Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kiat Ngabuburit Dari Dapur Rumah Sendiri

Ngabuburit di sore hari harusnya menjadi momen mengisi waktu yang seru sembari menanti ketika berbuka puasa. Nah ngabuburit gaya apa yang paling produktif sekaligus mengasyikkan? Kita coba beberapa cara berikut ini yuk!


Ngabuburit memang lebih terasa serunya dikala simpulan pekan. Kenapa? Well, kalau kamu menjumlah waktu kerja di kantor hingga sore dan berkomuter pulang ke rumah naik kereta selaku ngabuburit — itu sih tidak bisa dijumlah. Ngabuburit harus identik dengan melakukan aktivitas yang mengasyikkan.


Memang betul misalnya jalan-jalan sore, belanja takjil, ataupun menonton TV bisa disebut dengan ngabuburit. Tapi aku kali ini coba ajak teman-sahabat untuk ngabuburit di dapur rumah sendiri. Selain mengolah masakan untuk masakan berbuka, ternyata banyak yang mampu kita lakukan di dapur. Yang terang bakalan berfaedah untuk puasa kau di hari-hari berikutnya.


Membuat kaldu


ngabuburit
Kaldu selalu diharapkan di berbagai peluang. Sempatkanlah untuk senantiasa menjadikannya. (Foto: Shutterstock)

Bagi yang hobi masak di dapur, ketersediaan kaldu senantiasa diperlukan setiap saat. Kamu bisa meluangkan menciptakan kaldu dari nol dengan menggunakan tulang ayam atau balungan kaki sapi. Kalau ada sayuran sisa yang segar, cukup potong-potong dan tambahkan herba aromatik – jadilah kaldu sayuran.


Misalnya waktumu mepet dengan saatnya berbuka puasa, selalu ada Royco Kaldu Ayam ataupun Royco Kaldu Sapi yang jadi solusi cerdas sekaligus yummy.


Siapkan yang segar-segar untuk berbuka


Di sela-sela mengepulnya dapur, jikalau kau mendapati ada satu sudut ruangan yang tidak dipakai — kenapa tidak membuat yang segar-segar untuk buka puasa nanti?


Misalnya kau mampu menyiapkan bermacam-macam es buah, meracik es kelapa, sampai minuman-minuman segar. Bahkan bila masih ada waktunya untuk mendinginkan, mampu juga kita menciptakan pudding ataupun jelly.


Berjualan kuliner


Untuk kau yang bersungguh-sungguh atau punya talenta mengolah masakan, bulan ini yaitu saat yang tepat untuk menguji kemampuan wirausahamu. Dengan banyaknya tetangga yang juga ikutan berjualan makanan di kompleks perumahan, kenapa tidak seru-permintaan untuk mencobanya?


Kamu mampu mulai dengan berdagang gorengan ataupun bermacam-macam kolak. Kalau ingin lebih berkompetisi, coba bereksperimen dengan camilan-kudapan unik atau masakan berat yang bakal banyak dicari. Yuk kita cari idenya gotong royong!


Beres-beres rumah dan dapur


Selalu saja ada yang mampu dirapikan di rumah dan utamanya dapur. Daripada menunggu malam datang, bila kau sudah akhir mengolah makanan lebih baik segerakan untuk rapi-rapi. Buka puasa datang maka kau akan non-stop beraktivitas mirip makan, shalat Maghrib berjamaah, hingga ke masjid dan shalat Tarawih. Daripada keburu malas, lebih baik dilaksanakan selagi sempat ya teman-teman.


Persiapkan resep-resep kuliner


ngabuburit
Banyak cara untuk ngabuburit di dapur dan tanpa terasa waktu buka puasa telah datang! (Foto: Shutterstock)

Kalau malas beraktivitas fisik dengan beres-beres atau masak serius, kenapa tidak merencanakan saja dulu apa yang ingin kamu masak besok?


Kamu bisa mulai dengan browsing resep-resep di internet, lihat video-video panduan memasak, hingga menyusun apa-apa yang kamu butuhkan. Selain itu kau juga bisa sempatkan berbelanja materi-materi dan menyimpan belanjaan secara terorganisir biar tidak bau ketika kau akan memasaknya di lain kesempatan.


Nah, banyak toh yang bisa kau lakukan supaya tetap produktif saat ngabuburit? Ada wangsit-pandangan baru lain yang seru dikala menunggu buka puasa? Jangan lupa bagi kiat-kiat kau denganku ya.