Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan Cara Menggunakan Blender Dan Juicer Yang Perlu Dikenali

Cara memakai blender dan juicer itu ternyata ada perbedaannya lho. Keduanya merupakan perkakas dapur yang mempunyai bilah pisau yang berfungsi menghaluskan buah dan sayuran. Begitupun keduanya juga mengharuskan kita memangkas kecil semua bahan makanan yang hendak dilumatkan.


Sekilas seperti, ternyata keduanya memiliki perbedaan yang signifikan. Perbedaan ini meliputi bentuk, cara memakai, hasil olahan, sampai cara membersihkannya. Untuk detil perbedaannya, yuk kita cari tahu di bawah ini!


1. Perbedaan bentuk


Blender berisikan dua bab yang terpisah yakni mesin dan tabung dengan pegangan. Tabung blender ada yang yang dibuat dari kaca atau plastik. Bilah pisau blender terletak di bab tabung ini, lalu ada epilog tabung dan sendok pengaduk selaku pelengkapnya.


Sedangkan bentuk juicer relatif lebih besar dibandingkan blender. Pasalnya juicer terdiri dari tabung yang terbagi dua bagian adalah tabung sari makanan dan wadah ampas. Tabung ini dilengkapi dengan tongkat untuk mendorong materi kuliner. Selain itu, tabung juga dilengkapi dengan saringan yang berfungsi untuk memisahkan sari masakan dan biji atau kulitnya.


2. Cara menggunakan blender dan juicer


Seorang wanita tengah menggunakan blender untuk sayur dan apel.
Beragam opsi kecepatan bisa dipilih sesuai keperluan ketika menggunakan blender. (Foto: Shutterstock)

Fungsi utama blender ialah menghancurkan dan mencampur. Selain itu, cara memakai blender cukup mudah karena kita mampu sekaligus memasukkan lebih dari 2 jenis buah atau mencampur buah dengan sayuran dalam satu kali proses. Tambahkan cairan seperti air atau susu bahkan es kerikil untuk mempermudah proses menghaluskan materi kuliner.


Setelah semua bahan lengkap, tutup tabung blender. Nyala dan atur kecepatan mesin sesuai dengan tekstur minuman atau makanan yang diinginkan. Umumnya, ada 3 tingkat kecepatan yang dimiliki blender. Semakin tinggi kecepatan yang dipilih, maka kian halus tekstur yang diperoleh.


Sedangkan fungsi utama juicer yaitu memeras bahan masakan dan memisahkan ampasnya. Olahan yang dihasilkan oleh juicer disebut dengan jus, ialah sari buah atau sayuran tanpa ampas (serat). Untuk menggunakannya, masukkan satu per satu bagian buah atau sayur ke tabung. Juicer tidak memerlukan cairan untuk prosesnya, cukup dorong dengan tongkat supaya semua bahan masuk ke pisau dan saringan. Secara otomatis sari kuliner dan ampas terpisah ke jalan masuk masing-masing.


3. Karakteristik penggunaan


Berbagai jenis buah dan sayuran yang berserat halus mampu dilumatkan dengan blender. Misalnya saja pepaya, melon, tomat, semangka, romaine lettuce, dan mentimun. Sedangkan juicer seharusnya untuk buah dan sayur yang berserat berangasan seperti nanas, apel, wortel, seledri, sampai brokoli.


4. Hasil yang diperoleh


Pressed juicer mengeluarkan jus wortel ke dalam gelas bening dengan wortel utuh di belakangnya.
Hasil dari juicer ialah sari sayuran yang cair dan terasa ringan alasannya adalah tidak ada ampasnya. (Foto: Shutterstock)

Minuman yang dihasilkan dari blender disebut smoothies yang mengandung sari dan serat buah atau sayuran. Smoothies terasa lebih padat, kental, dan kita masih bisa merasakan buliran maupun serat halus dari materi-materi makanan yang dihaluskan.


Sedangkan minuman yang dihasilkan dari juicer umumnya disebut dengan jus. Lebih ringan dan cair dikarenakan cuma mengandung sari murni (ekstrak) dari materi kuliner yang dihaluskan. Kita pun tidak akan merasakan serat yang tertinggal dari buah atau sayuran yang dijus.


5. Cara membersihkan


Ternyata, tidak sulit membersihkan blender. Pertama, tuang air ke dalam tabung, tutup, lalu nyalakan blender. Proses ini membersihkan sisa-sisa masakan yang menempel di sudut tabung dan mata pisau. Buang airnya, kemudian cuci tabung dengan spons dan cairan pembersih. Keringkan, simpan blender dengan keadaan tertutup dan kering.


Untuk juicer, kita membutuhkan waktu lebih lama untuk membersihkannya. Selain tabung dan dua salurannya, kita juga mesti membersihkan saringan di dalam tabung. Langkah pertama, rendam di dalam air hangat sekitar 5 menit untuk meluruhkan sisa-sisa bahan makanan yang melekat. Lalu basuh dengan spons dan cairan pembersih. Terakhir, bilas dengan air dan keringkan.



Satu kiat lagi yang mampu kita praktikkan adalah basuh bersih sayuran yang mau dihaluskan dengan blender atau juicer. Kupas dan buang biji dari buah yang digunakan untuk mencegah rasa pahit.


Tidak sukar bukan membedakan cara memakai blender dan juicer? Selain ini, kita juga bisa membedakan fungsi bermacam-macam pisau dan mengenal 7 peralatan terbaru untuk dapur yang mampu memudahkanmu berkreasi di rumah.