Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Trik Semoga Resep Gulai Di Hari Raya Tak Membuatmu Merasa Bersalah

Resep gulai serba daging ialah salah satu primadona di atas meja saji hari besar mirip Hari Raya atau hari spesial di sebagian besar keluarga Indonesia. Racikan bumbu gulai medok dengan daging beserta lemaknya menyatu sempurna dengan yummy gurihnya santan kelapa, siapa saja tak mampu menahan godaan ini.


Demi mengurangi rasa bersalah pesta menu gulai di hari besar, ada beberapa hal yang mampu kamu lakukan dalam mengolah resep yang identik dengan Hari Raya ini.


Pilih bab daging dengan sedikit lemak


Variasikan resep gulai dengan aneka daging, ikan, dan seafood selain daging kambing.
Gunakan daging tanpa lemak untuk resep gulai yang lebih sehat. (Foto: Shutterstock)

Memilih bagian daging dengan sedikit atau tanpa lemak yakni salah satu cara yang mampu kau kerjakan sebelum mengolah masakan gulai. Untuk gulai daging merah, pilih daging sapi bagian has dalam atau tenderloin sebagai materi terutama. Selain tanpa lemak, daging ini juga lembut dan juga cepat matang dan empuk.


Sementara untuk daging kambing, gunakan bagian daging tanpa lemak. Jika kau menerima bagian daging sapi atau daging berlemak, minimalisir bagian lemaknya dengan cara memangkas atau menyisihkan bab lemaknya memakai pisau tajam atau boning knife. Lain soal kalau kau memakai daging ayam, buang kulitnya atau racik gulai hanya dengan menggunakan fillet dada ayam tanpa kulit.


Substitusi santan di resep gulai


Komposisi santan dalam gulai yaitu salah satu faktor yang membuatmu merasa bersalah, kan? Untuk meminimalkan, substitusi sebagian atau seluruh komposisi santan dalam resep gulai dengan susu rendah lemak. Bahkan kau bisa memakai susu yang yang dibuat dari materi nabati, contohnya susu kedelai atau susu almond. Kalau tetap ingin memakai santan, pilih santan encer yang mau membuat cita rasa gulaimu juga jadi lebih ‘enteng’.


Dua kali proses pemasakan


Rebusan daging dengan lemak ini bisa dijadikan sebagai kaldu resep gulai.
Kurangi kadar lemak dalam daging dengan cara direbus untuk resep gulai hari raya. (Foto: Shutterstock)

Daging berlimpah tanpa mampu menentukan biasanya nyaris senantiasa terjadi di momen Hari Raya Idul Adha. Ini saatnya kamu mengakali kalau kedapatan daging sarat lemak yang didapat di hari kurban. Rebus terlebih dulu daging hingga lemaknya keluar ketika proses perebusan. Tiriskan daging, lalu kerjakan proses memasak sesuai dengan resepnya. Cara ini baik untuk mengolah daging kambing dan daging sapi yang memiliki banyak lemak di bagian-bagian tertentu.


Gunakan rempah


Beberapa jenis bumbu dan rempah mempunyai khasiat untuk meminimalisir kolesterol, contohnya kunyit, jahe, kayu manis, dan bawang putih. Kamu bisa menambahkan komposisi atau menyertakan kadar rempah dan bumbu-bumbu memiliki kegunaan ini ke dalam kuliner gulai.


Tidak ada argumentasi lagi yang membuat kamu ragu untuk mengolah makanan aneka resep gulai untuk Hari Raya, kan?  Yuk, belanja materi-bahannya untuk Idul Adha tahun!