Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Macam-Macam Sayuran Wajib Para Penggiat Vegan

Menyambut Hari Vegan Sedunia, tentu saja banyak dari kita yang ingin tahu mengenai macam-macam sayuran yang pantas masuk daftar belanjaan sehari-hari. Tentunya ini terlepas dari apakah kita menganut dietnya atau tidak. Namun bagi para penggiat vegan ataupun vegetarian, terperinci wajib menjadi yang terdepan dalam mengetahui jenis-jenis sayur apa saja yang memiliki kadar nutrisi tertinggi dan serta berbagai olahan terbaiknya.


Beli sayuran sesuai peruntukannya


Umumnya sayuran segar dapat dimanfaatkan pribadi pada resep salad, sandwich, ataupun sebagai kuliner yang dicocol dengan saus. Untuk yang mampu tersaji segar ataupun dimasak; pilihlah contohnya seperti brokoli, wortel, seledri, kembang kol, ketimun, tomat, paprika, dan alpukat.


macam-macam sayuran dalam salad
Berkenalanlah bermacam-macam sayuran kontemporer yang enak dijadikan salad. (Foto: Shutterstock)

Namun khusus untuk yang sebaiknya diolah yaitu zucchini, jamur, squash, asparagus, maupun bawang putih. Lain halnya dengan kale – superfood kenamaan di masa kekinian, sayur jenis ini bisa tersaji segar ataupun diolah apalagi dahulu.


Bicara soal salad, kita bisa memanfaatkan yang terbaik dari kale muda, bayam muda, selada romaine, serta lettuce. Manfaatkan juga paketan macam-macam sayuran di supermarket yang khusus ditujukan untuk membuat sajian sehat ini. Tambahkan lagi sayuran berwarna hijau gelap mirip bayam ataupun brokoli, sebab yang berjenis ini digadang-gadang selaku yang tersehat di dunia. Tingkat nutrisi per kalorinya begitu tinggi dan menolong menghalangi aneka macam penyakit serta memperkuat kinerja badan kita.


Nah, yang perlu dikenang dari sayuran segar tentunya ialah cara penyimpannya. Simak artikel Cara Menyimpan Sayur agar Segar Lebih Lama untuk mengetahuinya lebih lanjut.


Nutrisi tinggi sayuran beku


Sementara itu, berbagai jenis sayuran segar maupun beku mampu pula ditumis, dikukus, sampai dipanggang. Sayuran beku populer alasannya fleksibilitasnya, khususnya alasannya kita tidak butuhtakut permasalahan kadaluarsa. Kadang mengejutkannya, sayuran beku dinilai lebih bernutrisi sebab proses pembekuan dilaksanakan pada saat keadaan sayuran sedang matang-matangnya.


menumis macam-macam sayuran beku
Sayuran beku ternyata mempunyai nutrisi yang baik. (Foto: Shutterstock)

Beberapa acuan sayuran beku yang wajib masuk daftar belanjaan ialah brokoli, asparagus, bayam, kembang kol, ataupun edamame. Manfaatkan juga paketan sayuran beku campur seperti wortel, jagung, dan kacang polong untuk ditumis maupun dikukus.


Alternatif sehat yang lain


Selain macam-macam sayuran ini, para penggiat vegan ataupun vegetarian pasti perlu mengenali jenis-jenis materi kuliner sehat lainnya. Mulai contohnya dari buah-buahan mirip pisang atau kurma yang sarat energi dan bernutrisi tinggi. Buah-buahan jenis lainnya mampu juga dicampur bersama oatmeal ataupun dibentuk menjadi smoothie.


Bicara soal oatmeal, berbagai macam serealia kini tersedia di pasar dan ribuan cara mengolahnya menjadikan kuliner sehat ini semakin menawan setiap harinya. Padankanlah dengan kacang-kacangan seperti almond ataupun pistachio. Jadikanlah lebih nikmat dengan pemanis alami mirip gula palem, sirup kurma, dan lain-lainnya. Jangan lupa juga manfaatkan susu yang yang dibuat dari kacang-kacangan.


Lengkap telah gaya hidup sehat kita di zaman now ini. Sekarang, menjadi vegan ataupun vegetarian serta penganut jenis diet lainnya menjadi kian gampang karena ketersediaan materi-materi ini. Selebihnya, tinggal niat dan perjuangan kita untuk memulai dan menjalankannya – yaitu dengan menjajal berbagai resep sayur selaku perjuangan memulainya. Yuk, kita hidup lebih sehat tolong-menolong!