Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apakah Tenderloin Beef Itu? Para Penikmat Steak Wajib Mengenali Ini

Sebagai penggemar steak, kau pasti tak ajaib lagi dengan tenderloin beef. Nah, apakah tenderloin beef itu?


Tenderloin atau dalam versi lokal disebut daging has dalam adalah bagian daging yang berasal dari punggung sapi. Karena terletak di bagian tubuh sapi yang jarang digerakkan, tekstur daging sapi bagian has dalam lebih empuk dibanding lainnya. Makanya para juru masak akan lebih sering menggunakan bab daging ini untuk kuliner yang simpel dan hanya memerlukan waktu sedikit untuk proses pemasakannya. Misalnya seperti steak, tumisan, ataupun hidangan grill.


Meski bertekstur empuk, kau wajib memperhatikan proses memasak tenderloin beef supaya tekstur dan aspek juicy dari daging ini tidak rusak alasannya pembuatan yang kurang sempurna.


tenderloin beef
Agar lebih kenyang, sajikan steak bersama sayuran grill. (Foto: Shutterstock)

Berikut yakni kiat dan trik mengolah masakan steak menggunakan tenderloin beef:



  1. Saat akan membumbui daging dan mengolahnya, tentukan daging berada dalam suhu ruang semoga proses pematangan optimal dan tekstur empuk serta segi juicy-nya tidak hilang. Kemudian kecilkan suhu supaya daging matang merata. Masak sekitar 1-2 menit di setiap permukaan daging.

  2. Pastikan wajan datar atau grill pan betul-betul panas dikala akan memasak daging. Suhu wajan yang panas akan mengunci serat daging dan mempertahankan sari daging di dalamnya. Inilah cara paling sempurna biar daging tidak kering dikala matang.

  3. Masak daging sapi sesuai dengan tingkat kematangan yang diharapkan. Pilih tingkat kematangan medium semoga cita rasa manisnya daging masih terasa.

  4. Untuk mengolah makanan steak, bumbui daging secara minimalis. Misalnya hanya dengan menggunakan garam, merica, dan herba mirip thyme atau rosemary semoga rasa daging tetap mayoritas.

  5. Kamu juga mampu memakai lemak sapi selaku pengganti minyak. Dengan begitu rasa permukaan daging akan terasa lebih gurih.


tenderloin beef
Tenderloin beef juga bisa kau jadikan wangsit bekal simpel. (Foto: Shutterstock)

Selain steak, daging sapi has dalam juga sedap dimasak dengan cara ditumis. Karena waktu mengolah masakan yang singkat, kamu mampu memarinasi atau melumuri daging dengan bumbu perendam agar daging terasa lebih berbumbu. Misalnya untuk kuliner teriyaki, yakiniku, tumis daging kecap, atau tumis daging asam anggun. Sebagai ide, kau bisa mengintip resep-resep daging yang Tim MAHI kumpulkan.


Yuk, masak bekal sendiri dengan tenderloin beef!