Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Faedah Air Kelapa Untuk Kesehatan Kita Sehari-Hari

Selain menyegarkan dahaga, manfaat air kelapa masih banyak lagi untuk tubuh kita. Ada banyak observasi yang mengungkap manfaatnya untuk kesehatan sampai keayuan kulit. Namun untuk mendapatkan segala manfaat itu, perlu tentunya meminum air kelapa secara berkala . Ada beberapa waktu yang tepat untuk mengonsumsi air kelapa, mirip di pagi hari sebelum sarapan, sebelum atau setelah olahraga, dan sebelum tidur.


Di Indonesia, air kelapa cukup mudah dan murah ditemukan. Kita mampu membelinya di pasar tradisional, swalayan, bahkan di warung pinggir jalan. Nah, apa saja manfaat air kelapa untuk kesehatan jika kita meminumnya secara rutin? Yuk, simak ulasan berikut ini!


1. Manfaat air kelapa dalam menghidrasi tubuh


Tubuh membutuhkan cairan yang cukup banyak agar organ-organ dapat berfungsi dengan baik. Ion pada air kelapa mampu mengambil alih elektrolit badan yang terbuang dalam keringat maupun urin. Air kelapa merupakan isotonik alami yang memiliki keseimbangan elektrolit yang serupa dengan darah kita.


2. Membantu metabolisme tubuh


Jika badan sudah terhidrasi dengan baik, proses metabolisme akan berjalan dengan lebih lancar. Intinya, makin baik metabolisme tubuh, kian banyak lemak yang bisa dibakar. Jika kita konsisten menghidrasi tubuh dan memperbaiki metabolisme, maka tentu kita mampu mencegah kegemukan. Dengan mengonsumsi secara rutin tetapi tidak berlebih, maka ujaran ‘bye-bye lemak’ bukan lagi hanya keinginan belaka.


3. Membantu proses pembatasan makanan


Manfaat air kelapa untuk diet.
Air kelapa yakni pilihan tepat untuk mendukung acara dietmu. (Foto: Shutterstock)

Nah, siapa yang punya sasaran menurunkan berat badan? Air kelapa memperlihatkan rasa kenyang, padahal kandungan karbohidratnya relatif sedikit. Selain itu, air kelapa juga tidak mengandung lemak dan kolesterol sehingga cocok untuk menolong proses diet dan detoksifikasi badan.


4. Mencegah gangguan pencernaan


Air kelapa memiliki enzim alami yang menolong proses pencernaan kuliner. Kita bisa meminum segelas air kelapa kalau mengalami dilema pencernaan, seperti diare. Kandungan elektrolit dalam air kelapa juga mampu mengganti cairan tubuh yang terbuang sebab diare.


5. Meningkatkan kekebalan tubuh


Air kelapa mengandung asam laurat yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Berbagai kandungan berguna lainnya dari air kelapa yaitu fitohormon, sitokinin, kinetin, trans-zeatin yang mempunyai sifat anti-kuman, anti-aging, bahkan anti-kanker.


6. Membantu menertibkan tekanan darah


Manfaat air kelapa untuk tekanan darah.
Konsumsi air kelapa dapat menolong meregulasi tekanan darah. (Foto: Shutterstock)

Air kelapa juga bisa menjadi obat bagi penderita hipertensi. Kandungan kalium, magnesium, dan vitamin C pada air kelapa muda mampu menolong tubuh meregulasi tekanan darah. Sejumlah penelitian memperlihatkan air kelapa mampu membantu menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi, jika diminum secara rutin.


Tentunya belum cukup hingga di situ saja dong enam kegunaan yang jago bicara soal air kelapa. Olahannya mirip santan bahkan setidaknya memiliki dan mampu dimanfaatkan untuk membuat 7 resep rendang. Nah, bagaimana? Sudah siap untuk mereguk segudang manfaat air yang diproduksi dari salah satu jenis superfood ini?