Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Melelehkan Keju Mozzarella Pada Kuliner Berikut Ini MembuatNgiler

Sebagai pengikut tren kuliner yang kontemporer, kau pasti tahu masakan apa saja yang sedang jadi buah bibir. Salah satu dari tren yang sempat trend misalnya topping di atas jenis makanan yang tidak biasa, selain itu cara melelehkan keju mozzarella yang unik dijadikan atraksi yang disediakan di sejumlah restoran.


Mozzarella yakni salah satu jenis keju asal Italia dari susu sapi atau susu kerbau yang dibentuk dengan cara diputar dan diiris (mozzare artinya dipotong). Di pasaran keju mozzarella tersedia dalam keadaan segar dengan warna putih atau putih kekuningan. Keju yang segar dikemas dengan direndam air garam dengan ukuran yang bervariasi. Sementara keju mozzarella dengan umur simpan lebih panjang hadir dengan tekstur padat dan lebih keras. Dikemas dengan dikemas plastik vakum, keju ini lazimnya hadir dengan warna putih atau kuning pucat.


cara melelehkan keju mozzarella
Proses pembuatan keju mozzarella segar. Menarik! (Foto: Shutterstock)

Karena disukai banyak orang dan mudah dipadukan dengan menu apapun, penemuan keju mozzarella tak hanya sebatas sebagai bahan topping pizzaa atau materi tambahan pasta. Semua menu bahkan diberi sentuhan mozzarella berkat sensasi lelehnya yang bikin ngiler.


Ingin tahu caranya agar mampu melelehkan sendiri keju mozzarella di rumah? Kami sarankan biar memiliki apalagi dahulu alat yang berjulukan blow torch, namun ada juga kok alternatifnya.


Berikut ialah cara melelehkan keju mozzarella:



  1. Gunakan blow torch, bakar sampai meju mozzarella meleleh. Hindari membakar dengan jarak terlalu dekat dari keju mozzarella supaya tak lekas menghitam.

  2. Jika tak ada blow torch, gunakan panggangan panas. Panggang menggunakan api atas hingga keju meleleh.

  3. Untuk daging gulung mozzarella, panaskan keju dalam wajan antilengket. Gunakan tunjangan penjepit dan gunting untuk melilit dan menggunting daging dan keju dengan mudah.


Ngomong-ngomong soal penggunaan keju mozzarella pada makanan kekinian, pastinya kau sudah tak aneh dengan kuliner-makanan berikut ini, bukan?


Martabak Telur Daging


Kamu niscaya ingat dengan tampilan martabak telur dengan cuilan keju mozzarella di atas martabak? Cara melelehkan keju mozzarella pada hidangan ini yakni menggunakan blow torchYummy! 


Iga Sapi dengan Mozzarella


Yang ini sempat booming di sosial media dan restoran yang menyediakannya selalu kebanjiran konsumen. Iga sapi bakar a la Korea dengan keju mozzarella yang dilelehkan dalam hotplate kemudian dililit ke daging iga.


Fun fact: Pernah bertanya-tanya mengapa orang Korea Selatan begitu tergila-ajaib dengan keju? Pasalnya dikala dulu selesai Perang Korea, Amerika Serikat mengantarkan banyak pasokan keju untuk menyanggupi kebutuhan makan warga Korea Selatan yang kelaparan. Hasilnya, keju banyak dipakai pada banyak sekali kuliner Korea Selatan sampai sekarang dan tidak hanya terbatas pada iga sapi ini saja.


Mozzarella Stick


Yang ini sungguh terkenal di banyak akun video masak. Mozzarella dipotong-potong memanjang, lalu dibalur dengan tepung telur dan tepung roti. Digoreng dan lalu dirasakan dengan saus selaku menu kudapan ataupun pembuka. Pastinya cocok juga sebagai masakan dikala tengah menonton film bareng keluarga!


cara melelehkan keju mozzarella
Mozzarella stik ini sempat ramai dibentuk cara memasasknya lewat video. (Foto: Shutterstock)

Ayam Geprek Mozzarella


Ini yang terasa sungguh Indonesia. Ayam geprek pedas diberi topping keju mozzarella, kemudian dilelehkan. Cita rasa pedas, gurih, dan creamy beradu serasi dengan tekstur ayam goreng tepung yang krispi.