Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Aneka Hidangan Bekal Makan Siang Simpel Untuk Ke Kantor

Sudah mulai kembali beraktivitas keluar rumah? Untuk menjalani new wajar ini, maka perlu extra menjaga diri, mulai dari menggunakan masker, jaga jarak, hingga mempersiapkan bekal masakan sendiri. Nah, untuk itu, kali ini aku ingin mengembangkan nasehat hidangan bekal makan siang yang simpel untuk ke kantor.


Menyiapkan bekal memang perlu seni manajemen. Agar lebih simpel, sebaiknya menu bekal makan siang berupa lebih padat hingga tidak gampang tumpah di tas. Selain itu, hindari masakan yang mudah bau biar lebih kondusif dibawa dalam kotak makanan tertutup dari pagi hingga siang, atau bahkan hingga sore.


Berikut ini adalah menu bekal makan siang rekomendasi dari kami, sekaligus contekan resepnya!


1. Nugget Ikan, mudah untuk dibentuk di rumah


Salah satu masakan yang mudah disiapkan di pagi hari yaitu nugget. Agar lebih sehat, kamu mampu menciptakan sendiri nugget ikan di rumah. Jenis ikan yang mampu diseleksi bisa beragam, mulai dari ikan tuna, salmon, hingga ikan tenggiri. Sesuaikan dengan selera dan ketersediaannya di pasar.


Resep nugget ikan juga bekerjsama tidak rumit, kok! Kamu cuma perlu mempersiapkan adonannya terlebih dahulu yang terdiri dari ikan yang telah dihaluskan, bawang putih, telur ayam, tepung tapioka, dan garam. Kukus adonan sampai padat, kemudian siapkan tepung panir untuk membalutnya. Simpan nugget di freezer, dan kau mampu menggorengnya kapanpun tergolong di pagi hari sebelum berangkat ke kantor.


2. Onigiri, hemat dan mengenyangkan


Sajian onigiri yang siap disantap diletakkan di atas talenan.
Cara menciptakan onigiri yang mudah untuk bekal makan siang. (Foto: Shutterstock)

Selain nugget, makanan yang cukup simpel dan mengenyangkan untuk jadi menu bekal makan siang ialah onigiri. Nasi kepal khas Jepang ini juga padat gizi. Dalam satu kepal, kamu sudah mampu menerima karbohidrat dan protein sekaligus. Kamu juga mampu lho menyertakan sayuran di dalamnya, agar keperluan serat harian terpenuhi.


Membuat onigiri juga tak membutuhkan waktu lama. Jadi, kamu yang tidak mempunyai cukup waktu di pagi hari, tetap mampu meluangkan diri menciptakan bekal sendiri. Yuk, lihat cara gampang menciptakan onigiri ini!


3. Sandwich, menu bekal makan siang simpel


Sandwich juga tak kalah praktisnya dengan onigiri. Jika kau memakai nasi sebagai sumber karbohidrat, sandwich menyajikan karbohidrat lewat roti gandumnya. Dalam satu potong sandwich, kamu telah mampu mendapatkan protein serta serat sekaligus. Makan simpel, nutrisi tetap tercukupi. Menu bekal makan siang ini cocok untukmu yang punya acara padat di kantor.


Isi sandwich dengan beberapa layer, mulai dari layer sayuran mirip selada dan tomat, lalu layer protein seperti telur atau kepingan ayam. Lihat cara menciptakan sandwich yang gampang di video berikut ini, ya!



4. Tumis Cabai Brokoli, sajian mudah bernutrisi


Jangan lewatkan sayuran dalam bekal makan siangmu! Kamu bisa menciptakan menu yang mudah seperti tumis cabe brokoli ini. Waktu menjadikannya cuma sekitar 30 menit. Tumis brokoli bisa dipadankan dengan nasi merah dan ayam goreng biar lebih lengkap nutrisinya.


Namun, kau mampu membuatnya lebih mudah dengan memasukkan protein ke dalam tumisan brokoli. Misalnya saja dengan menambahkan udang, daging giling, atau ayam suwir. Lihat resep mudah tumis cabe brokoli yang lengkap ini!


5. Chicken Katsu, selalu menggugah selera


Makanan yang sering dihidangkan di kedai makanan ini juga mampu lho kau buat sendiri di rumah. Bahkan, cara menjadikannya cukup mudah. Kamu cuma perlu memarinasi daging ayam bab dada satu malam sebelumnya, agar meresap sempurna. Di pagi hari, siapkan tepung terigu, tepung panko, dan telur untuk menggorengnya.


Tanpa mesti ke kedai makanan, kau sudah bisa mencicipi masakan a la Jepang ini di kantor. Lebih bersih, dan lebih enak! Yuk, coba resep mudah chicken katsu!


Aneka sajian bekal makan siang di atas mampu kamu pilih untuk hari berlainan. Lihat juga opsi resep praktis yang lain di MAHI untuk inspirasi memasak setiap harinya. Selamat beraktivitas kembali! Tetap stay at home dan masak di rumah bila memungkinkan, ya!