Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Peralatan Dapur Modern Yang Kamu Perlukan Di Rumah

Peralatan dapur mengalami kemajuan dari tahun ke tahun. Seiring pergantian zaman, ada banyak peralatan dapur modern yang memudahkan para ibu di rumah untuk mengolah makanan lebih cepat dan efisien. Jika dulu menanak nasi perlu waktu hingga satu jam di atas tungku, sekarang memasak nasi hanya perlu 10 menit saja di rice cooker sebagai contohnya.


Namun selain rice cooker, perlengkapan dapur apa lagi ya yang menawarkan akomodasi dan efisiensi waktu? Berikut kami rangkum tujuh peralatan dapur modern dan esensial yang perlu kamu miliki.


1. Multi Cooker


Multi cooker mampu disebut selaku versi mutakhir dari rice cooker. Punya bentuk yang seperti, multi cooker memperlihatkan fungsi yang lebih beragam dari rice cooker. Seperti namanya ‘multi’, produk ini mampu kamu gunakan untuk menggoreng, memanggang, sampai mengukus makanan.


Harga peralatan dapur ini pun pasti lebih mahal dari rice cooker lazimnya . Tertarik punya ‘robot kecil serba bisa’ ini?


2. Knife Sharpener


Knife sharpener, peralatan dapur paling penting.
Jangan lupa investasi peralatan dapur seperti knife sharpener yang akan sungguh membantumu. (Foto: Shutterstock)

Mengasah pisau sudah dikenal dari zaman dulu kurun. Namun, cara mengasah pisau kian meningkat dan kemudahannya makin terasa. Jika nenek kita zaman dulu mengasah pisau menggunakan watu, sekarang ada peralatan dapur khusus yang terkenal dengan sebutan ‘knife sharpener’.


Bentuknya cukup bervariasi, namun yang paling biasa didapatkan yaitu knife sharpener berupa panjang mirip pisau besar. Bahkan ada juga sejenis knife sharpener yang memungkinkan kita mengasah dua pisau sekaligus!


3. Slow Press Juicer


Siapa yang tak suka minum jus? Minuman segar dari buah ini menjadi alternatif untuk kau yang malas makan buah. Kini, perlengkapan dapur pembuat jus telah sungguh beragam. Salah satu yang sedang jadi primadona ialah Slow Press Juicer. Mesin ini mengolah buah-buahan atau sayuran dengan lebih lambat sehingga nutrisinya dinilai lebih tersadar.


4. Air Fryer


Jika kamu tak bisa lepas dari gorengan,maka air fryer mampu masuk ke dalam daftar peralatan dapur incaranmu. Peralatan dapur ini bisa menggoreng masakan tanpa minyak. Jadi lebih sehat kan? Air fryer memakai udara panas berkecepatan tinggi sehingga bisa membuat masakan matang dan bertekstur renyah seperti digoreng.


5. Steam Oven


Steam oven, peralatan dapur untuk memasak makanan sehat.
Steam panggangan yaitu pilihan sempurna dan sehat pengganti fan oven yang tradisional. (Foto: Shutterstock)

Steam panggangan juga menjadi penyelesaian untuk kamu yang ingin hidup sehat. Berbeda dengan oven biasa, steam oven perlu menyertakan air untuk menyempurnakan proses pematangan. Uap panas yang diberikan oleh air diandalkan bisa membuat tekstur masakan lebih terjaga nutrisinya. Kekurangan steam panggangan hanyalah tidak bisa membuat kuliner tampakkecokelatan seperti layaknya dipanggang dalam oven biasa. Meskipun demikian, alat ini akan banyak membantumu dalam proses masak sehari-hari.


6. Peralatan dapur untuk pemotong kentang goreng


Mesin pemotong kentang goreng untuk resep French fries.
Dengan alat ini, mempersiapkan French fries menjadi lebih gampang. (Foto: Shutterstock)

Tak punya waktu mengupas dan memotong kentang? Serahkan saja pada peralatan dapur yang satu ini. Alat pemotong kuliner instan telah banyak variasinya. Kini, kau juga bisa memotong kentang untuk membuat french fries dalam hitungan detik saja. Memasak jadi semakin praktis!


7. Bread Maker


Bread Maker atau alat pembuat roti secara instan juga semakin banyak disenangi. Para ibu sudah tidak butuhlagi menguleni materi roti dan takut adonan tidak mengembang. Kita hanya perlu memasukkan bahan-materi ke dalam bread maker. Secara otomatis, peralatan dapur modern ini akan membantu proses pelumatan adonan, fermentasi, hingga pemanggangan. Praktis bukan?




Ngomong-ngomong, perlengkapan dapur modern mana nih yang mau kau investasikan terlebih dahulu? Pastikan untuk memulainya dengan alat masak yang kamu butuhkan sehari-harinya terlebih dahulu. Perhatikan juga tips membeli macam-macam panci sesuai fungsinya ataupun cara mengolah makanan dengan rice cooker yang seru. Selamat mengolah makanan!