Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jangan Dibuang Dahulu, Kulit Jeruk Ternyata Banyak Keuntungannya

Siapa yang suka membuang kulit jeruk? Wajar saja, terlebih jikalau sudah selesai kita santap buahnya. Sebetulnya, kita bisa pikirkan dahulu pemanfaatannya sebelum dibuang. Tak cuma wanginya menyegarkan, kulit jeruk juga mengandung zat-zat yang bermanfaat – baik untuk disantap secara pribadi atau tidak.


Cara menggunakannya juga bermacam-macam, mulai dari diparut hingga diolah menjadi serpihan kecil ataupun dikeringkan. Pilihlah jenis jeruk yang berkulit tebal alasannya adalah lebih mudah untuk dimasak. Berikut yaitu cara memanfaatkannya yang bisa kamu lakukan di rumah!


1. Menambah rasa segar pada kuliner


Orange Cake dengan garnish kulit jeruk
Orange Cake (Foto: Shutterstock)

Kulit jeruk dapat memperkuat rasa masakan, terutama untuk kudapan manis dengan tema rasa yang menyegarkan seperti orange cake ataupun lemon cake. Parut menjadi serpihan kecil, dan larutkan pada adonan kue. Kamu juga bisa mengakibatkan orange zest selaku garnish.


Tak cuma memperlihatkan rasa yang segar, dia juga punya banyak manfaat kesehatan bila dimakan eksklusif. Kandungan zat pektin-nya dapat mengendalikan kadar kolestoral dan memajukan kinerja lambung.


2. Menghilangkan anyir tidak sedap


Suhu kulkas dijaga dengan ditutup kulkasnya.
Kulit jeruk dapat menetralisir amis tak sedap pada kulkas. (Foto: Shutterstock)

Kulit jeruk mengandung minyak atsiri atau lebih diketahui dengan istilah populernya sebagai esssential oil. Tak heran kalau jeruk sering dijadikan bahan utama dalam parfum, bukan?


Nah, kau mampu manfaatkan kulit buah berwarna oranye ini untuk menetralisir busuk tak sedap pada kulkas. Caranya, simpan dengan garam di bagian dalam kulkas. Ganti jikalau telah terlihat lembap atau kering.


3. Meredakan batuk


Kulit jeruk juga berfungsi selaku obat herbal. Salah satunya yaitu obat pereda batuk. Tapi, pastinya kita tidak harus mengkonsumsi kulitnya secara eksklusif. Kita bisa mengolahnya apalagi dulu.


Caranya, bersihkan terlebih dahulu. Setelah itu, rebus 5 gram kulit jeruk dengan 2 gelas air selama sekitar 10 menit. Tambahkan irisan jahe dan gula merah. Minum selagi hangat.


4. Menjadi bahan pembersih serba guna


Kulit buah berkarakter wangi segar ini bisa disulap jadi pembersih meja dan lantai. Saat ini, pembersih menggunakan materi alami sedang digalakkan oleh banyak komunitas pencinta lingkungan alasannya adalah lebih kondusif.


Rupanya, cara menjadikannya cukup gampang! Campurkan kulit jeruk dengan cuka di dalam botol. Kamu juga bisa mencampurkan bahan lain selaku penambah anyir mirip daun rosemary. Simpan selama dua minggu dan gunakan. Kamu mampu memakai cairan alami ini selaku pembersih lantai dan meja.


5. Menjadi pewangi lemari pakaian


Kamu juga mampu membuatnya sebagai pewangi atau penyegar lemari busana. Tak jarang, busana bacin apek sebab lemari terlalu lembap. Kandungan minyak atsiri pada jeruk mampu menolong menanggulangi hal tersebut.


Pembersih serba guna dari bahan alami
Pembersih multi guna dari bahan alami (Foto: Shutterstock)

Caranya cukup simpan kulit jeruk yang segar di satu pojok lemari. Ganti kalau sudah mengering. Jumlahnya bisa diubahsuaikan dengan volume lemari.


6. Dibuat menjadi masker hingga lulur


Kulit jeruk juga terkenal memiliki segudang manfaat untuk keelokan. Kamu mampu mengolahnya jadi masker hingga lulur.


Caranya, keringkan kulit jeruk apalagi dulu kemudian lumatkan hingga halus. Untuk membuat masker, kamu mampu mencampurkannya dengan susu segar. Untuk lulur, kau bisa padukan dengan air mawar dan beberapa materi alami yang lain seperti tepung beras dan daun kenanga.




Demikian keenam cara memanfaatkan yang mampu kau kerjakan di rumah. Kini, tak ada lagi argumentasi membuangnya sehabis mengkonsumsi buahnya.