Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kiat Mempersiapkan Dan Mendesain Sajian Masakan Untuk Sepekan

Sulit meluangkan waktu untuk memasak karena terlalu sibuk? Tidak mampu dibantah, mengolah makanan membutuhkan waktu yang tak sebentar. Mulai dari mempersiapkan bahan makanan sampai mengolahnya, terlebih bila resep hidangan masakan yang diseleksi cukup kompleks.


Namun, tantangan tersebut tak tiba tanpa solusi. Kita bisa merencanakan hidangan masakan dari jauh-jauh hari. Istilah populernya ialah meal prep, yang merupakan akronim dari meal preparation.


Persiapan sajian kuliner rupanya bisa dikerjakan untuk rentang satu minggu. Bagaimana cara melakukannya dan apa saja sih yang perlu diamati? Yuk, simak ulasannya berikut ini!


1. Tentukan menu kuliner


Sebelum berbelanja materi kuliner, tentu kita perlu tahu sajian masakan yang akan dibuat. Jika kita memasak untuk sekeluarga, tanyakan juga kepada anggota keluarga menu apa yang mereka inginkan. Buat daftar hidangan untuk mengenali materi-materi yang diharapkan dan pelajari kesukaan mereka.


Meskipun demikian, masakan setiap harinya tak harus berlainan banyak, kok. Untuk yang baru memulai, tak perlu terlalu ambisius dalam menentukan hidangan kalau dirasa memberatkan. kita mampu mengulang sajian yang sama untuk beberapa hari, begitupun dengan menertibkan tingkat kesulitannya. Kombinasikan resep praktis dengan resep yang agak rumit sehingga waktu mengolah masakan lebih terkendali.


2. Hitung jumlah bahan kuliner


Tangan perempuan memasukkan potongan buncis ke dalam food container.
Perhitungkan jumlah bahan kuliner agar tidak kurang ataupun terbuang. (Foto: Shutterstock)

Setelah mengenali bahan kuliner apa saja yang perlu dibeli, perhitungkan juga kuantitasnya. Esensi dari rancangan meal prep adalah tidak berlebihan. Pastikan takarannya sesuai dengan porsi masakan selama tujuh hari.


Takaran bahan kuliner juga bergantung pada berapa anggota keluarga di rumah. Biasanya, meal prep mampu lebih gampang diaplikasikan pada keluarga kecil dengan jumlah porsi yang tak banyak. Namun, bila anggota keluarga di rumahmu cukup banyak, tentukan untuk memiliki wadah yang supaya besar untuk menyimpan materi masakan.


3. Tidak sembarang mencuci sayur dan daging


Ketika materi-bahan telah sampai di dapur. Tugas kita berikutnya ialah memilah sayuran, rempah, dan daging-dagingan. Kita mampu memangkas sayuran sesuai dengan hidangan yang mau dibentuk. Namun, semestinya jangan dicuci dulu alasannya adalah akan cepat layu.


Begitupun dengan daging sapi atau daging ayam. Setelah dipisahkan, kita mampu memotongnya tapi tidak mencucinya. Ini dikarenakan air akan menciptakan basil lebih menyebar. Mencuci daging sapi apalagi dahulu sebelum disimpan di lemari es juga akan membuat teksturnya berganti setelah dimasak.


Namun, bila ingin proses memasak lebih mudah, bisa saja kita mengungkep daging dan ayam terlebih dulu. Tujuannya yaitu biar tekstur daging empuk ketika diolah di hari yang berbeda.


4. Persiapkan wadah yang sempurna


Empat mason jar besar berisi potongan sayuran, salah satunya terbuka.
Glass jar seperti ini juga bisa jadi opsi kondusif untuk menyimpan kuliner dalam waktu lama. (Foto: Shutterstock)

Pemilihan wadah untuk menyimpan makanan juga tak kalah pentingnya. Kita mampu memakai food container berbahan plastik, keramik, atau kaca dengan penutup rapat. Jika memakai materi plastik, tentukan untuk menentukan wadah dengan label bebas bisphenol-A (BPA-Free) dan opsional, approved by FDA (Food and Drug Administration dari Amerika Serikat).


Bahan plastik tidak seluruhnya aman dan ada beberapa macam yang hanya mampu digunakan sekali saja. Jika digunakan berulang dalam rentang waktu panjang, materi plastik bisa mengeluarkan senyawa karsinogen atau pemicu kanker untuk badan.


5. Ide sajian masakan seminggu


Untuk yang masih kebingungan mengolah makanan apa untuk seminggu, ada bermacam-macam resep yang bisa ditemukan di laman MAHI. Kombinasikan protein, serat, dan karbohidrat dengan sebanding.


Misalnya saja, untuk hari Senin kita bisa memasak ayam goreng mentega dipadukan dengan tumis buncis udang dan perkedel jagung. Menggunakan bahan yang serupa, kita mampu memilih resep ayam sambal matah dengan semur sayur campur. Pilihlah protein dan sayuran sesuai kebutuhanmu dan Masak Apa Hari Ini akan menawarkan solusinya.


Memang, diperlukan 2-4 jam dalam satu hari untuk menyiapkan bahan kuliner untuk satu ahad. Namun, dengan antisipasi yang matang, acara sehari-hari jadi lebih simpel, bukan?