Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Tips Sahur Sehat Supaya Puasa Besar Lengan Berkuasa

Di bulan berkat tahun ini, Chef mau mengembangkan lima tips sahur sehat supaya puasa besar lengan berkuasa. Seperti yang kita tahu, selain sarat pesan tersirat, bulan mulia juga sarat godaan. Mulai dari godaan lapar hingga godaan yang tiba dari aneka es hambar atau takjil yang menghiasi sudut jalanan. Agar puasa kamu kian afdol, ayo coba lima kiat dari aku berikut ini ya!


Kurangi makan gorengan dan cantik-manis


5 Tips Sahur Sehat Biar Puasa Kuat
Berbuka dengan buah jauh lebih sehat dibandingkan gorengan. (Foto: Shutterstock)

Waduh, belum apa-apa telah disuruh mengurangi makan gorengan. Padahal gorengan adalah salah satu makanan yang paling gampang ditemukan di bulan puasa. Gorengan dan makanan manis memang yummy, namun kedua masakan ini dapat mengembangkan gula darah kamu secara drastis! Gorengan dan masakan bagus juga mengakibatkan kau lebih cepat haus.


Solusinya? Dalam sepekan, coba dahulu batasi konsumsi gorengan dan makanan elok kamu. Selain lebih sehat, menjalani puasa juga akan jadi lebih mudah.


Ganti kopi dengan teh


5 Tips Sahur Sehat Biar Puasa Kuat
Teh juga lezat kok! Tambah belahan lemon supaya kian segar. (Foto: Shutterstock)

Namanya juga orang kantoran, niscaya rasanya lesu bila belum ketemu kopi. Sayangnya, ritual minum kopi ini mampu mensugesti puasa. Kopi mengandung kafein yang dapat mengakibatkan gejala penyakit maag. Kopi juga bersifat diuretik yang memiliki arti dapat menstimulasi kandung kemih, sehingga menyebabkan buatan urine berlebih.


Solusinya? Kurangi konsumsi kopi kau dan ganti dengan teh. Meski sama-sama mengandung kafein, teh masih lebih ringan dibandingkan dengan kopi.


“Trik” perut kau dengan cara ini


Sama seperti kalian, saat-dikala menunggu jam berbuka yakni yang tersulit. Perut masih mampu diajak kompromi, tapi mata? Duh bawaannya ingin makan apa saja yang terlihat di depan mata! Lapar mata ini ialah pemicu kenaikan berat badan di bulan rahmat yang umum terjadi. Ketika perut hanya mampu menampung satu mangkuk nasi, tetapi mata berkata lain. Alhasil mesti beli celana gres untuk Idulfitri nanti.


Salah satu kiat sahur sehat semoga puasa besar lengan berkuasa ialah meredakan lapar mata. Pertama, sibukkan diri kamu. Ada banyak acara yang bisa kau lakukan agar tetap produktif. Misalnya saja latihan ringan dengan berlangsung kaki di sekitaran tempat kerja selama 30 menit. Kalau jalanan di sekitaran kantor kurang mencukupi, kau bisa melakukan hal lain mirip menyusun hidangan sahur atau membaca buku. Intinya, sibukkan diri kamu dengan cara yang produktif.


Rayakan dengan makan malam bareng keluarga


5 Tips Sahur Sehat Biar Puasa Kuat
Apapun makanannya, berbuka puasa bersama keluarga dijamin lebih lezat! (Foto: Shutterstock)

Tips sahur sehat semoga puasa besar lengan berkuasa yang satu ini ialah favoritnya Chef! Kalian pastinya ingat periode-abad pertama kali menjalani puasa penuh dikala kecil dulu. Agar puasanya tanpa gangguan, orang bau tanah kita biasanya menawarkan imbalan berupa kado atau kuliner lezat.


Nah, kenapa kita tidak melakukan hal yang sama? Agar puasa kian nikmat, ‘hadiahi’ diri sendiri dengan makan malam istimewa bareng keluarga di rumah. Meski menunya sederhana, berbuka puasa bersama keluarga akan jauh lebih nikmat dan istimewa!