuk dibuat jus. (Foto: Shutterstock)

Jus tomat juga dapat membatu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Untuk menerima hasil optimal, dianjurkan untuk meminum dua gelas jus tomat per hari. Kandungan vitamin B pada tomat juga membantu mempertahankan kesehatan jantung.


5. Mendetoks tubuh


Manfaat jus tomat bagi badan berikutnya yaitu untuk detoksifikasi. Kandungan klorin dan welirang pada tomat menolong membersihkan ginjal dan memajukan fungsi hati sehingga proses pembuangan zat-zat yang tidak dibutuhkan oleh tubuh menjadi lebih tanpa hambatan.


6. Melancarkan pencernaan


Tomat juga kaya akan serat yang menolong proses pencernaan dalam badan. Untuk itu, tomat kadang kala disarankan untuk para pelaku pembatasan makanan alasannya adalah beliau menolong menanggulangi penumpukan lemak pada badan.


7. Mengurangi resiko kanker


Kandungan likopen pada tomat menolong menangkal kerusakan pada sel-sel dalam badan sampai menghalangi berkebangnya sel kanker. Sebuah studi menyebut bahwa konsumsi likopen termasuk tomat dapat menurunkan risiko kanker paru-paru dan kanker prostat.


Demikian faedah jus tomat yang dapat kau dapatkan dengan mengonsumsinya secara teratur. Namun, pastikan kau juga tidak meminum jus tomat secara berlebihan ya alasannya kandungan sodium yang tinggi sehingga tidak direkomendasikan untuk mereka yang sedang melakukan pembatasan makanan garam.


Yuk, lihat juga resep-resep masakan menggunakan tomat yang bisa kau coba!