Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ingin Berhasil Menciptakan Resep Masakan Cina? Inilah Alat-Alat Masak Yang Wajib Dimiliki

Resep masakan Cina di restoran mirip ifu mie, mi goreng, cap cay, cah sayuran, ataupun hidangan bebek lazimnya membutuhkan alat masak spesifik. Ini dikarenakan setiap alat memiliki fungsi atau kegunaan yang mau menolong para chef mempermudah proses merencanakan materi hingga dikala memasaknya. Berikut yaitu alat-alat yang senantiasa jadi ‘senjata’ para juru masak di kedai makanan Cina:


Wok atau wajan khas Cina


Wok atau wajan khas Cina ini menempati urutan nomor wahid sebagai alat paling penting ketika mengolah resep masakan Cina. Ada alasan spesifik mengapa wok tidak bisa digantikan dengan wajan datar biasa.


Alasan utamanya adalah hasil panas wajan yang merata. Karena bentuknya yang khas, sang juru masak bisa mengaduk dengan leluasa sehingga bumbu dan tingkat kematangan menjadi lebih merata. Inilah juga mengapa cita rasa nasi goreng atau mi goreng takkan sama bila dihasilkan hanya dengan memakai wajan datar.


Selain itu ada sensasi rasa smokey yang didapat dari suhu tinggi dari wok. Serunya lagi, wok memiliki peranan multifungsi. Sehingga kita bisa mengolah masakan hidangan berkuah, cah sayuran, cap cay, ayam goreng mentega, dan banyak yang lain.


Chef menggunakan wok untuk resep masakan Cina seperti mi goreng
Wok menjadi alat paling wajib dimiliki di dapur masakan Cina. (Foto: Shutterstock)

Caidao atau pisau dapur Cina


Bilah pisau yang lebar dari caidao akan menolong memudahkan pisau untuk melaksanakan proses mengiris, mencincang, ataupun memangkas dalam bentuk belahan besar.  Pisau khas dapur Cina ini khas alasannya adalah berbentuk lebih besar, lebar, dan juga berat. Kalau kamu perhatikan, para juru masak kedai makanan kuliner Peranakan ataupun Tiongkok asli pasti selalu memakai pisau jenis ini alasannya adalah fungsinya yang bermacam-macam.


pisau dengan daun bawang.
Pisau khusus ini selalu dipakai para chef kedai makanan Cina. (Foto: Shutterstock)

Sumpit kayu besar


Sumpit kayu berukuran jumbo biasa digunakan untuk mengangkat dan mengaduk mi dalam panci atau wok. Tujuan memakai sumpit kayu besar ini yakni agar mi tersalut rata dengan bumbunya baik sebelum dimasak atau saat di dalam wok. Dengan sumpit besar, maka mi akan lebih terurai dan tercampur dengan materi masakan lain beserta bumbunya secara merata.


Saringan besar


Biasa dipakai untuk menyaring mi rebus, sayuran, atau gorengan. Ukurannya cukup besar sehingga bisa digunakan untuk menyaring dalam jumlah lumayan banyak. Saringan biasa digunakan untuk masakan yang bahannya perlu direbus atau digoreng terlebih dahulu.


saringan besar di atas panci panas digunakan saat mengolah resep masakan Cina
Saringan ini sungguh multifungsi, digunakan untuk mengambil mi atau menyaring sayuran. (Foto: Shutterstock)

Kukusan bambu


Kalau kamu pernah melihat buku resep masakan Cina bertemakan dim sum, pasti tak gila lagi dengan wadah pengukus bambu ini. Alat masak ini digunakan untuk mengukus beragam dim sum seperti siomay, xiao long bao, bakpao, tim ceker ayam, dan juga aneka lauk mirip belibis, daging ayam, serta tim iga.


Praktis, kukusan bambu ini dapat ditumpuk dan cocok untuk resep masakan Cina seperti dimsum
Selalu tergiur membayangkan dim sum di balik kukusan bambu ini, bukan? (Foto: Shutterstock)

Sendok sayur besar


Di dapur masakan Cina lazimnya ditawarkan sepanci air panas yang dipakai selaku sumber air untuk kuliner atau untuk membersihkan wok secara cepat. Nah, sendok sayur yang dalam dan besar dengan gagang panjang ini digunakan untuk menuang air ke dalam kuliner dan mengaduk masakan supaya lebih mudah tercampur rata.


ladle dengan gagang panjang biasa dipakai dalam mengolah resep masakan Cina
Sendok sayur di dapur Cina wajib mempunyai gagang panjang semoga tak mudah tenggelam dalam panci. (Foto: Shutterstock)

Kini kita lebih paham mengapa alat-alat masak di dapur kedai makanan Cina itu sangat spesifik dan tak tergantikan. Semua ini bermaksud untuk memudahkan para chef dalam proses memasaknya dan hasil yang paling optimal. Selain alat-alat masak khas Tiongkok ini, pelajari fungsi aneka macam jenis panci ataupun peralatan dapur yang ramah dipakai oleh anak-anak.


Untuk kamu yang ingin tau ini segera beraksi di dapur, cobalah beberapa resep seperti fu yung hai, ayam goreng mentega, dan cah sayuran a la Masak Apa Hari Ini. Ingin balasannya lebih maksimal? Mungkin sudah waktunya untuk mulai berinvestasi dengan alat-alat masak khas Tiongkok ini.