Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Menu Makan Malam Yang Nggak Bikin Gendut

Sepulang kerja, paling yummy menyantap menu makan malam di rumah sambil leyeh-leyeh melepas lelah. Untuk santap malam, saya menentukan masakan yang rendah kalori namun punya kandungan protein yang mencukupi. Diantara kalian, siapa coba yang lebih menentukan untuk pribadi tidur dan melalaikan makan malam karena takut gemuk? Padahal tidur dengan perut kosong kadang berujung insomnia, dan risikonya malah termakan untuk ngemil.


Makara, ingin menikmati sajian makan malam tanpa rasa bersalah? Berikut aku bagi 6 menu makan malam yang nggak bikin kamu gendut.


Miso Shiitake Ramen


6 Menu Makan Malam yang Nggak Bikin Kamu Gendut
Hujan-hujan makan Miso Ramen ini membuatadem! (Foto: Shutterstock)

Ramen tinggi karbohidrat? Siapa bilang? Seperti kuliner lain, kalau tidak dimakan berlebihan, ramen tidak akan menciptakan kau gemuk. Untuk resep ini, kau hanya memerlukan ramen sebanyak 200 gram saja. Untuk menu miso shiitake ramen ini kau akan memerlukan: kaldu ayam bubuk, jahe, cabai merah, bawang putih, pasta miso, ramen siap masak, minyak sayur, jamur shiitake, bawang daun, pak choy, soy sauce dan minyak wijen.


Untuk sajian ini kamu membutuhkan 4 langkah saja:



  1. Panaskan air yang diaduk dengan kaldu ayam dan tambahkan irisan jahe, cabe dan bawang putih. Didihkan perlahan selama 10 menit. Buang jahe, cabai dan bawang putih. Masukkan miso dan aduk hingga larut.

  2. Di panci terpisah, masak ramen hingga matang lalu tiriskan dan bilas dengan air dingin.

  3. Panaskan minyak sayur dalam panci dan tumis cabai, jamur, bawang putih, bawang merah, irisan jahe dan pak choy selama 3 menit. Tambahkan soy sauce dan minyak wijen, dan masak sebentar.

  4. Langkah keempat, susun tumisan sayur dan mie di dalam mangkuk. Lalu tuang kaldu mendidih dan taburi dengan daun bawang hijau. Tambah dengan suwiran daging atau telur sesuai dengan selera kau.


Nasi Goreng Kunyit


6 Menu Makan Malam yang Nggak Bikin Kamu Gendut
Nasi goreng kunyit ini ‘naik kelas’ karena menggunakan bumbu kunyit. (Foto: Shutterstock)

Bingung mau masak apa ketika isi kulkas hampir kosong? Masak nasi goreng kunyit saja! Untuk menu makan malam dengan 279 kalori ini kau memerlukan: minyak sayur, jamur shimeji, jahe, kunyit, cabai merah, bawang putih, daun jeruk, brokoli, nasi sisa semalam, telur, dan bawang daun.


Berikut yaitu 4 langkah membuatnya:



  1. Panaskan minyak dalam wajan, tambahkan jamur dan tumis selama 5 menit. Tambahkan jahe, kunyit, cabai, bawang putih, daun jeruk, dan dibarengi dengan brokoli. Tumis selama 1 menit.

  2. Masukkan nasi, aduk rata dan tambahkan beberapa sendok makan air. Tutup panci selama 1 menit, aduk berulang kali agar tidak lengket.

  3. Goreng telur di penggorengan terpisah dengan sedikit minyak sayur.

  4. Kembali ke wajan berisi nasi. Tambahkan daun bawang, wortel, ketumbar dan garam. Aduk dan sajikan.


Korean Fried Cauli Rice


“Nasi goreng” yang terbuat dari bunga kol saat ini sedang hits lho! Untuk membuat menu makan malam dengan 314 kalori ini kamu membutuhkan: bunga kol yang sudah dihancurkan, minyak wijen, wortel, brokoli, minyak sayur, telur, daun ketumbar, bawang daun, pasta gochujang, soy sauce, bawang putih, dan jahe.


Empat langkah saja yang kamu perlukan untuk membuatnya, selaku berikut:



  1. Panaskan wajan lalu masukkan bawang putih, kembang kol, minyak wijen, dan sedikit garam. Tumis selama 10 menit sampai berwarna kecoklatan.

  2. Dalam mangkuk masukkan pasta gochujang, soy sauce, bawang putih, dan jahe. Tumis bersama brokoli dan wortel selama 2 menit lalu masukkan tumisan kembang kol.

  3. Goreng telur di penggorengan terpisah dengan sedikit minyak sayur.

  4. Sajikan nasi bareng telur.


Miso Soup dengan Tahu Goreng


Menu makan malam rendah kalori yang satu ini paling sesuai dikonsumsi saat demam isu hujan. Untuk hidangan ini kau membutuhkan: air kaldu ayam, jamur shiitake, pasta miso, jahe, bawang putih, tahu, minyak wijen, kale, biji wijen dan nori.


Berikut adalah cara menjadikannya:



  1. Hangatkan kaldu, masukkan jamur, miso, jahe, dan bawang putih dalam panci. Didihkan selama 5 menit.

  2. Panaskan wajan di atas api sedang. Goreng tahu dengan minyak sayur sampai permukaannya agak kecokelatan.

  3. Msukkan kale ke dalam kaldu dan masak selama 2-3 menit.

  4. Buang bawang putih. Masukkan sup ke dalam mangkuk, hiasi dengan tahu dan nori.


Slow Cooker Chicken Soup


Sehabis bekerja seharian, paling enak makan yang hangat-hangat! Untuk hidangan slow cooker chicken soup ini kau membutuhkan: air kaldu ayam, wortel, bawang bombay, daun thyme, bawang putih, dada ayam tanpa tulang, garam, merica, jagung, dan beras merah.


Untuk hidangan ini kamu hanya perlu memasukkan seluruh materi ke dalam slow cooker dan masak selama 6-8 jam dalam mode ‘low’. Tambahkan jagung dan beras merah di 15 menit terakhir waktu mengolah makanan.


Tumis Ayam Brokoli Madu


Warna warni yang menciptakan lapar. (Foto: Shutterstock)

Ayam dan brokoli adalah kombinasi enak yang mengenyangkan meski dimakan tanpa nasi. Untuk hidangan makan malam dengan 256 kalori ini, kau memerlukan: biji wijen, soy sauce, madu, lemon, minyak wijen, tepung maizena, minyak zaitun, dada ayam tanpa tulang, bawang bombay, jahe, brokoli, dan merica.


Kali ini membuatnya hanya perlu 3 langkah saja:



  1. Kocok kecap, madu, jus lemon, minyak wijen, dan tepung maizena hingga rata lalu sisihkan.

  2. Di atas api sedang, panggang biji wijen selama 2 menit. Tempatkan biji yang sudah dipanggang dalam mangkuk dan sisihkan.

  3. Tambahkan minyak zaitun ke wajan yang serupa dan masak ayam sampai berwarna keemasan. Tambahkan bawang, jahe, brokoli, dan merica. tumis selama 4 menit. Kecilkan api, tambahkan adonan kecap asin dan aduk hingga rata. Masak hingga saus menjadi kental. Taburi dengan biji wijen panggang dan suguhkan.


Selamat makan!