Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Manfaat Andal Kacang Almond Untuk Kesehatan!

Kacang almond belakangan sedang naik daun, utamanya di tengah kalangan penggiat hidup sehat. Olahannya begitu beragam. Ambil saja misalnya yang terpopuler mirip almond milk, almond cookies, dan almond butter. Karena cita rasanya yang gurih dan creamy, kepopuleran almond milk sekarang menyamai soyamilk atau susu kedelai. Meski harganya tidak murah, kacang-kacangan jenis almond tetap laku bagus di pasaran karena segudang khasiatnya.


Awalnya kacang almond banyak ditemukan selaku perisa dalam minuman atau pencuci lisan seperti dari olahan sirup almond, esens atau ekstrak almond  dan abu almond. Selain itu kacang almond juga sering dicampurkan ke dalam adonan kudapan manis kering atau kukis selaku bahan aksesori yang memperlihatkan rasa dan tekstur garing. Begitupun juga dengan kehadirannya dalam cokelat serpihan.


kacang almond mentah
Bukan cuma jadi almond milk, kreasikan kacang premium ini untuk kudapan manis dan dessert. (Foto: Shutterstock)

Khasiatnya untuk kesehatan


Produk olahan berupa almond milk dan kukis juga sangat populer di kalangan ibu menyusui alasannya adalah diyakini meningkatkan mutu ASI. Selain itu, lemak baik dalam kacang ini juga membantu para wanita yang ingin menikmati camilan tetapi tetap ingin mempertahankan berat badan.


Dalam sebutir kacang yang bentuknya seperti seperti kenari ini mengandung banyak vitamin dan zat penting untuk badan. Ini adalah beberapa manfaat kacang almond bagi kesehatan:



  • Mengandung vitamin E yang tinggi

  • Sumber protein nabati yang bagus

  • Mengandung vitamin B1, B2, dan B3

  • Sangat baik bagi jantung dan menurunkan lemak jahat

  • Mengandung flavonoid mirip halnya dengan antioksidan yang dapat memperbaiki fungsi sel yang rusak akhir radikal bebas. Flavonoid biasanya didapatkan pada tumbuh-tanaman.


Kue dengan topping kacang almond.
Gluten free cookies, salah satu kudapan sehat kekinian. (Foto: Shutterstock).

Kenalilah susu kacang almond, produk sehat paling kontemporer


Meski berbagai pilihan almond milk di pasaran, kau wajib teliti membaca kandungan yang ada dalam bungkus. Karena mampu jadi ada yang hanya menyertakan sangat sedikit kandungan almond di dalamnya. Kamu bisa berbelanja susu almond segar yang sekarang banyak dibentuk oleh produsen lokal atau bahkan kau mampu meraciknya sendiri di rumah.


Ingin menciptakan almond milk sendiri? Kamu cuma perlu memblender kacang yang sudah direndam selama 5-6 jam  lalu lalu saring. Selain rasa aslinya, almond milk juga mampu diaduk dengan materi-bahan lainnya mirip alpukat, cokelat abu, atau bahkan diberi cita rasa kopi. Bahkan ada juga susu almond bungkus yang diaduk dengan jus bit atau bayam. Untuk yang ingin pribadi mencobanya, ada 7 pola kuliner olahannya.


Yuk, kita mulai hidup lebih sehat!