Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ragam Kiat Membersihkan Cobek Watu

Banyak yang mengira jikalau cobek batu hanya cukup dibilas saja setelah dipakai. Padahal dengan telaten memperhatikan kebersihannya akan bermanfaat untuk kesehatan keluarga di rumah. Berikut MAHI menyebarkan tips membersih cobek kerikil yang bisa kita coba di rumah.


cobek batu
Tahu, tempe, ayam, daging, ataupun ikan enak tersaji di atas cobek dan beralaskan sambal. (Foto: Shutterstock)

Cobek Batu


Cobek dan ulekan dari jenis kerikil adalah yang terbanyak digunakan di rumah tangga masyarakat Indonesia. Untuk itu, cara membersihkannya juga berlainan dengan materi keramik ataupun beling. Yuk, kita simak caranya berikut ini:


Bilas Cobek dan Ulek Dengan Air


Setelah simpulan digunakan, secepatnya bilas cobek dan ulek batu dengan memakai air hangat. Bahan kerikil dapat gampang kotor jikalau terlalu lama diendapi sisa bumbu yang bersifat asam ataupun berminyak.


Bersihkan dengan Telaten


Gunakan tangan ataupun sikat berangasan agar lebih seksama membersihkan yang tertinggal. Setelahnya bersihkan dengan menggunakan sabun yang tidak diberikan pewangi. Sabun yang anyir justru akan meninggalkan amis pada cobek dan akan berimbas pada bumbu yang akan dibuat selanjutnya. Setelahnya, letakkan di kawasan cucian piring semoga kering.


Gunakan Beras agar Lebih Bersih


Pertama tentukan dahulu cobek dan ulekan dalam keadaan kering. Kemudian, tuangkan sekitar dua sendok makan beras putih ke dalam cobek. Ulek hingga beras mulai berwarna gelap. Buang dan ulangi proses yang serupa hingga beras sungguh-sungguh putih, menunjukan bahwa cobek sudah bersih sepenuhnya.


Bilas dengan Air Hangat


Sebagai kelanjutan proses membersihkan dengan menggunakan beras, langkah berikutnya yaitu untuk membilas cobek dan ulekan dengan air hangat. Dengan membilasnya, maka sisa kuliner pada cobek ataupun ulekan mampu hilang sepenuhnya. Setelahnya, letakkan di tempat cucian piring agar kering.


cobek batu
Masakan Indonesia diketahui memakai cobek sebagai media presentasi dan bukan sekadar dikala dimasak. (Foto: Shutterstock)

Cobek Granit


Selain batu, di dapur-dapur kurun kini banyak juga yang mempunyai cobek dan ulekan jenis lain, atau yang terbuat dari granit. Tentunya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika membersihkannya. Berikut yaitu langkah-langkahnya:



  1. Bilas cobek dan ulekan secepatnya sehabis dipakai supaya mengurangi hadirnya noda. Bahan granit rentan terkena noda membandel balasan masakan yang bersifat asam atau berminyak.

  2. Cuci cobek dan ulekan granit dengan memakai air hangat dan sabun atau cairan pembersih. Gunakan sabun tanpa wangi agar tidak meninggalkan wewangian sehingga kuat pada makanan yang mau diolah. Untuk noda membandel, gunakan sikat.

  3. Bilas dengan air hangat untuk menghilangkan residu. Terakhir, gunakan lap higienis untuk mengelap cobek dan ulekan semoga noda air tidak membentuk di tubuh granit.


Demikian kiat-tips singkat biar cobek dan ulekan di dapur tetap bersih dan mampu digunakan sampai beberapa tahun. Setelah higienis, tentu waktunya untuk mengolah masakan, bukan? Jangan lupa cek bagian resep dari MAHI untuk inspirasi memasakmu hari ini!