Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cari Tahu Tips Masak Sayur Sup Kesukaanmu Di Sini

Sup ialah sajian hidangan berkuah favorit dari sederetan makanan di Nusantara. Apalagi sup ayam sayuran, kita pasti takkan bisa menolak kelezatan masakan rumahan yang satu ini. Tapi sebelum memasaknya, kita wajib mengerti tips masak sayur sup yang bisa membantumu menghasilkan kuah sup yang sedap dan segar.


Di Indonesia, jenis sajian sup sangat banyak dengan bahan utama hewani yang berlawanan-beda – seperti sapi, kambing, ayam, dan ikan. Variasinya pun terbilang banyak dan sering disuguhkan bersama lontong ataupun bihun mirip soto. Beberapa tips masak sayur sup ini dikelompokkan menurut materi terutama.


Sup atau soto berbahan tulang iga atau sumsum


Untuk sup berbahan tulang iga atau tulang sumsum, rebus tulang iga atau sumsum sebanyak dua kali untuk menetralisir kotoran dan meminimalisir lemak berlebih pada bahan utama. Caranya ialah dengan merebus tulang sumsum atau iga hingga mendidih, buang airnya dan cuci higienis dari kotoran yang menempel di panci. Ganti dengan air baru untuk membuat kaldu atau sup. Agar sari-sari dalam tulang keluar, rebus kaldu selama beberapa jam dengan api kecil.


tips masak sayur sup
Kehadiran bahan penyedap kaldu seperti wortel, seledri, dan bawang sungguh pentind dalam sup. (Foto: Shutterstock)

Sup ikan atau seafood


Pastikan ikan didapat dalam kondisi segar dan tidak berbau bau untuk menciptakan kuah yang sedap. Sertakan bumbu atau rempah mirip serai, jahe, daun jeruk, lengkuas, dan bawang-bawangan pada proses perebusan untuk menyamarkan busuk ikan. Untuk sup seafood, gunakan tulang ikan atau kulit dan kepala udang untuk menciptakan rasa kaldu yang besar lengan berkuasa.


Sup ayam


Gunakan banyak tulang dengan daging untuk menghasilkan kaldu yang kaya rasa. Untuk sup ayam, kita bisa menggunakan bab punggung dan paha untuk menghasilkan kaldu gurih. Untuk sup sayuran, masukkan pecahan dada ayam di tengah proses mengolah makanan alasannya bagian dada ayam yang condong lebih singkat matang. Selain itu, mencelupkan bawang bombay saat merebus kaldu menciptakan cita rasa kaldu lebih sedap dan kaya.


tips masak sayur sup
Menyiapkan stok kaldu ayam akan menolong banyak proses mengolah makanan di waktu mendatang. (Foto: Shutterstock)

Jika ingin menyiapkan sup dengan cepat, khususnya untuk sup berbahan daging yang durasi memasaknya cukup menyantap waktu, kita mampu menyiapkan berbagai macam kaldu dalam freezer. Caranya, masak kaldu dengan materi utama dan bumbu. Setelah matang, biarkan sampai tidak panas.


Simpan kaldu dalam freezer dengan ukuran sesuai dengan keperluan sekali masak. Kita mampu membagi kaldu dalam beberapa daerah supaya memudahkan kita saat mencairkannya. Saat akan mengolah masakan, kita hanya memanaskan kaldu siap pakai, dan memasaknya bareng sayuran atau bahan isi yang lain. Jauh lebih praktis!