Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Sumber Karbohidrat Terbaik Pengganti Nasi

Meski dibutuhkan badan, mengonsumsi terlampau banyak karbohidrat mampu menjadikan kenaikan kadar gula darah. Jika dikonsumsi berlebihan dalam jangka panjang, maka berat badanpun akan terus naik. Buat kamu yang sedang mencari penggantinya tanpa mesti mengorbankan disukai, berikut saya pilihkan 7 sumber karbohidrat terbaik selain nasi, roti, dan pasta.


1. Oatmeal


sumber karbohidrat
Oatmeal nikmat diolah menjadi bubur dengan topping belahan buah segar. (Foto: Shutterstock)

Oatmeal sering disebut selaku ‘makanan diet’ karena kaya akan serat dan membuat kau kenyang lebih usang. Meskipun sehat, kau harus hati-hati menentukan topping yang diseleksi dikala membuat bubur gandum. Meski gandumnya sehat, sama saja bohong jikalau kamu menyantapnya bersama kuliner yang mengandung gula atau lemak. Buah-buahan atau kacang-kacangan yang tidak digoreng ataupun diasinkan mampu menjadi opsi. Selain itu, tetap batasi jumlahnya sesuai keperluan.


2. Quinoa


sumber karbohidrat
Tips: Quinoa mesti dicuci dahulu hingga higienis, sebab jikalau tidak mampu mengeluarkan rasa sedikit pahit. (Foto: Shutterstock)

Gaya hidup rendah karbohidrat untuk menurunkan berat badan atau menyingkir dari diabetes bisa dimulai dengan mengonsumsi quinoa. Terdapat berbagai jenis quinoa dari yang berwarna putih, merah, dan hitam. Quinoa putih yaitu yang paling mudah yang didapatkan di banyak sekali toko masakan organik zaman kini.


Quinoa mengandung serat yang cukup tinggi per porsinya dan baik untuk pencernaan serta menjaga kadar gula darah. Selain itu, quinoa juga merupakan sumber magnesium, fosfor, seng, serta vitamin B1, B2, dan B6 yang bagus untuk tubuh. 


3. Labu


sumber karbohidrat
Tidak cuma daging labu yang bisa diolah, bijinya juga bisa dipanggang dan dijadikan gabungan salad. (Foto: Shutterstock)

Orang Indonesia umumnya menyantap buah labu sebagai kolak, khususnya di bulan mulia. Menariknya, buah labu sekarang dikreasikan menjadi aneka sajian enak mirip tumisan sehat ataupun beragam masakan pencuci mulut lainnya.


Selain berfungsi sebagai sumber karbohidrat, labu juga dapat membantu memajukan kesehatan jantung dengan menurunkan tekanan darah. Nah disamping itu, biji buah labu juga mampu diaplikasikan pada aneka macam kuliner dan mengandung potassium yang mampu menghemat risiko stroke. Beta karoten yang ditemukan dalam buah ini juga bisa menangkal penyakit jantung koroner.


Untuk kau yang baru memulai dalam hal memasak, kau mampu dengan mudah ‘mashed potato’ model labu. Lebih uniknya lagi, alhasil mampu menjadi lebih lembut dan manis.


4. Bit


Sayuran ini sangat mudah dikenali alasannya warnanya yang merah mencolok. Beetroot atau buah bit memiliki karbohidrat yang lumayan tinggi yang membuat kamu gampang kenyang saat menyantapnya. Serat dalam bit menolong mempertahankan pencernaan kau supaya tetap sehat. Jika kau kurang suka dengan ‘rasa tanah’-nya, kau bisa memanggang bit hingga kering lalu diberi taburan keju di atasnya.


Bit segar juga mampu dirasakan. Agar rasanya lebih lezat, kau bisa menggunakannya selaku adonan salad. Potong bit tipis-tipit dan tambahkan saus yogurt yang sudah dicampur dengan air perasan buah lemon. Segar deh! 


5. Buah Sukun


sumber karbohidrat
Sukun mampu diiris tipis lalu digoreng kering mirip keripik untuk kudapan yang lebih sehat. (Foto: Shutterstock)

Sukun adalah sepupu akrab buah nangka. Ketika diolah, buah tropis ini mempunyai seperti tekstur yang mirip dengan roti. Seperti roti, sukun merupakan sumber karbohidrat, protein nabati, dan vitamin.


Enak dan murah semarak, serat yang ditemukan pada sukun dapat membantu penderita diabetes untuk tetap mengonsumsi karbohidrat dengan aman. Penelitian menawarkan bahwa serat buah sukun mampu mengontrol diabetes dengan mengurangi peresapan glukosa dari masakan lain yang kita konsumsi.


6. Chickpea


sumber karbohidrat
Chickpea biasa diolah menjadi menu-sajian enak khas Timur Tengah yang kini tengah naik daun di Indonesia. (Foto: Shutterstock)

Merupakan salah satu jenis kacang yang populer di negara Timur Tengah, chickpea adalah sumber karbohidrat yang sangat bagus. Satu cangkir chickpea yang sudah diolah mengandung 45 gram karbohidrat dan 12 gram serat. Jika kamu mengubah nasi dengan chickpea untuk tujuan pembatasan makanan dan dikerjakan dengan telaten, berat badan dijamin akan turun dan rasa lapar yang sering datang-datang tiba di malam hari mampu dicegah.


7. Pisang


Pisang gampang dicerna dan dibawa kemana-mana. Satu pisang besar mengandung 31 gram karbohidrat dan potassium yang membantu menjaga fungsi saraf dan otot. Pada dasarnya buah pisang ialah cemilan murah yang mempunyai banyak kebaikan untuk badan kita. Untuk kau yang sedang tekun-rajinnya nge-gym, suguhkan pisang bareng kacang untuk meningkatkan pemulihan dan perbaikan otot.