Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Maksimalkan Fungsi Freezer Kulkas Untuk Mengawetkan Masakan Dengan Cara Ini

Freezer kulkas ialah salah satu aset paling penting di dapur kita. Apalagi jikalau kita termasuk yang bahagia berlama-lama di dapur untuk menghidangkan sajian yummy bagi keluarga. Sudah sejauh mana kita memaksimalkan fungsi dan mengenal freezer kulkas? Tak cuma mempertahankan makanan tetap beku mirip es krim, freezer juga berfungsi mengawetkan banyak sekali jenis macam masakan. Apa saja yang wajib kita tahu wacana salah satu bab penting dalam kulkas rumahmu?


Yuk, simak beberapa info penting ini!


1. Suhu freezer kulkas ideal


Suhu ideal freezer kulkas di angka -22C.
Suhu ideal freezer kulkas berada di angka minimal -18C. (Foto: Shutterstock)

Berapakah suhu ideal di dalam freezer? Apa perbedaan antara freezer dan chiller? Suhu dalam freezer kulkas mampu mencapai sampai lebih dari –20°C untuk kulkas profesional. Bakteri akan menjadi non aktif ketika di bawah suhu –18°C. Berbeda dengan chiller, bab kulkas yang satu ini lazimnya memiliki suhu –4°C sampai 6°C. Maka kian rendah suhu, kian susah kuman dan jamur untuk berkembang. Masak Apa Hari Ini pernah membicarakan lebih jauh mengenai cara mempertahankan suhu kulkas untuk mempertahankan kesegaran isinya.


2. Mengawetkan materi masakan dalam freezer


Tak hanya membekukan materi masakan, freezer berfungsi untuk memperpanjang umur simpan materi kuliner segar ataupun olahan. Durasi penyimpanan sendiri bisa bertahan 3-6 bulan atau spesifik berdasarkan bahan-bahannya. Beberapa jenis bahan mentah yang umum dibekukan yakni mirip daging merah, ikan, seafood, dan daging ayam.


Begitu juga dengan produk olahan mirip sosis, bakso, smoked beef, nugget, hingga masakan berbalur tepung. Bukan cuma itu, freezer juga mampu mengawetkan kuliner matang atau buah-buahan demi memperpanjang umur simpannya. Inilah pola dan caranya:



  • Buah-buahan


Freezer kulkas sebagai tempat membekukan buah.
Bekukan buah-buahan di dalam freezer kulkas untuk membuat smoothie atau milkshake. (Foto: Shutterstock)

Beberapa jenis buah yang bisa kita bekukan adalah nanas, alpukat, pisang, dan stroberi. Buah-buahan dalam bentuk frozen atau beku biasanya diperlukan untuk membuat milkshake atau smoothie. Sebelum dimasukkan ke dalam freezer, seharusnya kupas atau potong buah-buahan apalagi dahulu dan masukkan ke dalam wadah tertutup supaya aroma buah tak tercemar dengan bahan kuliner lain. Dengan buah yang segar, kita bisa menciptakan macam-macam masakan, tergolong di antaranya salad buah.



  • Kaldu


Kaldu ayam atau sapi juga mampu kita awetkan di dalam freezer. Sebelum memasukkan ke dalamnya, pastikan kaldu berada dalam suhu ruang dan dalam keadaan tertutup. Kaldu yang kental dapat bertahan sampai enam bulan lamanya, jika freezer berada dalam suhu di bawah 18°C.



  • Sayuran


Tidak semua jenis sayuran mampu disimpan di freezer, khususnya sayuran yang mengandung banyak air dan berwarna hijau seperti bayam, selada, dan kangkung. Sayuran berdaun tersebut akan lebih singkat layu dan basah jikalau dimasukkan ke dalam freezer.


Beberapa sayuran yang bisa dibekukan adalah wortel, jagung, kubis, kol, juga beberapa bumbu-bumbu halus siap pakai seperti rendang, opor, atau bumbu dasar. Sebaiknya, sayuran dikupas dan dipotong apalagi dulu sebelum masuk ke dalam freezer. Tempatkan dalam plastik bening kedap udara atau buang sebanyak mungkin udara dalam plastik. Tujuannya untuk menghemat kerusakan masakan.


3. Tip menyimpan bahan masakan dalam freezer


Agar freezer berfungsi dengan maksimal, kita bisa menertibkan cara penyimpanan masakan sesuai dengan fungsi bab-bagiannya. Berikut ulasannya.



  •  Memilih bahan makanan yang disimpan di pintu freezer


Bagian pintu freezer kulkas merupakan kawasan yang mempunyai suhu lebih rendah dibandingkan bagian lainnya. Untuk itu, usahakan untuk tidak menyimpan kuliner yang perlu suhu sangat minim mirip es krim, daging, atau bahan mentah lain. Pilih makanan yang bisa disimpan dalam suhu sekitar 0°C seperti kudapan, nugget, kornet, atau bumbu.



  • Menggunakan wadah kecil


Food container di dalam freezer kulkas.
Penggunaan food container yaitu opsi sempurna selaku tempat membekukan sayuran. (Foto: Shutterstock)

Penggunaan food container sungguh dianjurkan alasannya memiliki beberapa fungsi, mirip untuk pengklasifikasian masakan hingga mempertahankan nutrisinya. Gunakan juga plastik klip atau zipper bag yang akan membuat lebih mudah kita dalam menyimpan makanan.



  • Memorsikan materi kuliner sebelum dibekukan


Simpan materi masakan dalam freezer dalam kemasan sekali pakai. Misalnya kita punya 2 liter kaldu yang biasanya kita membutuhkan 500 ml kaldu untuk sekali masak. Pisahkan kaldu dalam empat bab untuk membuat lebih mudah kita ketika ingin memakai kaldu tersebut.


Kini tak bingung lagi, kan, bagaimana mengoptimalkan fungsi freezer kulkas selaku alat pengawet masakan tanpa bahan kimia. Yuk, selanjutnya kita coba aneka macam camilan yummy yang bisa dibentuk dari isi kulkas di rumah!