Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menciptakan Adonan Pempek Anti Gagal Yang Wajib Kau Tahu

Sejatinya cara menciptakan adonan pempek yang sahih adalah memakai ikan belida yang banyak didapatkan di sungai-sungai di daerah Sumatera Selatan. Ikan belida pada masanya sungguh berlimpah sampai sayang kesannya sekarang menjadi mahal dan mulai langka. Barulah kemudian pempek mulai diracik dengan menggunakan ikan gabus yang juga sama sedapnya.


Sebagai alternatif dari ikan air tawar, pempek juga dibentuk dari ikan tenggiri, ikan kakap merah, ikan ekor kuning, dan berbagai macam ikan yang lain. Agar tidak salah dalam cara menciptakan adonan pempek yang benar, ada baiknya kamu tahu beberapa tips membuat makanan khas Palembang ini. Yuk, kita simak bersama!


Perbandingan antara ikan dan daging yang pas


Komposisi antara daging ikan dan tepung tapioka yang akan membuat pempek lebih terasa campuran ikannya yakni 1:1/2 atau 1:3/4. Dengan keseimbangan bahan baku ini makan pempek akan lebih terasa ikan ketimbang tepung.


Selalu amati kesejukan ikan


Agar adonan pempek tidak berbau, tentukan kamu memakai bahan baku fillet ikan yang masih segar dan bebas wangi. Tidak melulu terbuat dari ikan belida, pempek juga biasa dibuat dari ikan gabus atau ikan tenggiri.


Cara membuat adonan pempek yang baik adalah dengan menggunakan ikan tenggiri.
Ikan segar yaitu salah satu kunci kesuksesan pempek yang lezat. (Foto: Shutterstock)

Tepung tapioka atau kanji wajib dalam keadaan baik


Hindari asal mengaduk tepung bersama daging ikan. Seperti halnya ikan, tepung kanji yang kau gunakan juga wajib dalam keadaan yang tidak berbau apek. Kamu tak ingin kan gabungan pempekmu lantas mempunyai aroma dan rasa yang langu?


Gunakan es batu


Fungsi es pada cara menciptakan adonan pempek yang benar adalah untuk menciptakan gabungan ikan kenyal dan tidak liat. Adonan pempek ikan yang liat juga bisa disebabkan sebab komposisi tepung yang terlalu banyak.


Pembentukan adonan


Para pembuat pempek di kampung halamannya punya trik agar gabungan pempek lebih gampang dibentuk. Adonan pempek biasanya didiamkan selama semalaman kemudian dibentuk sesuai dengan kebutuhan, contohnya berupa pempek lenjer, adaan, kapal selam, atau untuk lenggang.


Cara membuat adonan pempek panggang.
Pempek panggang, cocok sebagai makanan ringan lezat untuk seluruh keluarga! (Foto: MAHI)

Terakhir, sebelum membuat masakan yang disandingkan dengan saus cuko ini, pastikan semua bahan segar. Dijamin alhasil maksimal!


Tak sabar ingin berkreasi dengan pempek? Coba Resep Pempek Panggang atau Resep Pempek Udang Saus Bumbu Rujak yang mampu kau coba hidangkan untuk keluarga tercinta.