Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rayakan Hari Bubur Sedunia, Inilah Daftar Bubur Populer Indonesia Selain Bubur Ayam

Hari ini tanggal 10 Oktober ditetapkan sebagai World Porridge Day (Hari Bubur Sedunia). Seperti yang kau tahu, Indonesia kaya akan menu bubur. Dari bubur gurih mirip bubur ayam, bubur tinutuan, sampai bubur bagus mirip bubur sumsum atau bubur kacang hijau.


Selain bubur ayam, Tim MAHI mengumpulkan sederet daftar bubur yang wajib dikonsumsi ataupun dimasak selaku salah satu acara keseruan merayakan Hari Bubur Sedunia.


Bubur Gunting


Bubur manis ini ialah bubur khas peranakan Tionghoa di Pontianak. Bubur gunting disebut juga tau suan yang dibuat dari kacang hijau kupas, tepung tapioka, dan cakwe. Kenapa disebut bubur gunting adalah karena ciri khasnya diberi topping cakwe yang diiris menggunakan gunting. Kalau kau jalan-jalan ke Pontianak, masukkan bubur bagus ini ke dalam daftar rekreasi masakan kau, ya!


Bubur Kampiun


Ini ialah bubur anggun paling seru menurut tim MAHI. Untuk membuat semangkuk bubur kampiun, diharapkan banyak bagian mirip bubur sumsum, bubur kacang hijau, bubur ketan hitam, kolak pisang, bubur candil, dan srikaya. Heboh, kan? Kamu mampu dengan gampang mendapatkan bubur ini di rumah makan atau kedai yang menyajikan jajanan khas Sumatera Barat.


Trivia: Karena isinya yang begitu bermacam-macam dan menyatukan segalanya, itulah kenapa bubur ini disebut “kampiun” atau champion dalam Bahasa Inggris. Memang sang juara bubur ini!


hari bubur sedunia
Indonesia punya banyak jenis bubur ayam. Yang terpopuler adalah Bubur Cirebon, Sukabumi, dan Cianjur. (Foto: Shutterstock)

Bubur Manado


Atau terkenal disebut bubur tinutuan. Bubur ini sehat sekali karena berlimpah materi-bahan yang baik untuk tubuhmu, mirip daun melinjo, kangkung, kemangi, ubi, dan labu. Disajikan bareng ikan asin dan sambal yang pastinya akan memperbesar mantap semangkuk bubur panas ini.


Bubur Pedas


Bubur ini juga merupakan masakan khas Kalimantan Barat. Populer selaku kue kaki lima, bubur pedas pun tak kalah berlimpah sayuran seperti wortel, kacang panjang, pakis, dan kangkung. Ciri khas dari bubur ini adalah beras disangrai kemudian ditumbuk dan memakai daun kesum dan kelapa parut sangrai.


Le Bu Kanji atau Bubur Kanji Rumbi


Adalah bubur khas provinsi Aceh. Bubur ini ialah salah satu kuliner yang datang berkat pengaruh India. Cirinya ialah kedatangan rempah bernuansa kari mirip pekak, merica, ketumbar, adas cantik, pala, dan kayu bagus. Di bulan Ramadan, bubur ini populer selaku salah satu menu buka puasa.


hari bubur sedunia
Bubur Gudeg khas Yogyakarta ini sangat identik dengan sarapan pagi. (Foto: Shutterstock)

Bubur Mengguh


Khas dari Bali dengan topping urap kacang panjang dan suwiran daging ayam. Dalam bahasa Bali, bubur ini biasa disebut bubuh mengguh (bubuh ialah bahasa Bali untuk bubur). Selain sebagai makanan sehari-hari, bubur mengguh juga sering disuguhkan pada upacara adat.


Kaprikornus, apa opsi yang terbaik untuk merayakan Hari Bubur Sedunia? Jangan lupa mampir bab resep kami untuk mencari ide memasak bubur hari ini!