Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah 8 Belakang Layar Bakso Yummy Versi Rumahan

Selain siomay, pempek, mi ayam, semua niscaya setuju kalau bakso yaitu makanan sekaligus jajanan favorit orang Indonesia. Sebagai penganan yang cukup sering dinikmati, kamu niscaya ingin sukses menciptakan bakso yummy di dapur.


Persoalan mirip komposisi daging dan tepung yang pas, bagian daging sapi mana yang digunakan, sampai bagaimana cara menciptakan kuah bakso kerap menjadi usulanmengapa kamu mesti menciptakan bakso di rumah. Tak ada salahnya menjajal , alasannya cara membuat bakso sebetulnya tak terlalu susah kok!


skim kaldu sapi agar tak terlalu berlemak
Racik kaldu dari tulang sapi untuk kaldu yang kaya rasa. (Foto: Shutterstock)

Sebelum kamu meracik bakso dari resep Masak Apa Hari Ini, semestinya kau memahami hal penting yang perlu diperhatikan agar kau berhasil membuat bakso enak.



  1. Pilih daging giling yang berasal dari sapi bagian bahu dengan kandungan sedikit lemak. Jika ingin lebih sehat, gunakan daging sapi bagian has dalam.

  2. Ada argumentasi mengapa adonan bakso tetap memerlukan sedikit lemak, yaitu supaya tekstur bakso lebih lembut dan juga rasa adonannya lebih gurih.

  3. Gunakan tepung tapioka sekitar 20% dari total gabungan untuk menciptakan adonan bakso lebih kenyal. Untuk menghasilkan adonan bakso yang halus dan rata, gunakan food processor.

  4. Panaskan air di atas api sedang sebelum mencetak bakso. Bentuk bakso dengan cara membasahi tangan dengan air, kemudian sendokkan bakso ke tangan kiri, tekan dengan mengepal hingga bakso keluar dari kepalan, angkat memakai sendok. Masukkan ke dalam air rebusan, bakso yang telah matang ditandai dengan bakso mengapung dalam air panas.

  5. Sesudah matang, keluarkan bakso dari dalam panci, celupkan ke dalam air untuk menghentikan proses pematangan dan bakso tidak lembek.

  6. Rebus kuah bakso dari tulang sapi selama berjam-jam di atas api kecil untuk menghasilkan kaldu yang gurih. Jangan lupa ganti air rebusan pertama untuk membuang aroma yang anyir, kotoran, maupun lemak berlebih.

  7. Masak kaldu bareng Royco Kaldu Sapi atau Royco Kaldu Ayam (bila menciptakan bakso ayam). Tambahkan bawang putih goreng untuk memperbesar aroma pada bakso.

  8. Siapkan bahan pemanis seperti mi, sambal, sawi hijau, taoge, bawang merah goreng, dan irisan seledri supaya bakso kuahmu semakin mantap. Untuk membuat sambal, rebus cabe rawit merah sampai matang, lalu haluskan. Aduk rata bersama kuah kaldu atau air panas jikalau tak mau terlalu pedas.


Inilah delapan langkah penting yang mampu diaplikasikan dalam resep bakso yang dibentuk sendiri di rumah balasannya menjadi lebih spesial. Namun langkah paling penting selanjutnya yaitu memantapkan langkah untuk menjajal membuatnya di dapur. Mari ikuti Chef untuk membuatnya bantu-membantu!