Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kacang Hijau Bantu Turunkan Berat Badan. Ini Faktanya!

Kacang hijau diketahui oleh penduduk Indonesia sebagai salah satu materi masakan sehat yang gampang dimasak menjadi aneka macam jenis masakan. Salah satu dari sederet jenis kacang-kacangan terkenal di Indonesia ini memegang takaran cukup besar penggunaannya dalam kuliner Nusantara. Sama halnya dengan kacang merah, kacang tanah dan kacang kedelai.


Seperti yang kau pahami, kacang-kacangan yakni sumber protein nabati yang banyak mengandung vitamin dan zat yang baik bagi tubuh. Bagi kamu yang menganut contoh hidup vegan dan vegetarian, pastinya kamu sudah terbiasa mengolah aneka kacang-kacangan sebagai menu utama ataupun pendamping.


Bubur kacang hijau terkenal di Indonesia
Kalau ingin lebih sehat, ganti santan dengan susu kedelai atau susu rendah lemak. (Foto: Shutterstock)

Tahukah kau bahwa mengonsumsi kacang yang juga ialah bahan pembuat taoge ini mampu menolong menertibkan berat badanmu? Faktanya, materi isi onde-onde ini mengandung protein dan serat yang tinggi. Kedua alasan ini menjadikannya menciptakan hormon cholecystokinin, yakni  hormon yang mampu membuat seseorang mudah merasa kenyang.


Selain mengandung serat dan protein, berikut ialah kebaikan yang lain dari kacang hijau:



  • Fitonutrien, yakni mengembangkan metode kekebalan badan dan dapat meminimalisir risiko penyakit degeneratif.

  • Mencegah penyakit jantung.

  • Mencegah kanker, alasannya adalah bisa mencegah kerusakan sel balasan radiasi.

  • Melancarkan pencernaan, karena kaya akan serat.

  • Kandungan didalamnya mampu menciptakan kolagen yang bisa menunda penuaan.


Untuk kue tradisional biasanya menggunakan kacang hijau kupas yang dimasak bersama gula.
Diadaptasi dari kudapan manis terkenal Thailand, kudapan berisi kacang hijau kupas ini sangat menggemaskan. (Foto: Shutterstock).

Bagaimana cara menikmati kacang serba guna ini? Ada banyak sekali menu yang dibentuk dari bahan ini. Misalnya saja yang terpopuler yakni bubur kacang hijau, bubur gunting, kudapan manis ku, pia, hingga suun. Pada masyarakat Indonesia timur, kacang yang selalu tersedia setiap saat ini juga dijadikan sebagai salah satu bahan isi sup daging sayuran atau sup ayam sayuran.


Kamu juga mampu bereksperimen dengan kacang penuhgizi ini dengan mengolahnya menjadi kue kering (dari tepung kacang hijau), es kacang hijau, atau pudding yang dicampur dengan kacang jenis lain – contohnya saja kacang merah.


Kaprikornus, mulai kini kau akan lebih sering memakan bubur kacang hijau, dong? Supaya lebih sehat, ganti santan dengan susu rendah lemak atau padukan juga dengan susu kedelai.