Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menciptakan Gorengan Untuk Buka Puasa Lebih Sehat Dari Barang Jualan Kaki Lima

Pasti berbuka puasa itu tidak jauh dari yang namanya gorengan. Deg-degan nggak sih jika saban hari ketemu dengan gorengan? Tapi di sisi lain doyan banget makan gorengan untuk buka puasa. Makara bagaimana baiknya? Selain meminimalisir semampunya, ada sih cara lain sobat-sahabat. Jalan tengahnya adalah menciptakan gorengan dengan cara lebih sehat. Yuk kita diskusikan bersama!


Buka puasa dan gorengan hangat itu bagaikan film dengan good ending. Seharian tidak makan dan minum, selera makan pas lagi tinggi-tingginya, dan di depan kamu ada beragam gorengan hangat dan renyah. Susah memang menahan diri dihadapkan pada kondisi mirip itu!


Soal gorengan yang lebih sehat, ternyata ada banyak cara menjadikannya – dari penyeleksian materi sampai cara menggorengnya. Sebetulnya semua bisa banget dikerjakan asalkan kita meniatkannya dan mempergunakan apa saja yang tersedia di dapur kita.


Kreasikan resep-resep gres dengan bahan berkualitas


gorengan untuk buka puasa
Kreasikan gorengan kamu dengan bahan-materi gres dan cocolan saus yang unik. (Foto: Shutterstock)

Gorengan sebetulnya tidak harus lagi yang versi itu-itu lagi. Misalkan masih mau tetap menciptakan bakwan, tahu isi, atau pisang goreng – kita bisa juga kreatif dengan paduan bumbu embel-embel dan adanya saus seperti sour cream atau Greek yogurt dengan bubuhan daun peterseli contohnya. Atau kreasikan sesuka hatimu!


Tapi berikut ini aku contohkan beberapa variasi resep gorengan kekinian yang bisa kau coba. Soal bumbu atau penyedapnya, mampu kau atur sendiri sesuai selera. Tambahkan contohnya paprika debu, cabe debu, herba mirip thyme atau kuman, dan pastinya garam serta merica seperlunya.



  • Gorengan zucchini dan jagung

  • Gorengan kembang kol dengan brokoli

  • Gorengan bayam atau kale

  • Bakwan jagung dan cabai jalapeno

  • Bakwan brokoli dengan keju Cheddar

  • Gorengan apel dengan kayu elok


Alternatif sehat penggunaan tepung terigu


Untuk gorengan, adonan tepung terigu mempunyai fungsi penting selaku binding agent atau yang menyatukan semua materi lainnya supaya mudah digoreng dan menyerap minyak. Tapi sayangnya tepung terigu sedikit nilai nutrisinya dan riskan kalau dikonsumsi oleh mereka yang mempunyai gangguan metabolisme.


Alternatif sehatnya kita bisa menggunakan tepung yang yang dibuat dari kacang chickpea atau tepung kacang badam contohnya. Nah, ketersediaan bahan-materi ini bisa kau cek di toko-toko yang menjual bahan masakan organik yang kini mulai menjamur di Indonesia. Untuk bahan lokalnya, kamu mampu juga menggunakan tepung beras maupun tepung jagung.


Gunakan minyak zaitun


Selain titik didihnya yang tinggi hingga meraih lebih dari 200C dan kaya dengan omega 9, kualitas minyak zaitun memang lebih baik dari banyak minyak goreng lainnya. Meski lebih mahal – terlebih dikala digunakan untuk membuat gorengan, namun minyak zaitun yaitu salah satu cara untuk menimbulkan gorengan lebih sehat.


Ternyata minyak yang digunakan pada gorengan gaya modern juga tidak perlu terlalu banyak. Tapi misalnya kamu ingin menggoreng dengan cara klasik, mampu gunakan deep fryer agar lebih merata akhirnya. Tapi dicatat juga ya sahabat-sahabat, deep fryer dan minyak zaitun akan menciptakan kantung jebol. Yang terbaik pasti yakni menyesuaikan juga dengan anggaran kamu juga.


Meskipun namanya gorengan untuk buka puasa, namun alternatif sehatnya bisa juga dengan memanggangnya loh sobat-teman. Hanya kekurangannya yaitu kita tidak akan mendapatkan kerenyahan yang muncul sebab proses penggorengan.


Gunakan cara ini agar gorengan lebih renyah


gorengan untuk buka puasa
Teknik menciptakan tempura mampu jadi wangsit agar gorengan lebih renyah dan sehat. (Foto: Shutterstock)

Meski telah cukup lama tersaji, umumnya tempura tetap renyah dan lezat untuk dirasakan. Rahasianya yaitu orang Jepang lazimnya memakai air es yang dicampurkan dengan gabungan tepungnya. Begitupun dengan orang Inggris yang menggunakan air soda untuk adonan fish and chips-nya yang populer.


Selain dengan cara ini, kamu juga mampu coba mencampurkan soda kudapan manis ke dalam adonan tepung. Selain menjadikan gorengan lebih renyah, kadar minyak yang terserap juga lebih sedikit.


Setelah matang jangan lupa tiriskan


Setelah bermandikan minyak, jangan eksklusif terburu-buru dihidangkan ya teman-sobat. Memang enak sih ketika disantap panas-panas, tetapi tabah dan biarkan gorengan beristirahat sejenak. Minyak akan sedikit-sedikit menanggalkan permukaan gorengan dengan cara ditiriskan.


Ingin lebih menyeluruh? Bisa juga kamu menempelkan setiap gorengan dengan tisu dapur yang tebal sehingga minyak lebih banyak yang terserap. Agak repot sih memang, tapi begitulah agar gorengan yang tersaji mampu lebih menyehatkan.


Selamat menjajal gorengan untuk buka puasa yang lebih sehat!