Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Langsing Tak Mesti Mahal, Inilah 8 Materi Masakan Diet Yang Murah Meriah!

Makanan pembatasan makanan tak senantiasa mesti memakai bahan-bahan impor atau berasal dari catering sehat yang bikin kau mesti menguras isi dompetmu. Padahal di sekitarmasih aneka macam bahan makanan murah semarak yang mampu dimakan untuk mempertahankan performa. Inilah beberapa misalnya.


Telur


Poached egg adalah salah satu makanan diet yang murah.
Poached egg jadi opsi kontemporer untuk menu sarapan sehat. (Foto: Shutterstock)

Setelah beberapa riset yang melibatkan perempuan dengan keunggulan berat bedan, telur terbukti sempurna dijadikan sebagai kuliner pembatasan makanan . Namun dengan catatan, hanya kalau dibarengi dengan diet kalori juga. Sumber protein tinggi ini mengandung lemak sehat dan membuat kenyang lebih lama. Ternyata, beliau juga rendah kalori.


Inspirasi kuliner: Poached egg, omelette sayuran, tamagoyaki, dan tahu telur.


Bayam


Ternyata sayuran hijau mampu membantu menjaga berat tubuh, dan salah satunya yakni bayam. Seikat bayam mengandung serat tinggi, rendah kalori, dan juga kandungan lainnya yang bisa mengikat kolesterol jahat. Bayam juga ialah salah satu sumber zat besi yang sangat baik untuk disantap anak-anak. Karena bayam tinggi serat, sayuran yang akrab dimasak bening ini juga membuat perut lebih kenyang, sehingga cocok dijadikan makanan untuk diet.


Inspirasi masakan: salad bayam, pasta isi bayam, tumis bayam, pangsit kuah isi tahu bayam.


Yogurt


Yogurt adalah salah satu makanan diet.
Yogurt polos dan menyegarkan juga bisa menjadi menu dessert sehat. (Foto: Shutterstock)

Sekarang ini, seporsi yogurt bisa kau dapat mulai dari harga Rp. 7000,- saja. Selanjutnya, kamu mampu memadukannya dengan buah potong seperti pisang, melon, apel, dan lainnya. Yogurt merupakan sumber protein, kalsium, vitamin B, dan asam folat. Pilihlah yogurt kemasan yang kandungan lemak serta gula yang rendah semoga tak menghancurkan dietmu. Bonusnya,  masakan untuk pembatasan makanan ini juga punya rasa yang menyegarkan.


Inspirasi sajian:



  • Smoothie buah: blender yogurt dengan buah kesukaanmu.

  • Salad buah: Dengan serpihan buah pisang, manga, melon, atau nanas, sajikan yogurt sebagai dressing. Tambahkan madu jikalau ingin rasa dressing yang lebih bagus.


Pisang


Buah pisang mengandung karbohidrat dan memberi rasa kenyang. Mengonsumsi satu buah pisang dan air putih sebagai hidangan sarapan di pagi hari ialah ide yang sangat baik. Selain memberi energi bagi badan, pisang menolong pembakaran lemak lebih singkat. Dengan banyaknya kombinasi jenis pisang di Indonesia, kau jadi lebih leluasa dalam mengolah dan menyajikan buah ini sebagai pengganti sumber energi.


Inspirasi menu: yogurt dengan pisang Cavendish dan madu, pisang uli atau pisang tanduk kukus, serta pisang bakar saus madu.


Semangka


Buah yang tinggi kandungan air ini sungguh direkomendasikan selaku makanan yang pertama kali dikonsumsi dikala tiba waktunya makan, utamanya dikala berbuka puasa. Cara pembatasan makanan sehat juga mampu disokong dengan mengonsumsi buah yang mengandung vitamin A, B, C, dan lycopene yang mampu melindungi badan dari penyakit jantung dan kanker ini.


Pepaya


Pepaya adalah salah satu makanan diet dalam bentuk buah.
Indonesia begitu mujur karena buah tropis satu ini begitu berlimpah di sini. (Foto: Shutterstock)

Buah yang dipercaya melancarkan pencernaan ini memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Tinggi serat dan kaya akan vitamin A, kamu mampu menikmati pepaya dengan cara dijadikan salad buah, smoothies, Thai papaya salad, ataupun es buah.


Mentimun


Karena mentimun mengandung banyak air, tanaman yang masih satu keluarga dengan semangka dan labu-labuan ini kerap dijadikan selaku salah satu bahan cold pressed juice. Mentimun diandalkan mampu menurunkan kadar lemak dalam tubuh sehingga jadikanlah sebagai satu jenis buah dalam mixed juice. Jus ini bisa berisikan bit, mentimun, nanas, dan apel. Segar! Selain itu, kamu juga bisa menikmati mentimun dengan cara dijadikan sebagai salah satu bahan salad dan acar.


Ubi


Salah satu jenis umbi-umbian yang murah, enak, dan gampang didapat pastinya adalah ubi. Selain mengandung vitamin, mineral, dan serat yang tinggi, ubi juga rendah kalori. Kamu mampu menjadikan ubi sebagai sumber karbohidrat atau untuk bahan utama kudapan.


Inspirasi sajian: Bola ubi kuah susu, ubi kukus, dan nagasari ubi.


Selain itu, bisa juga menikmati makanan ringan dari kacang-kacangan yang sehat. Mudah dicari dan murah harganya, bukan? Ternyata hidup sehat itu tidak memerlukan banyak investasi pada masakan pembatasan makanan ataupun melaksanakan perjalanan jauh. Cukup luangkan waktu sejenak di dapur dan siapkan segala keperluan makanmu hari itu secara terstruktur. Dijamin, selain tubuh lebih sehat, tubuh juga akan menjadi lebih langsing!


Ingin ide kuliner untuk diet lainnya? Cek saja 10 menu pembatasan makanan sehat yang bisa disertai siapa saja!