Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Cara Memasak Nasi Di Kompor Tanpa Mengandalkan Listrik

Mati lampu di tengah situasi lapar memang bikin sebal. Sehingga inilah untuk  tahu bagaimana cara mengolah masakan nasi di kompor. Ini penting bukan cuma pada ketika mati lampu, tetapi juga disaat kamu lapar dan tak memiliki banyak waktu untuk menanti nasi matang dalam rice cooker. Apalagi kalau kau ingin hasil yang lebih sedap dan kesanggupan mengolah makanan lebih meningkat.


Selain lebih singkat dan hemat listrik, mengolah masakan nasi di kompor juga menciptakan nasi lebih kekal dan tidak cepat kering atau berganti warna berkat proses menghangatkan dalam penanak nasi elektrik. Sesudah mengetahui cara mengolah masakan nasi di kompor, kamu pastinya takkan perlu lagi mengandalkan rice cooker. Bahkan akan lebih membuat lebih mudah kau saat sedang traveling di alam bebas, contohnya periode mendaki gunung atau sedang menantang diri berkemah di alam bebas mirip pegunungan atau pantai.


Beberapa cara mengolah masakan nasi tradisional ini wajib kamu pahami agar bekal memasaknya bertambah, diantaranya:


Kukus


Cuci bersih beras, lalu beri air seperlunya. Masak nasi di atas api sedang sampai airnya terserap habis. Angkat. Kemudian pindahkan nasi ke dalam dandang atau panci pengukus. Masak hingga matang. Pindahkan ke dalam dandang panas, kukus nasi sampai matang.


Aron


Dengan hanya memakai panci biasa atau panci liwet, kau juga mampu mengolah makanan nasi tanpa harus mengukusnya. Masak nasi di atas api sedang hingga airnya terserap, sambil sesekali dicampur supaya matang merata. Berikutnya kecilkan api dan masak nasi hingga matang sambil kembali sesekali dicampur supaya tidak berkerak. Sebaiknya gunakan panci yang bagian dasarnya memiliki material yang tebal agar tak mudah gosong serta berkerak.


cara memasak nasi di kompor
Agar lebih sedap, masak nasi kuning dengan bumbu dan Royco Kaldu Ayam. (Foto: Shutterstock)

Ingin mengolah makanan nasi lebih cepat? Rendam beras semalaman, kemudian ganti air rendaman, masak nasi seperti biasa. Karena beras telah menyerap air, maka nasi akan lebih cepat matang. Ingin lebih sedap? Maka masak bersama bahan-bahan berikut ini:


Masak bersama bahan pengharum


Setelah kamu sudah jago dalam memasak manual dengan panci, kamu bisa menambah skill kau dengan menyertakan bahan-materi aromatik. Misalnya daun salam, serai, lengkuas, atau daun pandan.


Masak bersama kaldu


Nasi bercita rasa daging bisa kau dapat dengan mengganti komposisi air dengan kaldu, misalnya kaldu ayam atau kaldu sapi. Sempurnakan dengan sentuhan Royco Kaldu Ayam atau Royco Kaldu Sapi pada saat menanak nasi.


Masak bersama santan


Untuk mengolah makanan nasi liwet atau nasi uduk yang sedap, gunakan santan selaku pengganti air. Tambahkan daun salam, serai, dan lengkuas untuk memberi aroma dan rasa yang sedap pada nasi. Jangan lupa menambahkan Royco Kaldu Ayam untuk cita rasa nasi berbumbu yang lebih mantap.


Masak nasi berwarna


Selain memberi sentuhan kunyit sebagai pewarna nasi, kau juga bisa bereksplorasi memberi warna lain pada nasi, misalnya bunga telang untuk warna ungu, daun suji untuk warna hijau, dan tomat untuk warna merah.